adcorpAvatar border
TS
adcorp
Kelenturan tubuh wanita
Kelenturan tubuh yang dimiliki oleh para penari saat kita menyaksikan berbagai gerakan dalam tarian akrobatik sontak menimbulkan rasa kagum pada mereka. Lalu apa sebenarnya kelenturan tubuh itu? Maksud dari kelenturan tubuh adalah kemampuan tubuh melakukan gerakan secara bebas dan luas tanpa mengalami cidera pada bagian otot dan juga sendi.






Tubuh lentur tidak dimiliki oleh semua orang. Namun bagi mereka yang berkeinginan untuk memiliki tubuh yang lentur memang bisa saja terwujud dengan menjalani berbagai latihan. Latihan kelenturan tubuh juga kerap dijadikan sebagai sebuah terapi untuk kesehatan. Ini dikarenakan dengan gerakan tubuh yang lentur maka otot dan sendi akan terlatih untuk lemas dan tidak kaku. Dengan demikian aliran darah dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar.

ini contoh wanita dengan tubuh yang super lentur :emoticon-Cendol Gan


Lalu apa saja manfaat latihan kelenturan tubuh yang lainnya? Pada dasarnya salah satu pengaruh dari efektifitas segala aktifitas yang kita kerjakan setiap harinya adalah tingkat kelenturan tubuh yang kita miliki. Jika kita memiliki tubuh lentur maka berbagai gerakan yang membutuhkan kelenturan bisa dikerjakan dengan lebih mudah.

Nah, bagi anda yang penasaran mengenai manfaat latihan kelenturan tubuh yang lain, berikut ini kami berikan informasi mengenai manfaat latihan kelenturan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membantu memperbaiki bentuk tubuh
Semua orang tentunya mendabakan memiliki tubuh yang proposional. Panjang tulang, panjang bahu, punggung, dan juga panjang kaki bisa dipengaruhi dengan kelenturan otot dan sendi yang kita miliki. Tubuh yang lentur dapat meningkatkan postur tubuh dan memperbaiki sikap tubuh karena latihan kelenturan tubuh melibatkan berbagi otot baik otot bawah, pundak dan juga dada.

2. Memiliki prestasi dalam cabang olahraga
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hampir semua cabang olahraga dipengaruhi oleh kelenturan tubuh. Hal ini tentunya berlaku bagi olahraga yang bersifat fisik dan bukan olahraga otak semisal catur. Dengan memiliki tubuh lentur yang baik dapat menjadikan otot mampu berkoordinasi secara maksimal. Alhasil tubuh dapat melakukan gerakan yang diinginkan secara sempurna. Setiap atlet pada dasarnya membutuhkan kelenturan tubuh yang baik untuk menunjang penampilan mereka saat berada di arena olahraga.

3. Terhindar dari resiko cidera pada otot dan sendi
Manfaat latihan kelenturan tubuh selanjutnya adalah untuk menghindari resiko cidera pada otot dan sendi. Bagi anda yang sering keseleo anda harus mengetahui bahwa gangguan tersebut merupakan indikasi dari tingkat kelenturan tubuh yang anda miliki. Mereka yang mudah mengalami cidera bisa disebabkan karena tidak memiliki kelenturan tubuh yang baik. Oleh karena itu, untuk menghindari resiko cidera dan juga mempercepat penyembuhan cidera kita bisa melakukan latihan kelenturan tubuh secara rutin.

4. Memiliki tubuh yang lincah
Jika kita memiliki otot dan sendi yang fleksibel maka tubuh akan lebih mudah untuk digerakkan. Hal ini tentunya sangat berbeda bagi mereka yang memiliki kelenturan tubuh yang kurang baik. Sendi akan terasa kaku dan berat untuk digerakkan. Bagi anda yang ingin merasa ringan dalam melakukan setiap gerakan yang berat maka anda bisa berlatih untuk membuat tubuh anda menjadi lebih lentur.

5. Mernghemat tenaga saat melakukan aktifitas
Bagi mereka yang memiliki tubuh lentur, maka aktifitas keseharian dapat diselesaikan dengan lebih ringan. Tubuh yang lentur dapat menjadikan kita lebih menghemat tenaga dalam melakukan setiap gerakan.

6. Cairan Synovial persendian dapat meningkat
Latihan kelenturan tubuh juga bermanfaat untuk meningkatkan cairan Synovial persendian dalam tubuh. Lalu apa yang dimaksud dengan cairan Synovial? cairan Synovial merupakan pelumas yang bermanfaat untuk mengurangi gesekan persendian saat melakukan gerakan. Cairan ini juga sangat bermanfaat untuk membawa nutrisi persendian.

7. Meningkatkan kebugaran tubuh
Tubuh yang lentur dapat meningkatkan relaksasi dan kontraksi otot dengan mudah. Dengan kelenturan tubuh yang baik maka kebugaran jasmani dapat meningkat karena kontraksi otot menjadi lebih optimal.

8. Mengurangi resiko nyeri punggung bawah
Latihan kelenturan tubuh yang dilakukan secara teratur bermanfaat dapat mengurangi resiko nyeri pada punggung.

9. Meningkatkan keseimbangan
Manfaat latihan kelenturan tubuh juga sangat efisien untuk membuat kita menjadi lebih seimbang. Dengan tubuh yang seimbang berkat latihan kelenturan tubuh maka kita bisa melakukan gerakan dengan gesit. Selain itu kita bisa terhindar dari resiko jatuh dan juga mampu.

Melakukan gerakan latihan kelenturan tubuh pada dasarnya dilakukan dengan peregangan untuk menarik otot-otot tertentu. Berikut ini macam-macam latihan kelenturan tubuh yang bisa anda coba.
Diubah oleh adcorp 02-09-2017 13:29
1
9.1K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan