Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alphadvrAvatar border
TS
alphadvr
Mobile Broadband Vs Fixed Broadband: Mana Koneksi Internet yang Paling Menguntungkan?


Internet merupakan sarana yang biasa kita gunakan untuk mencari berbagai macam informasi hampir setiap saat dan di mana pun kita berada. Untuk bisa terkoneksi ke internet, kita mengenal dua cara yaitu menggunakan koneksi mobile broadband seperti tethering dari gadget atau menggunakan modem dan koneksi fixed broadband.

Pada dasarnya, apapun jenis koneksi yang digunakan oleh pengguna, selama koneksi jaringan tersebut stabil dan cepat tentu akan memuaskan hati penggunanya.


Mobile Broadband Vs Fixed Broadband: Mana Koneksi Internet yang Paling Menguntungkan?

Mobile Broadband



Mobile Broadband merupakan istilah marketing untuk jalur koneksi wireless ke internet yang umumnya menggunakan perangkat mobile seperti modem, perangkat Wi-Fi atau tethering dari smartphone untuk bisa terkoneksi ke jaringan internet. Di manapun kalian berada, selama kalian memilik kartu SIM dengan dukungan jaringan 2G, 3G atau 4G dan sinyal yang mencukupi serta perangkat seperti yang sudah disebutkan di atas, kalian bisa menggunakan jalur mobile broadband ini.

Khusus untuk kasus Wi-Fi, kalian masih tetap bisa terhubung ke internet selama masih dalam jangkauan radius sinyal Wi-Fi tersebut.


Kelebihan Mobile Broadband



Lalu apa kelebihan dari mobile broadband ini? Nah, sesuai namanya, mobile broadband memiliki kelebihan dari sisi mobilitas karena kalian bisa terkoneksi di manapun selama kalian memiliki perangkat yang dibutuhkan (perangkat yang digunakan pun tergolong praktis).

Selain itu, layanan akses data yang disediakan oleh mobile broadband jauh lebih fleksibel karena pengguna bisa memilih banyaknya paket data yang ingin mereka beli sesuai kebutuhan dengan kisaran harga yang relatif terjangkau (contoh kartu biru menyediakan paket data 31 GB dengan harga 100 ribu atau si merah yang menyediakan paket data 8 GB dengan harga 50 ribu).


Fixed Broadband



Fixed Broadband merupakan jenis koneksi yang membutuhkan kabel telepon atau kabel jaringan khusus untuk bisa terkoneksi ke internet. Sesuai namanya, fixed broadband ini tidak bisa kalian pindahkan seenaknya karena letak kabel telepon atau kabel jaringan serta perangkat yang digunakan seperti router sebaiknya tidak dipindahkan (tidak mungkin kalian harus membawa kabel jaringan dan router terus-menerus).

Keuntungan Fixed Broadband



Lalu apa keuntungan dari fixed broadband ini? Nah, salah satu keuntungan dari fixed broadband ini adalah kualitas jaringannya yang cenderung stabil. Selain itu, pada kebanyakan kota di Indonesia, akses fixed broadband ini lebih cepat dari mobile broadband.

Sebagai contoh, layanan IndieHome dari Telkom yang mencapai 100 Mbps dan tidak akan kalian dapatkan di paket mobile broadband mana pun saat ini serta jangan lupa kalau fixed broadband tidak memiliki batasan paket data (pada kebanyakan penyedia layanan).



Manakah yang Lebih Menguntungkan dan Tepat Untuk Kalian?

Nah, jika kalian mencari manakah jenis koneksi yang lebih menguntungkan dan tepat untuk kalian maka jawabannya adalah tergantung kebutuhan kalian.

Jika kalian adalah pengguna dengan mobilitas tinggi yang setiap harinya harus bepergian ke suatu tempat yang jauh dari rumah dan hanya menggunakan internet seperlunya untuk membuka akun media sosial atau browsing, mobile broadband adalah pilihan yang lebih efisien untuk kalian terutama dari segi finansial.

Namun, jika kalian adalah seorang gamer atau orang yang gemar melakukan download berbagai file media serta tidak begitu aktif di luar rumah, fixed broadband merupakan pilihan tepat yang akan menjamin kebutuhan kalian akan koneksi yang cepat dan tidak terbatas bisa terpenuhi.

Itulah tadi penjelasan seputar mobile broadband dan fixed broadband, semoga bermanfaat. Jaka sendiri menggunakan koneksi mobile broadband karena alasan lebih hemat biaya per bulannya dan faktor mobilitas yang lebih baik, bagaimana dengan kalian?


SUMBER

MAMPIR KE THREADS LAINYA

Lebih Canggih dari Chrome! 4 Browser Ini Paling Sering Digunakan Hacker
Bill Gates: CTRL+ALT+DEL adalah Kesalahan
Sering Pikun? 5 Aplikasi Ini Dijamin Memudahkan Hidup Kalian
Cara Menyembunyikan File 'Rahasia' di Kalkulator HP, Pacarmu Gak Bakal Nyadar!
Terungkap! 4 Situs Ini Adalah Rahasia Para Teknisi Laptop
Hati-hati! 5 Folder Windows Ini Tidak Boleh Kamu Hapus
Google Bukan Tandingannya! 3 Penyedia Layanan Email Ini Diklaim Paling Aman
7 Fakta Aneh yang Secara Nyata Terjadi di Dunia Teknologi
Cara Unik Membuat Password Super Aman dengan PasswordCard
Tanpa Root, Kamu Tetap Bisa Melakukan 9 Hal Menakjubkan Ini Di Androidmu
5 Website yang Mungkin Berguna dan Bisa Gantikan Software-mu di Komputer
Kenapa Harus Ada Kuota, Bukannya Unlimited? Ini Dia Penjelasannya!
Gak Perlu Garansi! 6 Tips Ini Wajib Kamu Lakukan Demi Keawetan Smartphone
6 Cara Sederhana Agar Terlihat Seperti Hacker Profesional
9 Jenis Kecerdasan Manusia, Karna IQ Tinggi Nggak Berarti Cerdas!
Goks! 15+ Bayangan Ini Malah Lebih Keren dari Objek Aslinya
9 Gadget Keren Ini Mungkin Belum Kamu Ketahui, Butuh Banget Nomor 4!
10 Fakta Mengejutkan tentang Bumi yang Tak Pernah Kamu Tahu





0
8.3K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan