guritamerahAvatar border
TS
guritamerah
7 Inspirasi Bisnis Kuliner Saat Bulan Puasa
Nggak kerasa sebentar lagi udah mau masuk bulan puasa nih gan. Pastinya agan ngeh kalo dateng ke supermarket atau ke minimarket udah banyak tuh pajangan sirup, bahkan sampe biskuit lebaran udah ada padahal lebaran aja masih bulan depan ya gan.

Buat agan yang pengen cari rejeki lebih di bulan penuh berkah, nih ane mau sharing beberapa ide bisnis yang bisa agan coba nih!

1. Es Blewah



Buah blewah ini bentuknya dari luar kayak labu, tapi daging buahnya hampir mirip kayak buah melon oranye. Masuk bulan Ramadan, pasti blewah serut ini banyak dicari orang-orang buat jadi menu buka puasa. Cara mengolahnya juga gampang banget gan, campurin aja blewah yang udah diserut, es batu, dan susu kental manis. Untuk lebih berwarna, bisa tambahin sirup cocopandan di atasnya gan. Modalnya murah meriah dan pasti dicari orang-orang nih.

2. Es Kuwut khas Bali



Ini nih es kuwut khas Bali yang seger banget. Udah warnanya seger, rasanya juga nggak kalah seger. Terbuat dari bahan kelapa muda, buah melon, dan biji selasih, es kuwuh khas Bali ini bisa jadi minuman yang unik karena belum banyak yang jual nih gan. Apalagi modalnya juga nggak terlalu besar, jadi harga jualnya bisa jadi murah.

3. Es Cocktail Buah



Selain jadi menu buka puasa, es cocktail ini juga sering disajiin pas lebaran gan. Enaknya sih dibikin minimal 2 hari sebelum disajikan, jadi manis rasa buahnya sudah keluar dan tercipta rasa khas dari minuman ini. Rasanya lebih otentik gitu. Biasanya es cocktail buah ini isinya pepaya, nanas, labu siam, dan kolang kalin gan. Tinggal ditambahkan ai dan gula pasir serta citroen zuur, jadi deh cocktail buah. Selain sehat, minuman ini juga menyegarkan buat jadi menu buka puasa.

4. Sop Buah



Meski udah banyak banget yang jual sop buah, berarti bakal banyak permintaan nih. Apalagi sop buah ini isinya ada beberapa buah yang jadi favorit orang-orang. Sebut aja semangka, melon, buah naga, pepaya, anggur dan alpukat. Biar lebih berwarna, bisa ditambahkan cincau hitam dan susu kental manis gan.

5. Es Pisang Ijo



Es pisang ijo khas Makassar ini warnanya bikin kita nengok, ijo terang sama sirup cocopandan/ vanila merah. Saking populernya, es pisang ijo ini udah melanglang buana ke mancanegara loh. Jadi nggak ada salahnya agan coba buat jualan kan? Agan bisa pake pisang raja kuning yang manis dan legit sebagai isinya jadi nggak keras saat dikukus. Makanan ini terbuat dari adonan tepung yang diberi pewarna hijau dan dimasak hingga pekat dan kental. Adonan yang telah matang ini kemudian di isi dengan pisang, dibentuk lonjong dan kemudian dibungkus dengan daun dan dikukus hingga matang. Pisang ijo umumnya disantap dengan sejenis vla kental yang terbuat dari tepung beras, mirip dengan bubur sumsum hanya saja vla pisang hijau biasanya lebih nendang rasanya karena kaya akan kandungan santan. Dingin, manis, berlemak, legit dan mengenyangkan. Cocok buat buka puasa!

6. Teh Tarik



Ini dia minuman yang bikin ane kangen sama Malaysia. Teh tariknya tuh khas banget. Apalagi buka puasa bukan hanya yang dingin-dingin aja gan, minuman hangat juga bisa bikin kerongkongan hangat. Sebenernya teh tarik ini hanya teh dicampur dengan susu, tapi porsi teh dan susunya harus seimbang jadi nggak terlalu manis atau terlalu hambar. Cocok juga buat jadi minuman buka puasa, berbukalah dengan yang manis, iya kan? Apalagi kalo teh tarik dijadiin jualan saat buka puasa, bisa banget!

7. Es Cendol



Siapa yang nggak suka makan cendol? Apalagi dicendolin gan! Ijo-ijo yang asalnya dari tepung beras ini, disajiin sama es serut dan gula merah cair, nggak ketinggalan santennya gan. Lebih enak lagi kalo cendolnya dibuat pakai pewarna alami dari daun pandan gan. Es cendol alias es dawet ini paling cocok diminum siang-siang, tapi pas bulan puasa sih cocok banget pas buka puasa. Jangan lupa cendolin ane gan!

emoticon-Toast

Nah itu dia 7 menu minuman buka puasa yang bisa agan jadiin inspirasi bisnis di bulan Ramadan. Mulai masak dari jam 3 sore, sebelum maghrib udah bisa dihidangkan di etalase/ meja jualan. Mulai dari modal Rp 100ribuan, udah bisa buat meraup rezeki tambahan di bulan Ramadan nih gan!
emoticon-Recommended Seller
0
31.4K
187
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan