kangnulisAvatar border
TS
kangnulis
7 Buku Sci-Fi Terbaik Satu Dekade Terakhir

Foto: Via Notable Quotes

Science Fiction (sering disingkat menjadi SF, sci-fi atau scifi) adalah genre fiksi spekulatif, biasanya berhubungan dengan konsep imajinatif seperti sains dan teknologi futuristik, perjalanan luar angkasa, perjalanan waktu, perjalanan yang lebih cepat dari kecepatan cahaya, alam semesta paralel, dan kehidupan di luar bumi.

Fiksi ilmiah sering kali mengeksplorasi konsekuensi potensial dari inovasi ilmiah dan inovasi lainnya, dan disebut "literatur gagasan." Biasanya menghindari hal yang kodrati, dan tidak seperti genre fantasi yang terkait, secara historis.

Ada banyak buku-buku fiksi imiah yang direkomendasikan. Kita bisa lihat daftarnya di [URL="https://www.S E N S O R/list"]S E N S O R[/URL]. Supaya singkat dan masih relevan, ane pilih dari satu dekade 2010-an dan ane pilih tujuh yang ratingnya paling tinggi di Goodreads, dengan bintang atau rate maksimum adalah 5.

Berikut ini ketujuh buku sci-fi pilihan:

1. Golden Son (Red Rising #2)
oleh: Pierce Brown

rate: 4.46




Red Rising adalah novel trilogi science fiction yang merupakan karya debut penulis Amerika, Pierce Brown, yang terbit pada tahun 2014. Novel trilogi ini berlatar belakang masa depan planet Mars, dengan tokoh utamanya adalah seorang buruh tambang yang bernama Darrow yang menyusup ke jajaran elit Golds. Golden Son adalah buku kedua setelah Red Rising, yang melanjutkan saga tentang Darrow ini.

Pada bulan Februari 2014, Universal Pictures mempatenkan cerita ini jadi film adaptasi, yang disutradarai Marc Forster.

Buku ini meraih popularitas secara singkat setelah buku ini terbit. Bahkan beberapa orang memberi pujian di Goodreads. Salah satunya mengulas dan mengatakan, kalau di dalam buku ini kita akan menemukan pemikiran-pemikiran yang mendalam. Novel ini seakan jarang membiarkan kita menarik napas karena plot yang serba cepat dan menegangkan.

2. Saga, Vol. 2
oleh: Brian K. Vaughan (Penulis), Fiona Staples (Artist)

rate: 4.57




Dari penulis pemenang penghargaan,Brian K. Vaughan (Pride of Baghdad, Ex Machina), yang berkolaborasi dengan seniman terkenal Fiona Staples (Mystery Society, Done to Death), Saga adalah novel grafis yang berkisah tentang satu keluarga muda yang berjuang untuk menemukan tempat mereka di alam semesta.

Berkat pernikahan silang Marko dan Alana, bayi yang baru lahir Hazel selamat dari pembunuh mematikan, tentara yang mengamuk, dan monster mengerikan, namun dalam ruang angkasa yang sangat dingin, gadis kecil itu menemukan petualangannya yang paling aneh.

3. Saga, Vol. 4 (Saga #4)
oleh: Brian K. Vaughan (Writer), Fiona Staples (Artist)

Rate: 4.47




Dari duo pemenang Eisner Award, Brian K. Vaughan (The Private Eye, Pride of Baghdad) dan Fiona Staples (Mystery Society, Thor), Saga adalah kisah satu keluarga muda yang berjuang untuk menemukan tempat mereka di alam semesta. Saat mereka mengunjungi dunia baru yang aneh dan menghadapi lebih banyak musuh, bayi Hazel akhirnya menjadi balita, sementara orang tuanya, Marko dan Alana berjuang untuk tetap bertahan hidup.

4. The Martian (The Martian #1)
oleh: Andy Weir

rate: 4.39




Enam hari sebelumnya, astronot Mark Watney menjadi salah satu orang pertama yang berjalan di Mars. Sekarang, dia yakin dia akan menjadi orang pertama yang meninggal di sana. Setelah badai debu hampir membunuh dia dan memaksa krunya untuk mengevakuasinya saat mengira dia meninggal, Mark mendapati dirinya terdampar dan benar-benar sendirian tanpa bisa memberi sinyal pada Bumi bahwa dia masih hidup - dan bahkan jika dia bisa mengeluarkan kabar, persediaannya akan habis jauh sebelum penyelamatan bisa tiba.

Kemungkinannya, meskipun, dia tidak akan punya waktu untuk mati kelaparan, mesin yang rusak, lingkungan yang tak kenal ampun, atau "kesalahan manusia" biasa saja bisa jauh lebih mungkin untuk membunuhnya terlebih dulu. Tapi Mark belum siap untuk menyerah. Dia mencoba kecerdikannya, keterampilan teknisnya, diikuti banyak kegagalan, tapi dia dengan gigih menghadapi satu hambatan yang tampaknya tidak dapat diatasi setelah berikutnya: akankah sumber daya nya cukup untuk mengatasi rintangan yang tidak mungkin melawannya?

5. Champion (Legend #3)
oleh: Marie Lu
rate:




June dan Day telah mengorbankan banyak hal untuk orang-orang di Republik - dan diri mereka sendiri - dan sekarang negara mereka berada di ambang eksistensi baru. June mendapatkan keuntungan di Republik, bekerja di kalangan elit pemerintah sebagai Princeps-Elect, sementara Day juga diberi posisi militer tingkat tinggi.

Tetapi tidak ada yang bisa meramalkan keadaan yang akan menyatukan mereka kembali: tepat ketika sebuah perjanjian damai akan segera terjadi, wabah-wabah menyebabkan kepanikan di Koloni, dan perang mengancam kota-kota perbatasan Republik. Jenis wabah baru ini lebih mematikan dari sebelumnya, dan June adalah satu-satunya yang tahu kunci pertahanan negaranya. Tapi, menyelamatkan nyawa ribuan orang berarti meminta orang yang mereka cintai untuk menyerahkan segalanya. Dengan aksi dan ketegangan, trilogi terlaris Marie Lu ditutup dengan menakjubkan.

6. Protector (Foreigner #14)
oleh: C.J. Cherryh

rate: 4.29




Di hari ulang tahun Cajeiri, anak laki-laki ini sudah dijanjikan akan bertemu kembali dengan anak kecil yang ia kenal dari pelayarannya, yang akan diturunkan dari pesawat luar angkasa, dalam dua minggu.

Tetapi, ada bisnis yang lebih gelap melatarbelakangi -- sebuah perpecahan besar yang mengorbankan Assassins' Guild, yang memberikan keamanan dan penegakan hukum ke seluruh benua. Ayah pendeta Tabini sendiri telah dilarang masuk pengadilan, dan mungkin terlibat dalam persekongkolan baru melawannya.

Untuk alasan keamana, Tabini ingin Bren dan Ilsidi menjaga Cajeiri, serta tamu-tamu kecilnya. Mereka bisa jadi sasaran kejahatan.

For safety reasons, Tabini wants Bren and Ilisidi to take charge of Cajeiri, and protect him and his young guests. They themselves are very likely targets of whatever's going on, no question of it. So is Cajeiri.

Itu adalah tanggung jawab Bren, untuk menjaga masalah keamanan ini tetap jadi rahasia... dan membiarkan seorang pangeran berusia delapan tahun ini kembali bertemu dengan satu-satunya anak kecil yang pernah Ia temui.


7. Dust (Silo #3)
Oleh: Hugh Howey

Rate: 4.26




Suatu waktu ketika rahasia dan kebohongan jadi pondasi hidup, ada seseorang yang menemukan kebenaran. Dan dia akan mengatakan yang sebenarnya. Jules mengetahui apa yang diciptakan para pendahulunya. Dia tahu alasan kenapa mereka harus hidup seperti ini. Dan dia tidak setuju dengan kehidupan yang seperti ini.

Tapi Jules, lama kelamaan tidak punya pendukung. Dan ada ketakutan yang lebih besar dari dunia penuh racun dibalik dindingnya. Sebuah racun sedang berkembang di dalam Silo 18. Racun yang tidak bisa dihentikan siapapun. Kecuali Silo 1 ikut andil.

***

Itulah tujuh dari 100 novel sci-fi yang direkomendasikan di Goodreads. Baca cerita fiksi ilmiah memang membuat imajinasi kita melanglang buana hingga menembus alam semesta.

Ketujuh rekomendasi buku di atas bisa jadi pilihan Agan menghabiskan akhir pekan di rumah.

Jangan lupa, baca buku itu banyak manfaatnya. Dan jangan biarkan manfaatnya berhenti di generasi kita, tapi ke generasi selanjutnya.
Supaya banyak anak-anak Indonesia yang berimajinasi dan berpikiran lebih luas, Agan bisa ikut berpartisipasi dengan melakukan donasi #BukuUntukIndonesia di link ini

Selamat berakhir pekan sambil membaca buku, Gan!

Sumber: [URL="www.S E N S O R"]www.S E N S O R[/URL]
Diubah oleh kangnulis 15-06-2017 09:00
0
44.2K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan