Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

travelnesiaAvatar border
TS
travelnesia
Danau Matano Ternyata Menyimpan Banyak Benda Purba


Pulau Sulawesi ternyata banyak menawarkan berbagai destinasi wisata yang rugi banget kalo nggak dikunjungi. Salah satunya di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Luwu Timur. Di sini, ada danau yang unik banget gan, yaitu Danau Matano.

Danau ini terbentuk dari ribuat mata air yang sebagian berada di bawah danau, jadi bukan aliran anak sungai gan. Kerennya, di musim kemarau danau ini nggak akan kekeringan. Selain itu, Danau Matano ini juga punya predikat danau terdalam se-Asia Tenggara dan urutan ke-8 di dunia dengan kedalaman 590 meter gan!

emoticon-Wow



Danau Matano ini juga dihuni berbagai macam fauna endemik, yang nggak akan dijumpai di danau lain. Salah satunya ikan Buttini yang disebut juga sebagai ikan purba.

Selain makhluk hidup penghuni danau, Danau Matano juga punya keunikan lainnya. Ternyata ada lubang gua yang di dalamnya ada peninggalan sejarah seperti tombak, parang dan alat rumah tangga lain yang terbuat dari besi kuningan.



Bukan hanya itu, berdasar penelitian dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional di tahun 2016, ada 3 titik sebaran lokasi tinggalan bawah air di danau ini. Ternyata di kedalaman 2-8 meter, bisa ditemukan berbagai material sisa hasil budaya dari masa lalu.

Di tahun 2017 ini, di sekitar Pantai Ide Danau Matano ditemukan tinggalan bawah air yang cukup padat. Misalnya fragmen tembikar yang merupakan temuan yang sangat dominan. Fragmen ini bahkan sangat mudah dilihat dari permukaan air, maupun dengan penyelaman dan menyingkap lapisan lumut di bagian dasar danau. Selain itu, ada juga lempengan besi tipis serta banyak bekas-bekas tiang berbahan kayu.





Untuk mengungkap sebenernya ini bekas kehidupan apa emang butuh waktu gan. Apa mungkin dulu pernah ada kehidupan di sekitar pantai Danau Matano dan kemudian tenggelam. Hal ini juga bisa jadi terkait dengan pintu-pintu air Danau Matano yang sekarang dikelola jadi sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air di kota kecil Sorowako.

Hal ini semakin membuktikan kalau Indonesia itu KAYA gan! Bangga jadi ORANG INDONESIA!
emoticon-I Love Indonesia

SumurSumber
0
33.9K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan