Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

travelnesiaAvatar border
TS
travelnesia
7 Kampung Wisata Kuliner yang Harus Agan Kunjungi
Wisata yang paling seru menurut ane sih wisata kuliner gan. Setuju nggak? Beragam makanan khas yang emang punya karakter masing-masing bakalan memuaskan indera pengecapan kita. Apalagi di tempat-tempat legendaris, ah jadi pengen wisata kuliner. Tapi inget masih puasa ya gan emoticon-Traveller

Beberapa kampung kuliner yang tersebar di Indonesia ini ternyata punya ciri khas yang bikin lidah kita serasa dimanja banget gan. Cekidot!

1. Desa Gandu, Magetan



Ini dia Sentra Ayam Panggang Gandu yang jadi tempat wisata kuliner di kota Magetan, Jawa Timur. Salah satu yang terkenal adalah ayam panggang Bu Setu. Uniknya, ayam dimasak di tungku tradisional dan disajikan dengan nasi, sambal serta lalapan. Biasanya ada 2 macam ayam panggang yakni ayam panggang kuning dan merah. Makannya juga bukan di bangku, tapi makan lesehan dengan tikar. Berasa di rumah banget!

2. Sanan, Malang



Jalan-jalan ke Ngalam pastinya nggak afdol kalo nggak beli oleh-oleh keripik tempe. Daerah ini emang terkenal sebagai penghasil keripik tempe terbaik. Di sini, ada banyak banget rasa yang bisa dipilih, kayak keju, BBQ, jagung bakar, rumput laut, pizza, balado, daun jeruk dsb. Bukan cuma keripik tempe, tapi juga ada keripik buah-buahan lain yang bisa dicoba.

3. Gang Sate, Ponorogo



Sebenarnya namanya Jalan Lawu Gang I, Nologaten, Ponorogo, tapi lebih dikenal dengan nama gang sate. Iya, karena di sini adalah sentra industri sate ayam Ponorogo gan. Salah satu yang terkenal adalah Warung Sate Tukri Sobikun yang jadi langganan istana negara gan.

Yang unik dari sate ayam di Nologaten ini adalah daging ayamnya dipotong dengan irisan tebal memanjang. Sebelum dibakar, sate dilumuri dengan bumbu rempah dan ketumbar. Saat dibakar juga dicelupkan ke larutan gula jawa. Baru deh disajikan dengan bumbu kacang dan irisan lontong.

4. Kampung Ujung, Labuan Bajo



Labuan Bajo bukan hanya dikenal dengan alamnya yang indah dan menawan gan, tapi juga ada pusat kuliner malam terbaik di daerah ini. Namanya Kampung Ujung, dengan makanan khasnya seafood. Semua ikan yang diolah masih segar karena langsung ditangkap dari laut. Mulai dari ikan, cumi, kerang semua bisa diolah sesuai resep masakan Jawa atau Sulawesi. Pecinta seafood harus banget ke sini!

5. Desa Gatak, Delanggu, Klaten



Udah pernah denger lumpia dulek? Buat yang belum tau, lumpia dulek adalah lumpia mini seukuran jari telunjuk yang diisi tumis kecambah. Biasanya dijual di plastik dengan isinya 507 buah beserta saus manis dan cabe rawit. Harganya? Cuma Rp 1000 alias seceng seplastik gan. Nah di Desa Gatak ini, terkenal dengan hasil produksi lumpia duleknya.

6. Kampung Coklat, Blitar



Bukan hanya sentra industri, Kampung Coklat di Blitar ini jadi objek wisata edukasi juga gan. Di sini, selain bisa melihat proses penanaman sampai pengolahan biji kakao dan menjadi produk siap makan. Banyak banget produk olahan kakao yang dijual di sini, mulai dari cokelat batang, es krim cokelat sampai brownies.

7. Kampung Emas Plumbungan, Gunungkidul



Ini dia desa wisata yang berada di Gunungkidul, tepatnya di Pedukuhan Plumbungan, Desa Putat, Kecamatan Patuk. Dekat sama Gunung Nglanggeran gan. Selain terkenal karena pertanian dan perkebnunan, yang paling khas adalah sajian kuliner Berkat Ndalem. Isinya itu ingkung ayam; ayam utuh yang dimasak buat selametan dengan pelengkapnya yatu nasi, tempe goreng, urap sayur, sambal goreng tempe, lalapan dan sambal. Makan deh dengan pemandangan sawah yang menghijau. Perfect!

Kalo daerah agan terkenalnya sama wisata kuliner apa? emoticon-Ultah

Sumur
0
18.8K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan