Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tribunnews.comAvatar border
TS
MOD
tribunnews.com
Penyebab Gejala Flu Tulang atau Chikungunya



TRIBUNNERS - Taukah Anda Apa Itu Flu Tulang atau Chikungunya? Bagi Yang Belum Tau Apa Itu Chikungunya atau Flu Tulang Akan Kami Jelaskan Apa Itu Chikungunya atau flu tulang.

Chikungunya sebenarnya hamir sama Sperti DBD atau Demam Berdarah Dengue yaitu sama2 disebebkan oleh virus yang ditularkan melalui Nyamuk Aedes, meskipun berbeda jenis nyamuk aedesnya.

Dan juga Gejalanya pun hampir sama, hanya saja kalau Flu Tulang Di sertai Dengan Nyeri Sendi. Biasanya Flu Tulang Di identikan Dengan Chikungunya.

Dimana Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit yang sering berkembang di daerah tertentu. Ketika salah satu orang di daerah tersebut sudah terkena flu tulang, maka penyebarannya akan menjadi lebih cepat.

Flu tulang disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh nyamuk. Orang yang terkena flu tulang akan merasa sangat sakit pada persendian. Kemudian penderita akan membungkuk atau meringkuk karena semua tulang akan sakit jika digerakkan.

Kondisi ini sebenarnya akan terjadi segera setelah nyamuk menggigit badan penderita.

Seperti yang dilansir dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) bahwa Chikungunya adalah virus ditularkan ke orang-orang oleh nyamuk. Dimana Gejala yang paling umum dari infeksi virus chikungunya adalah demam dan nyeri sendi.

Penyebab Flu Tulang atau Chikungunya

Penyebab Gejala dan Cara Mengobati Flu Tulang - Penyebab Chikungunya atau Flu tulang adalah virus yang disebarkan oleh nyamuk dari orang ke orang.

Ketika ada nyamuk yang mengggigit penderita maka virus akan berkembang dalam nyamuk. Kemudian nyamuk yang terinfeksi akan menggigit penderita lain yang kemudian menularkan flu tulang.

Beberapa orang yang terinfeksi virus chikungunya sering kali salah diagnosis terkena demam berdarah dengue. Dilansir Kompas, gejala DBD dan chikungunya atau flu tulang hampir sama, tapi nyamuk yang menularkan penyakit tersebut berbeda.

Meskipun sama-sama Nyamuk Aedes, tetapi jenis nyamuk Aedesnya berbeda.

Nyamuk yang menularkan virus DBD adalah Aedes Aegypty, yang ditemukan di 174 negara. Sedangkan nyamuk yang menyebarkan penyakit chikungunya atau flu tulang adalah Aedes Albopictus, yang ditemukan di 88 negara.

Menurut data, ada 68 negara yang memiliki kedua jenis nyamuk tersebut, dan Indonesia adalah salah satunya. Jadi Kemungkinan Besar Terserang DBD dan Chukungunya itu pasti.

Penyebab Gejala dan Cara Mengobati Flu Tulang - Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Chikungunya keduanya ditularkan oleh nyamuk jenis Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus.

Nyamuk Aedes menyukai air bersih untuk meletakan telurnya, yang berada di wilayah permukiman, baik di dalam maupun di luar rumah.

Di dalam rumah antara lain bak mandi, air pembuangan dispenser, ember atau baskom, dan tempat penyimpanan air lainnya. Adapun di luar rumah seperti talang air, ban bekas, tempat minum burung, kaleng atau botol bekas, pot bunga dan lainnya.

Nyamuk Aedes memiliki ciri khas belang putih, menghisap darah manusia pada siang hari dengan kepadatan tertinggi pagi hari pukul 08.00-10.00 dan sore hari 15.00-17.00, beristirahat di sekitar permukiman penduduk. Pada lingkungan permukiman jarak terbang nyamuk Aedes sekitar 50-100 m.

Gejala Flu Tulang atau Chikungunya

Penyebab Gejala dan Cara Mengobati Flu Tulang - Dikutip Dari CDC menjabarkan gejala dari penyakit chikungunya atau flu tulang, yaitu:
•    Kebanyakan orang yang terinveksi virus chikungunya akan menunjukkan gejala yang sama.
•    Gejalanya biasanya dimulai 3-7 hari setelah digigit nyamuk pembawa virus.
•    Gejala paling umum adalah demam dan nyeri sendi.
•    Gejala lain yaitu ruam, sakit kepala, nyeri otot, sendi bengkak.
•    Meski biasanya tidak menyebabkan kematian, gejalanya bisa sangat parah, bahkan melumpuhkan
•    Kebanyakan pasien merasa lebih baik dalam seminggu. Pada beberapa orang, nyeri sendi bisa terus terasa selama beberapa bulan.
•    Yang bisa menderita chikungunya atau flu tulang ialah bayi yang baru lahir, orang berusia di atas 65 tahun, dan orang-orang dengan kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit jantung.
•    Orang yang pernah terinfeksi akan terlindungi dari infeksi berikutnya nanti

Selain Gejala tersebut Gejala lainnya adalah:
•    Demam
•    Nyeri Sendi
•    Sakit Kepala
•    Sendi Bengkak
•    Tulang Sakit Saat Digerakkan
•    Ruam pada Kulit
•    Kram Otot
•    Mual
•    Muntah
•    Tubuh Sangat Lelah
•    Sakit Punggung

Tips Untuk Mencegah Flu Tulang Atau Chikungunya

Penyebab Gejala dan Cara Mengobati Flu Tulang - Berikut kami Berikan Tips Untuk Mencegah Flu Tulang Atau Chikungunya :
•    Membersihkan lingkungan tempat tinggal secara rutin agar tidak ada nyamuk penyebab flu tulang yang berkembang.
•    Melindungi rumah dengan obat nyamuk yang berbentuk krim atau obat nyamuk semprot.
•    Membuang atau mendaur ulang benda yang tidak terpakai dirumah terutama benda yang bisa menjadi tempat genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk. Sehingga tidak menjadi tempat genangan air lagi
•    Selalu menjaga agar rumah tidak disukai oleh nyamuk seperti rumah yang bersih, tidak banyak memiliki benda-benda yang digantung pada dinding dan berbagai perlengkapan yang sering disukai oleh nyamuk.
•    Biasakan tidur dengan jendela rumah atau kamar yang tertutup untuk menghindari agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah pada malam hari.
•    Gunakan pakaian berlengan panjang terutama yang berwarna cerah karena nyamuk tidak suka dengan pakaian terang dan lebih banyak suka dengan pakaian berwarna gelap seperti coklat dan hitam.
•    Menguaras Bak Mandi Secara Rutin dan jangan hanya membuang aurnya saja, tetapi harus benar-benar di bersihkan (Digosok / disikat)
•    Menuntup Tempat Penyimpanan Air.

Cara Mengatasi dan Mengobati Cikunyunya atu flu Tulang

Penyebab Gejala dan Cara Mengobati Flu Tulang - Adapun Cara Mengatasi dan Mengobatinya adalah :
1.    Jangan terlalu banyak bergerak dan lebih baik jika istirahat di tempat tidur
2.    Selalu minum air mineral untuk mengatasi dehidrasi agar tubuh tidak terlalu lemah
3.    Mengkonsumsi makanan yang lembut agar tubuh mendapatkan asupan kebutuhan nutrisi yang cukup
4.    Pemberian obat
5.    Setelah pulih maka bisa mencoba untuk bergerak lebih banyak mulai dari gerakan untuk sendi kaki, tangan dan bagian punggung.
Untuk Mencegah Dampak Terburuk dari Chikungunya maka pemeberian obat harus dilakukan.

Selengkapnya

Sumber : http://www.tribunnews.com/tribunners...au-chikungunya

---

Baca Juga :

- Hanura Serukan Anak Muda Peduli dengan Politik

- Kenneth: Membantu Tidak Boleh Membeda-bedakan Latar Belakang

- 5 Rutinitas Ini Ternyata Bisa Bantu Bayi Merasa Nyaman

0
1.9K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan