mbahberototAvatar border
TS
mbahberotot
5 Orang Paling Kaya di Indonesia dan Gimana Cara Jadi Kayak Mereka


Siapa sih yang gak mau jadi kaya?! Dengan jadi kaya, kamu bisa melakukan apa aja. Kalo ada yang bilang, uang gak bisa menjamin kebahagiaan. Bisa diperkirakan kalo orang tersebut gak ngerti caranya ngehabisin duitnya. Karena jelas, banyak uang juga banyak hal yang bisa dibeli, termasuk kesenangan.

Kali aja ente bisa ikut kecipratan. Yuk mari denger ceritanya, cekibrot....

1. Harry Tanoe - DO di SMA



Nah jadi ceritanya doi bandel banget nih pas SMA. Sakin kelakuannya gak beres, doi sampe drop out dan gak pernah punya ijazah sekolah. Bukannya menyerah, Hary Tanoe pun ikut ujian persamaan. Kemudian dia melanjutkan kuliah. Dan lalu jadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Moral Cerita:

Jangan terlalu baik pas SMA. Longgarkan sedikit dirimu. Tetapi, setelah gagal jangan lupa bangkit lagi. Bisa jadi kaya tuh? Ya belum tentu sih. Rezeki yang ngatur Tuhan.

2. Chairul Tandjung - Manfaatin Temen



Satu lagi nih taipan televisi yang mungkin bisa kamu teladanin. Bukan cuma pengusaha, CT sekarang juga menjadi menteri perekonomian. Jadi, bisa bayangin dong ya berapa banyak duit yang dia punya.

Semua cerita sukses ada kisah awalnya dong ya. CT dateng dari keluarga miskin, Bahkan untuk ngedaftar kuliah aja dia harus gadein kain kesayangan ibunya. Setelah itu, dia merasa bersalah (Nih penting ni, udah ngambil duit orang tua ingetlah kalo kamu itu sebenernya berutang dan harus ngebahagiain dia!).

Pada saat berkuliah, CT mulai berbisnis. Awalnya adalah usaha foto kopi. Jadi ceritanya saat kuliah, temen-temennya diwajibin untuk fotokopi buku dari dosen. Di deket kampus yang ada fotokopian harganya Rp 500. Kebetulan CT punya kenalan tempat foto kopi yang bisa murah banget yaitu seharga Rp 150. Karena dia cerdik bagaikan kancil nih, dia pun manfaatin temen-temennya dengan nawarin untuk ngefoto kopi dengan harga lebih murah yaitu Rp 300. Untung deh dia.

Total untung yang didapatkan adalah Rp 15.000 dari usaha pertamanya ini.

Mungkin CT nyimpen duitnya pertama kali ya.

Moral Cerita:

Temen-temen kamu terlalu pemalas untuk ke mini mart terdekat? Coba manfaatin! Air mineral harganya Rp 2.500 kamu jual aja seharga Rp 10.000. Bakal ada yang beli kok. Yakinlah.

Kalo kamu digebukin sama temen-temen jangan salahin ane ya.

3. Sandiaga Uno - Setelah di PHK, Memulai Bisnis Bersama Teman



Tak semua orang menyangka dirinya suatu hari bisa jadi pemimpin perusahaan besar dan jadi orang kaya. Keluarga Sandiaga Uno pun berpikir kalo anaknya cuma akan jadi pegawai perusahaan biasa. Sampai krisis moneter datang dan Sandi dengan terpaksa kena PHK.

Kekuatannya untuk survive membawanya bertemu teman SMAnya Rosan P. Roeslani dan mereka ngediriin Recapital Advisor pada tahun 97. Sejak itu, karir Sandiaga Uno menanjak. Pada tahun 2008, Sandi menjadi Entrepeneur of the Year pilihan Enterprise Asia. Sekarang, dia termasuk dari 40 orang terkaya di Indonesia.

Moral Cerita:

Dipecat bukan akhir segalanya! Bisa jadi justru sebuah awal dari petualangan baru yang berujung kesuksesan. Tinggalkan sekarang juga pekerjaanmu, mungkin nasibmu berada di tempat lain. Tapi, sebelum meniru kisah sukses Sandiaga Uno harap diingat ya kalo dia dpt Summa Cumlaude di Amerika Serikat. Kalo kamu kuliah aja males, jangan ditiru.

4. Eka Tjipta Widjaja - Jualan Kecil-kecilan



Siapa bilang kamu harus datang dari keluarga kaya untuk bisa jadi kaya? Siapa bilang kamu harus jadi super pintar agar banyak uang? Eka Tjipta Widjaya membantah semuanya dan membuktikan dengan usaha yang kuat kamu bisa jadi orang hebat.

Tahu ITC atau BSD City? Nah kepunyaan bapak ini tuh. Belum lagi perusahaan lain yang banyak banget sampe-sampe dia jadi orang kedua terkaya di Indonesia. Gak habis-habis lah duitnya. Berawal dari jualan eceran gula dan biskuit. Di umur yang muda (yaitu 15 tahun) Eka Tjipta Widjaya mengasah bakatnya.

Barulah pada tahun 1980, dia menseriusi bisnisnya dan hingga kini menguasai Indonesia.

Moral Cerita:

Jangan malu jualan eceran. Ingat, gaya-gayaan hanya ngabisin duit. Gak ada satu juta tanpa seribu rupiah. Sekecil apapun untungnya harus kamu syukuri. Habis itu jangan lupa gedein tapi.

5. Hartono Bersaudara - Bangkit Setelah Pabrik Terbakar



Kesusahan jangan pernah membuatmu tenggelam dalam kesedihan. Contohlah Hartono Bersaudara yang setelah pabrik rokok milik bapaknya terbakar bukannya hancur malah jauh lebih kuat.

Setelah pabrik pengolahan rokok habis dan usaha rokok sangat terpuruk, Hartono Bersaudara berusaha mengembalikan kejayaan keluarganya. Salah satu strateginya adalah menjual rokok khas Indonesia ke luar negeri.

Usaha mereka pun berhasil dan sekarang mereka berdua menguasai banyak perusahaan dan tak melulu menjual rokok. Sekarang menurut Forbes, Hartono Bersaudara adalah orang terkaya di Indonesia.

Moral Cerita:

Tetap fokus apa yang bisa dibuat. Jangan gampang menyerah. Jualan ke tempat dimana pesaing kamu dikit. Oke? Gak usah yang jauh-jauh ya. Lihat diri sendiri apa yang bisa dijual.


Quote:


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Diubah oleh mbahberotot 20-02-2017 07:37
0
9.2K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan