Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mrsehun94Avatar border
TS
mrsehun94
Kebiasaan Ini Nih yang Harus Ditiru Orang Indonesia dari Orang Korea
Banyak hal menarik yang bisa kita perhatikan dan tiru dari masyarakat Korea Selatan, salah satunya adalah kebiasan mereka dalam berjalan kaki. Ternyata, kebiasaan masyarakat Korea adalah berjalan kaki, misalnya dari rumah ke kantor atau sekadar buat olahraga kecil.

Berjalan kaki juga merupakan gaya hidup di Korea Selatan dan masyarakatnya bangga melakukan hal tersebut tanpa memandang status sosial. Mereka sering bercanda dengan mengaku memiliki BMW, yang mana BWM adalah singkatan dari ‘Bus, Metro, and Walk’ atau yang berarti ‘Bis, Kereta, dan Berjalan’. Karena warga negara di sana lebih sering menggunakan transportasi umum dan berjalan kaki dibanding menggunakan kendaraan pribadi khususnya seperti motor untuk bepergian.

Nah, hal di atas beda banget sama beberapa orang Indonesia yang lebih memilih mempermewah kendaraan mereka. Padahal, memiliki kendaraan yang berlebihan bisa membuat lalulintas di jalan semakin macet.

Kebiasaan warga negara Korea Selatan untuk berjalan kaki pastinya didukung oleh transportasi masal yang memadai, dan tentunya ditunjang dengan trotoar yang aman dan nyaman. Kemanan dan kenyamana itu membuat siapapun berani meski harus berjalan sendirian di kota besar tanpa takut mendapat perlakuan tidak mengenakkan atau terganggu dengan lapak-lapak ilegal.

Hal di atas juga menunjukkan kondisi kendaraan umum di Korea dan di Indonesia. Kalau di Indonesia, kendaraan umum dianggap sebagai sarana bagi kaum-kaum kelas bawah. Karena fasilitas transportasi umum di Indonesia memang sangat buruk. Mungkin hal itu juga lah yang membuat masyarakatnya tidak merasa bangga jika menggunakan kendaraan umum di Indonesia.

Spoiler for Ilustrasi jalan-jalan di Korea:


Saking banyaknya masyarakat Korea yang suka berjalan kaki, kota Seoul sampai-sampai rela menghilangkan empat jalur bebas hambatannya demi memberi ruang lebih besar untuk para pejalan kaki. Fakta yang menariknya lagi soal kebiasaan berjalan kaki di sana yaitu mendaki gunung telah menjadi hobi dan obsesi para warga negaranya hingga saat ini. Bahkan 1 dari 3 orang Korea melakukan pendakian lebih dari sekali dalam sebulan! Maka nggak heran kalau warga Korea Selatan saat ini diperkirakan memiliki harapan hidup terpanjang hingga tahun 2030 mendatang.

Kebiasaan jalan kaki di Korea Selatan ini cukup berbeda dengan Amerika dan juga Indonesia yang sedang sibuk mengembangkan berbagai alat transportasi individu yang membuat manusia tidak perlu lagi berjalan untuk berpindah tempat seperti seperti hoverboard dan yang sejenisnya. Tentunya hal tersebut jadi hal yang cukup mengancam kesehatan manusia di masa depan nanti. Padahal para ahli telah menyarankan bahwa manusia setidaknya berjalan minimal 30 menit dalam sehari untuk mengurangi resiko kanker, gagal jantung, diabetes, dan stroke.

Nah, jadi kapan nih orang Indonesia bakal rajin jalan kaki?

Sumur
Quote:


emoticon-Sundul
0
3.5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan