Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

redditdotcomAvatar border
TS
redditdotcom
Wow! Ikan Ini Mampu Hidup di Darat Hingga 2 Bulan


Penelitian baru yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Wake Forest University, Amerika Serikat, menemukan bukti baru bawah ikan Mangrove Rivulus mampu bertahan hidup di darat selama dua bulan.

Mangrove Rivulus merupakan ikan hermaprodit --punya dua jenis kelamin, jantan dan betina-- yang biasanya hidup di rawa-rawa tropis, di Florida dan Brazil.

Ikan berpenampilan aneh ini memiliki ukuran yang kecil. Panjangnya hanya sekitar 75 milimeter. Namun, kemampuan ikan ini sangat luar biasa, tak hanya hidup di air, ikan ini juga bisa hidup di darat.





Bagaimana cara ikan ini bernafas?

"Setelah diamati, ikan mangrove rivulus mengubah fungsi insangnya selama di darat, dan bernapas melalui kulit," kata Benjamin Perlman, pemimpin penelitian, dilansir Live Science melansir, Sabtu (8/7).

"Kemampuan ikan itu hidup di darat juga dipengaruhi oleh kekuatan ekornya yang dapat membuat tubuh ikan itu melompat-melompat di daratan," lanjutnya.



Perlman menjelaskan, ekor mangrove rivulus memiliki kekuatan untuk memindahkan tubuh ikan dari air ke darat. Setelah jatuh di darat, ikan itu akan meringkuk menyerupai huruf C. Kemudian ekornya bergerak-gerak untuk membantu tubuh ikan itu berpindah tempat.

"Selain untuk memindahkan tubuh ke daratan, ekornya juga berfungsi untuk mengarahkan lompatan pada saat memburu mangsa, seperti serangga kecil dan jangkrik," ujar Perlman.


sumber:arah.com

Baca Juga
Ternyata Ini Spot Favorit Hantu di Rumah Agan
Penumpang Pesawat Geger Lihat Ada Sosok Manusia di Atas Awan
Diubah oleh redditdotcom 10-07-2017 00:55
0
32K
178
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan