Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shodiq88Avatar border
TS
shodiq88
Proyek Alutsista Strategis Diam-diam Sudah Dimulai


Oleh: Jagarin Pane

NUSANTARANEWS.CO – Tanpa banyak publikasi minggu-minggu ini kita sedang memulai sebuah proyek alutsista strategis berupa pembangunan kapal selam modern di galangan kapal PT PAL Surabaya. Proyek alutsista strategis ini adalah bagian dari pola kerjasama pembuatan kapal selam untuk TNI AL yang sudah dimulai sejak tahun 2013. Indonesia dan Korsel menandatangani proyek pembuatan kapal selam jenis Changbogo dengan model transfer teknologi. Kerjasama pembangunan tiga kapal selam senilai US $ 1,1 milyar itu dua diantaranya dibuat di Korsel dan satu lagi di PT PAL Surabaya.

Dalam proses pembuatan dua kapal selam canggih di Korsel seratusan insinyur kita diberangkatkan kesana untuk menimba ilmu teknologi terapan kemudian di pembuatan kapal selam yang ketiga yang modul-modulnya sudah dikirim dari Korsel, dimulailah pengerjaan pembuatan kapal selam ketiga di PAL Surabaya. Inilah yang disebut tonggak monumental itu yang tanpa publikasi luas sedang dimulai di salah satu infrastruktur galangan kapal selam yang baru selesai dibangun di Surabaya.

Sementara itu kapal selam pertama yang dibuat di Korsel direncanakan akan tiba di Indonesia bulan April 2017 nanti sudah dalam kondisi siap pakai dan operasional. Kapal selam kedua diharapkan datang akhir tahun ini. Dengan kedatangan kedua kapal selam ini maka rasa sesak nafas karena selama ini hanya memiliki dua kapal selam usia lanjut bisa sedikit bernafas lega. Apalagi jika kapal selam ketiga dan seterusnya siap pakai dan siap operasional.

Kita menyambut gembira dengan cuaca industri pertahanan nasional kita yang saat ini sedang bersinar terang. PT PAL adalah salah satu bintang di industri pertahanan kita karena dalam kurun waktu satu dekade ini telah mencapai prestasi memuaskan untuk memenuhi kebutuhan alutsista kita. Sebut saja pembuatan kapal cepat rudal, kapal jenis LPD (Landing Plattform Dock), kapal jenis perusak kawal rudal PKR10514 dan yang terakhir adalah memulai pembangunan kapal selam canggih. Lengkap sudah, mulai dari kapal perang permukaan berbagai jenis sampai kapal perang bawah air http://nusantaranews.co/proyek-aluts...sudah-dimulai/
emoticon-#MAR16ERAK

Selengkapnya Mengenai Alutsista NKRI dan Mancanegara
Ambalat Tenang, Muncul Natuna, Alutsista Strategis TNI Diperkuat http://nusantaranews.co/ambalat-tena...tni-diperkuat/
Kekuatan Militer Indonesia Kian Membara http://nusantaranews.co/kekuatan-mil...-kian-membara/
Barter Hasil Kebun dengan Sukhoi, Ini Komentar Panglima TNI http://nusantaranews.co/barter-hasil...-panglima-tni/
India Masuk Perangkap Cina di Doklam http://nusantaranews.co/india-masuk-...a-di-doklam-2/
Amerika Serikat Kalah Perang di Suriah Melawan Rusia dan Iran http://nusantaranews.co/amerika-seri...usia-dan-iran/
emoticon-Hansip
0
4.3K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan