infinite999Avatar border
TS
infinite999
Mohon saran, istri ingin bawa kabur anak keluar negri
Mohon saran para sesepuh di sini yg sudah pengalaman menjalani rt, mgk bisa memberi masukan.

Sesuai judul, istri ingin menitipkan anak satu2nya (13 bln) ke ibunya di Hong Kong. Katanya, ntar kl sudah besar bisa diambil lagi. Alasannya sih, dia merasa ga sanggup ngurus karena anak nakal dan telat ngomong, dia merasa sy juga bukan ayah yg baik. Ibu dari istri dulunya kerja di sana, tapi sekarang sudah menetap permanen setelah menikah dgn penduduk setempat.

Terus terang sy sangat tidak setuju. Biarpun anak nakal dan segala macam, sebagai ortunya tentu sy ingin melihat dan jadi bagian dari tumbuh kembangnya anak. Masalahnya adalah sebenarnya hubungan sy dan istri memang dasarnya tidak harmonis, dan istri adalah tipe orang nekad yg sering melakukan hal2 diluar dugaan/kewajaran tanpa berpikir panjang. Masalah menitipkan anak ke nenek di luar negri sampai dewasa pun dianggapnya masalah kecil dan tidak perlu persetujuan saya.

Saya mencoba memikirkan hal ini semalaman, berusaha mencari cara untuk mencegahnya tapi belum berhasil. sy cuma melihat tiga kemungkinan, dari yg paling tidak masuk akal sampai yg paling realistis.
1. Istri memang capek punya anak nakal, trus menyerah dan mau menitipkan anak keluar negri.
Sebenarnya tidak yakin kl ini alasan yg sebenarnya, karena:
a. menurut sy, anak 13 bulan belum bisa lancar bicara, trus nakal dalam arti suka liat kartun, suka melempar barang, menjambak atau memukul-mukul, dan sedikit tantrum, menurut sy masih termasuk wajar. tapi istri membesar2kan seperti 'lihat tuh anak menjurus autis/hiperaktif karena kita ortu yg gagal mendidik anak, nyerah sajalah'
b. istri capek ngurus anak, alasan yg aneh karena seharian yg ngurus anak adalah sy. mulai dari mandi, ngasih makan minum, ganti popok, semua sy sendiri. setelah istri pulang kerja, yg ngurus ganti popok dan urusan makan minum anak juga hampir tetap saya sendiri. jam 2 pagi anak nangis bangun minta susu, sy juga yg ngurus.
c. sy sudah berusaha melakukan semua yg sy bisa, tp dicap istri sebagai ayah yg jelek, "buktinya tuh, anak blm lancar bicara dan nakal".

2. Istri cuman menggertak, menggunakan ancaman anak dititipkan keluar negri untuk menekan suami biar keinginannya selalu dituruti, seperti minta dibelikan mobil baru dan sejenisnya.

3. Istri cuma modus, setelah anak berada di Hong Kong, dia akan minta cerai dan menyusul keluar negri. Kelihatannya ini yg paling masuk akal, mengingat hubungan sy dan istri memang tidak harmonis, sering bertengkar.

Penyebab ketidakharmonisan itupun sesuatu yg benar2 diluar kemampuan saya, karena tuntutan istri tidak rasional:
a. istri tidak suka dengan rumah yg sekarang, "terlalu jelek dan terlalu jauh dari kantor, rumah seperti tai"
sekedar info, rumah yg sy tempati sekarang ini sudah sy beli ketika masih pacaran, dan dia sendiri sebenarnya waktu itu sudah setuju.
b. istri tidak suka dengan pekerjaan saya, pekerjaan yg sama ketika masih pacaran. pekerjaan sy adalah di bidang online, jadi tidak perlu ngantor dan bisa kerja secara paralel di bbrp perusahaan sekaligus. katanya, "pekerjaan gila yg aneh dan tidak stabil"
c. istri menuduh sy sebagai suami terlalu pelit dan perhitungan, walaupun faktanya biarpun suami istri sama2 bekerja, tagihan rumah tangga 14 juta sebulan sy bayar sendirian. itu sudah termasuk uang belanja istri 40 juta setahun (cuma dipakai untuk makan sehari2. tagihan seperti cicilan, listrik, bensin, pdam dan keperluan anak kebanyakan juga sy bayar lagi sendiri). terus terang sy sampai kehabisan uang utk keperluan pribadi, bahkan komputer untuk bekerja pun terpaksa sampai beli bekas.
d. istri menuduh sy sebagai suami egois, karena bekerja sampai malam, kadang termasuk kerja pas hari libur. sudah dijelasin, sy kerja sampai malam karena harus bayar tagihan 14 juta tiap bulan. buat sy jumlah itu besar dan perlu perjuangan. belum lagi masih ngurus anak, ngurus rumah tangga dll. tapi istri tidak mau tahu.
e. istri menuduh sy tidak becus mengurus anak dan rumah tangga karena menurut dia kl menyapu, cuci piring dan cuci baju kurang bersih. mandiin anak juga kurang bersih.bikin makanan bayi juga kurang becus.anak nakal dan blm bisa lancar bicara. terus terang sy pontang panting, harus bekerja sekaligus ngurus anak dan rumah tangga. tapi kata istri "berarti km bodoh ga bisa bagi waktu". sy heran, kenapa dia ga resign trus bantuin urus anak saja.
f. istri menuduh sy tidak peka. bisa-bisanya beli rumah di ujung dunia (sebenarnya hanya 15km dari kantor. dulu selalu sy antar jemput, berhubung sekarang ada anak yg harus sy jaga, mau tidak mau dia harus berangkat sendiri). katanya "dasar cowo egois, beli rumah jauh banget, rumah kaya tai harga 500 juta jg dibeli, dasar ga bisa mikir. harusnya yg bener tuh beli rumah di deket kantorku biar ga panas dan capek di perjalanan. harganya toh cuma beda sedikit, cuma sekitar 700 juta sampai 1 milyar!" sakit ati banget dengernya, rumah yg sekarang ini aja dulu belinya berdarah-darah. sy kasih saran resign aja, toh gaji dia juga cuma UMR dan katanya bos dia jahat. ngapain kerja di sana kl capek dan makan ati, toh selama ini tagihan rumah tangga sudah sy bayar hampir semua, uang belanja jg udah 40 jt setahun, lebih gede dari gaji dia.rumah biar sederhana, toh ac nyala 24 jam dan ada internet unlimited. tp dia ga mau.

terus terang sy sudah berusaha melakukan semua yg sy bisa, tp tidak pernah bener di mata istri. sy capek juga dikurang-ajari terus, tp mengingat anak, sy berusaha ga pernah tengkar/bahas cerai di depan anak dan pengennya anak bisa tumbuh besar dengan ortu lengkap. cuma istri kelihatannya punya pemikiran sendiri yg radikal, dan sekarang anak yg dijadikan senjata. sy sempat googling dari sudut pandang hukum, sejauh ini yg sy temukan bahwa istri yg masih sah tidak bisa digugat secara hukum jika membawa pergi anak.

kira-kira ada enggak ya jalan keluar biar anak ga dibawa kabur? kl istri yg nekad mau kabur keluar negri sendirian, sy sudah pasrah.
tata604
tien212700
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
2
8.8K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan