BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Puasa terlama dan tersingkat, Jakarta moderat

BERAGAM | Karena posisi geografis, durasi puasa di banyak negeri pun bisa panjang bisa pendek, tergantung iklim. Di belahan utara, Ramadan pada musim dingin bisa singkat.
Tahun lalu, Ramadan 2016, durasi puasa berlangsung lama di Reykjavik, Eslandia. Sejak sahur hingga buka waktu merambat hingga 21,38 jam. Sedangkan puasa tersingkat berlangsung di Auckland, Selandia Baru (11,16 jam).

Ramadan tahun ini durasi puasa terpanjang terjadi di Nuuk, Eslandia: 21,20 jam. Reykjavik menjadi nomor dua.

Sedangkan puasa terpendek harus dijalani di Buenos Aires, Argentina: 11,32 jam -- jarum jam tak sampai melewati posisi semula. Durasi sekian itu masih di bawah Jakarta yang 13,02 jam.

Negeri di belahan utara, seperti Eslandia, bisa berhari puasa lama karena posisi Matahari. Saat ini musim semi di sana, mentari menyembul hingga tenggelam berlangsung lebih lama.

Akan tetapi jika Ramadan jatuh pada Desember, dari sahur ke buka di negeri dekat Kutub Utara bisa lebih pendek. Pada 2000 misalnya, di Kiruna, Swedia, Abdulnasser Mohammed, asal Somalia, berpuasa lima jam (Al Jazeera, 8/7/2014).

Saat itu Abdulnasser memutuskan sendiri jam buka karena belum mendapatkan pedoman. Kini ia mengetuai wadah perhimpunan Islam di Kiruna.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/infogra...akarta-moderat

---

Baca juga dari kategori INFOGRAFIK :

- Cermatilah makanan dan minuman Ramadan

- Lansia hidup dari anak dan menantu

- Mudik gratis untuk motor, penunggangnya belum tentu

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
51.3K
267
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan