Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

i.love.usaAvatar border
TS
i.love.usa
Secara Medis Kedokteran, Diabetes Belum ada Obatnya
Peran media sosial yang kian dominan sepertinya bisa mempermudah menemukan jawaban. Namun, tak demikian kenyataannya. Bisa jadi malah menyesatkan jika semua informasi diterima tanpa didasari pemahaman benar.

Secara medis kedokteran, masalah diabetes melitus atau kencing manis belum ada obatnya. Yang ada adalah mengendalikannya dengan mengubah gaya hidup dan pola makan. Akan tetapi, info yang bertebaran di dunia maya sungguh berbeda. Pengobatan alternatif menjadi pilihan menarik ketika penderita sudah frustrasi dengan penyakit seumur hidup itu.

Bahan herbal, terutama dari dedaunan, paling banyak ditawarkan, sekalipun hanya satu-dua yang diteliti dan tanpa uji klinis. Dibumbui kata-kata bombastis yang menghipnotis, seperti "diabetes sembuh seketika berkat ramuan daun ini", orang pun berbondong mencobanya.

Jika dicermati, ada kerancuan pemahaman antara penyembuhan dan penurunan kadar gula darah. Ini menunjukkan rendahnya pemahaman terhadap diabetes. Memang ada tumbuhan yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah sewaktu, tetapi bukan untuk penyembuhan permanen.

Artinya, jika tidak mengonsumsi daun itu, gula darah akan naik lagi, sama fungsinya seperti pil dari dokter. Dengan tablet bahkan lebih mudah mengukur dosis dan jauh lebih praktis daripada minum ramuan daun. Ada jenis pil sulphonylurea yang berfungsi menstimulasi kelenjar pankreas dan biguanides yang mengefektifkan kerja insulin.

Hal itu pun hanya menyangkut penanganan diabetes tipe II akibat produksi insulin di tubuh kurang. Berbeda dengan penderita tipe I, pankreas tak bisa atau amat kurang menghasilkan insulin sehingga perlu suntikan insulin setiap kali makan.

Bayangkan bagaimana repotnya menyiapkan rebusan daun sukun, daun sirsak, atau daun kersen yang diklaim bisa menurunkan glikogen. Setidaknya ada 25 jenis daun-belum termasuk jenis buah dan sayuran-yang diklaim mampu mengatasi diabetes, dan sebagian besar sulit diperoleh.

Namun, hampir semua tidak ada penjelasan kenapa bisa menyembuhkan. Yang ada, pengakuan sepihak dan testimoni. Disinformasi itu kerap menjadi pengantar pemasaran kapsul ekstrak daun atau buah.

tribunnews

ane suka kasian sama temen temen dan sodara yg kena diabet...

baca baca berita, buah ini, buah itu, minum ini minum itu, pokoknya pada semangat buat sehat, ane mau bilang itu ga membantu, tapi ga tega..

malah ane merasa "kalah" sama mereka, semangat hidupnya tinggi, ga kaya yg sehat sehat biasanya pada males emoticon-Big Grin

setau ane ada 3 penyakit di dunia ini yg belum ada obatnya, yaitu kanker, diabetes, dan hiv.

tapi tetep yg paling bikin ane penasaran itu hiv, ini virus apa sebenarnya, apa yg terjadi sebenarnya? dan terbukti, sampai sekarang dunia medis masih belum bisa menjawab apa sesungguhnya ihwal penyebab, terjadinya suatu virus hiv emoticon-Big Grin
tahun 90an dulu heboh bahwa obat hrv itu sengaja diciptakan supaya tubuh resisten, hmm..



0
7.4K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan