geekbotportalAvatar border
TS
geekbotportal
Play Station 1 Hidden Gems (Geekbot Portal)
Geekbot Portal - Retro Games

Hi geeks kali ini geekbot portal mau bahas sedikit tentang game retro nih. Yaitu game play station. Tulisan ini kita ambil dari blog kontributor kita. Yuk mari disimak.



Sony Play Station

Game yang awalnya hanya sekedar hiburan semata untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan stress. Merubah saya 180 derajat menjadi full time gamer. Dimana ya bisa di bilang semenjak PS1 hadir bikin saya gak bisa lepas dari games bisa seharian main game apa lagi kalo libur. Maklum pas itu masih sekolah SD hehe. Apa lagi PS1 juga lah yang memperkenalkan dengan RPG pacar pertama saya di dunia games sampe sekarang hahaha. Genre game ini lah yang membuat video games menjadi bagian dari hidup saya, bisa di bilang saya jatuh cinta pada pandangan pertama. Caelahhhhh.





Final Fantasy VII. Salah satu game bergenre jrpg di yang hits di PS1

Kali ini saya ingin membahas game yang ada di ps1 tapi bukan game yang ngehits terkenal pada umumnya. Tapi game yang underrated yang tidak di harapkan atau mungkin orang remehkan. Tapi game-game tersembunyi yang keren menurut saya dan yang pernah saya mainkan dan mungkin terlewatkan oleh kita.



1.Monkey Hero

Monkey Hero adalah game action rpg yang bisa di bilang serupa atau mirip dengan Legend of Zelda. Siapa yang gak tau Legend of Zelda game yang menjadi icon dari Nintendo dari jaman NES dulu yang mempunyai fan base besar di seluruh dunia. Bisa di bilang sih game ini memang mirip banget dari environment musik dan game play. Banyak kritik sih emang tapi game ini seru banget menerut saya dan karakternya juga pas.



Gamenya cukup menantang banyak puzzle-puzzle dan musiknya cukup asik. Buat yang belum main bisa jadi salah satu game alternatif.



2. Eternal Eyes

Yang ini menjadi salah satu favorit saya. Karena emang suka game bergenre RPG atau tactical RPG juga kali ya. Eternal Eyes games setting dunia fantasy tentang bangkitnya raja iblis dan pahwalan kita yang keturunan khusus hadir di tunjuk sebagai penerus dan memang di takdirkan untuk mengalahkan si pembuat kekacauan pastinya.



Kalo liat eternal eyes pasti orang langsung terpintas Final Fantasy Tactics atau Tactics Ogre. Yang bikin game ini seru sih sebenernya fitur monster breeding. Karna memang itu menjadi daya tarik utamanya sih. Kita bisa mengontrol monster yang kita latih dan bisa ngumpulin monster-monter favorit kita juga. Yah seperti game monster breeding pada umumnya sih. Naikin level berubahin . Walau monotan cerita yang biasa aja jadi mungkin cepet bosenin tapi worth it buat di coba.



3. Apocalypse

Nah! Kalo game action tembak-tembakan game yang di bintangi Bruce willis ini lah yang menjadi paporit saya pake P paporit haha. ini game action shooting semacam contra dengan setting masa depan yang dark, Konfliknya ya perang lawan sekutu penjahat monster dan lainnya. Game ringan fun seru gak ngebosenin!





4. Striker 1945

Nah selanjutnya buat pecinta arcade shooter pasti tau ini game Striker 1945. Ini bukan game kemerdekaan Republik Indonesia ya haha. Game ini sering nampak di dingdong-dingdong di jaman dulu. Gamenya simple cuman nembak dan ngehindar dari peluru dan bom musuh. Game genre ini adalah salah satu kesukaan saya di kala bosan. Kalo jaman kecil dulu ke arcade center pasti wajib main game ini.





5. Ehrgeiz

Mungkin yang ini sedikit asing bagi temen-temen. Game fighting besutan square soft (sekarang square enix) ini bisa di bilang terlihat biasa. Banyak orang yang melirik game ini karena Squaresoft dan pastinya karakter Final Fantasy 7 yang menjadi playable karakter di game ini.



Ehrgeiz merupakan game 3D Fighting yang cukup unik dan memiliki mode quest dimana kita bermain game petualangan hack and slash untuk story mode nya. Untuk mapnya sendiri terlihat begitu plain dan monoton walau begitu saya masih menikmati untuk bermain game ini walau geraknya cukup kaku sih. Tapi game ini cukup menarik untuk dimainkan.



6. Team Buddies

Games strategi shooter ini menjadi favorit anak-anak di era 90an. Siapa yang gak suka ini game. Cukup satu kata untuk mendeskripsikan game ini. SERU! Nyusun-nyusun balok bikin senjata bikin pasukan sampe bikin tank. Bisa lupa waktu kalo udah main game yang satu ini. Wajib masuk list emang secara game ini memang gak tenar tapi SERU!







7. Future Cop LAPD

Yak akhirnya game mecha-mecha nongol. Sejujurnya saya bukan pecinta rorobotan tapi game ini mencuri perhatian saya. Game adventure co-op ini unik menurut saya. Robot polisi masa depan yang bisa berubah jadi robot dan mobil. Nembak rudal dan machine gun. Co-op questnya seru tapi yang lebih rame lagi sih co-op battlenya. Pas kecil dulu saya sering main game ini sama adik saya. Rebutan wilayah bikin pasukan tank dan pesawat buat saling serang. Game yang jarang kita temui di Konsol Play Station pada masa itu. Duh abis nulis ini kayanya langsung main game ini lagi haha.





8. Tomba 2

Nah game platformer yang satu ini memang punya banyak fans dan pasti udah pada apal juga. Yak Tomba si makhluk gua satu ini sekilas mengingatkan saya pada game Caveman Ninja Joe & Mac di SNES. Apa jangan-jangan mereka saudaraan lagi ya haha



Layaknya game platformer pada umumnya tugas kita ambilin diamond lompat-lompat selesain puzzle. Tapi Tomba memberikan gameplay yang berbeda serta atraktif di kemas dengan cerita menarik dan dialog yang seru membuat game ini lebih hidup



Belum lagi dengan sound BGM yang ngangenin grafik yang adem dan kontrol yang enak membuat game ini makin seru buat di mainin. Questnya pun beragam itu yang membuat game ini bikin betah di mainin seharian. Dan pasti banyak orang tua yang ngomel-ngomel juga ya hihi.



9. Jade Cocoon Story of Tamamayu

Dua game terakhir ini menjadi yang paling favorit sepanjang masa bisa di bilang gitu walau banyak game underated lainnya yang saya suka juga tapi 2 ini yang paling berkesan. Pertama-tama mari kita bahas Jade Cocoon Story of Tamamayu. Game ini merupakan salah satu game RPG pertama saya yang di dapat dari bonus kaset waktu pertama kali beli PS. Dulu dapet 10 bonus kaset PS dan mungkin yang besar di jaman yang sama dengan saya merasakan ini juga beli PS awal-awal dapet 10 kaset haha.



Kasetnya apa aja nanti mungkin saya akan bercerita di tulisan saya selanjutnya haha. Kembali lagi ke Jade Coocon. Game ini menceritakan tentang Levant anak seorang cocoon master di desa nya. Seorang cocoon master memiliki kemampuan dapat menagkap monster untuk menjadi sekutunya. Tujuannya jelas untuk melindungi desa. Dan si cocoon master ini membutuhkan kemampuan maiden untuk mensucikan monster yang di tangkap agar menjadi sekutu kita. Di game ini di ceritakan si levant dan istrinya kelak si Mahbu sang Nagi Maiden bersama-sama melindungi desa dari serangan monster. Untuk detail cerita lebih baik main sendiri kali ya hehe



Tapi yang menarik memang unsur game yang tidak biasa. RPG Breeding seperti pokemon yang membuat kita bebas menangkap monster dan bisa menggabungkannya untuk mendapatkan monster baru seperti di serial monster rancher. Bedanya monster disini memang lebih unik dan epik. Dan cara menagkapnya dengan memainkan benda seperti seruling haha. Selain itu konflik cerita dan pengisi suaranya membuat game ini membawa kita lebih mendalami penghayatan di dunia Jade Cocoon itu sendiri. Dengan suara yang adem dan dunia yang seru grafik yang kece juga di masanya membuat game ini memang patut di perhitungkan







10. Saga Frontier 2

Dan game terakhir adalah Saga Frontier 2 dari squaresoft. Lagi-lagi RPG hehe. Game ini ada game Turn Based RPG yang menceritakan 2 tokoh utama dan terdapat 2 timeline yang saling berhubungan. Yaitu Gustave Story dan Will Knight Story.



Yang unik dari game ini ada ceritanya. Ceritanya yang kompleks dari masalah keluarga persaudaraan persahabatan balas dendam percintaan sampai politik. Banyak pelajaran yang saya petik dari game ini. Timeline Saga Frontier 2 pun sangat menarik dimana kita harus memilih ingin memaikan cerita dari mana dulu tanpa merusak alur cerita. Dan semua telah di plot rapih menjadi satu rangkaian cerita yang sempurna. Dari sejarah awal cerita setiap karakter sampai cerita utama menjadi satu.



Uniknya timelinenya pun berbeda dari game lain. Dimana kita bermain tiap chapter dan di tiap chapternya pun meceritakan event yang berbeda di tiap tahunnya. Jadi kita juga bisa melihat perkembangan karakter dari kecil hingga dewasa. Membuat game ini seperti kita menonton cerita sejarah kolosal mungkin ya. Gameplay yang unik sistem skill arts dan leveling yang unik membuat saga frontier beda dari game rpg lainnya. Dimana kita bebas memilih role kita sebagai apa di team dan skill senjata apa yang mau kita latih.

Kalo membahas Saga Frontier mendalam bakal panjang sih. Saya saranin main aja langsung abis baca ini haha. Karena saya juga sampai bingung mau ngomong apa lagi. Kalo di bilang kenapa suka game ini selain story dan gameplay art work dan musiknya juara!

Masih banyak lagi game menarik yang ada di konsol PS 1 ini yang gak bisa saya sebutkan semua. Saya akan menyebutkan beberapa honorbale mention atau runner up lainnya.


Honorable Mentions

Klonoa, Ghost In The Shell, Panzer Bandit, Destrega, Tobal, Thousand Arms. Legend of Dragoon, and many more

Semoga bermanfaat ya tulisan ini dan maaf kalo bahasa saya kurang sopan dan topiknya kurang menarik hehe. Kalo ada kritik saran atau pun request boleh komen.

Dan jangan lupa untuk mampir ke Page dan Instagram Geekbot Portal dan Geekbot Toys and Hobbies. Terima kasih guys.

STAY GEEK AND BE PROUD OF IT!

https://ditotama.wordpress.com/




Geekbot Portal

News update , entertainment , & your geek pop culture one stop portal

Stay geek and be proud of it 👾

Visit us on:

- FB https://www.facebook.com/geekbot.portal/

- IG https://www.instagram.com/geekbot.portal/

- Line@ https://line.me/R/ti/p/%40jdo3242j

- Youtube


Untuk merchandise dan hobbies stuff bisa visit ke :

- FB https://www.facebook.com/geekbotoysandhobbies/

- IG https://www.instagram.com/geekbotoysandhobbies/

Website Coming Soon!!
Diubah oleh geekbotportal 05-07-2017 12:56
0
7.5K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan