bamswhyAvatar border
TS
bamswhy
Kupu-Kupu langka separuh jantan, separuh betina
Perbedaan tampilan antara spesies jantan dan betina disebut dimorfisme seksual. Istilah itu mengimplikasikan bahwa ada garis pemisah antara jenis kelamin. Tetapi, di kerajaan satwa, banyak yang melampaui batas itu.

Alam dipenuhi hermafrodit, satwa yang dari luar mungkin terlihat seperti pejantan atau betina, tetapi memiliki organ reproduktif keduanya. Sepupu mereka yang lebih jarang ditemukan adalah gynandromorph, satwa dengan campuran ciri jantan dan betina.

Quote:

Hal yang lebih jarang lagi adalah gynandromorphbilateral, satwa separuh jantan dan separuh betina, terbelah di tengah. Fenomena ini pernah terdokumentasikan pada burung, krustasea dan kupu-kupu.
Quote:


Eastern Tiger Swallowtailmerupakan salah satu jenis kupu-kupu dengan kondisi langka tersebut. Eastern Tiger Swallowtail memiliki organ reproduksi jantan dan betina yang terbelah di tengah. Ciri jantan dan betina pada Eastern Tiger Swallowtail terlihat dari perbedaan warna sayap. Sisi kuning sebagai pejantan dan sisi gelap sebagai betina.
Studi yang dilakukan pada tahun 80-an menjelaskan tentang tim peneliti yang mengembangbiakkan hampir 30.000 kupu-kupu. Namun hanya lima gynandromorphbilateral yang berhasil ditemukan. Akhirnya, pada tahun 2011 tim dari Universitas Nevada menemukan kembali empat kupu-kupu gynandromorphbilateral.
Meskipun dicoba beberapa kali oleh para peneliti, Gynandromorphbilateral selalu gagal bertelur karena ketidakteraturan sistem reproduksinya. Hal ini menjadikan Eastern Tiger Swallowtail sebagai spesies kupu-kupu langka yang super cantik.
Eastern Tiger Swallowtail hidup di wilayah hutan, taman, dan daerah pinggiran di separuh timur Amerika Serikat dan sebagian Kanada.





Quote:



Quote:


Spoiler for Sumber Berita dan Gambar:
Diubah oleh bamswhy 08-02-2017 16:42
0
13.3K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan