andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Pesan Tempat 2 Bulan Dimuka untuk Makan di Restoran Penjara, InGalera

finedininglovers.com


Biasanya makanan penjara jauh dari kata mewah. Namun di penjara Italia ada restoran populer berkonsep fine dining yang belum pernah ada. Bahkan tempat di restoran sudah dipesan dua bulan dimuka!

InGalera berarti "Dalam Penjara" dalam bahasa slang Italia. Nama ini dipakai untuk restoran dalam penjara Italia pertama yang buka bagi publik. Berdiri Oktober lalu, lokasi Ristorante InGalera berada di penjara Bollate, pinggiran Milan.

Laporan NBC News(07/04) menyebut restoran dibangun di bekas asrama sipir penjara. Awal keberadaannya dimaksudkan untuk mengajarkan keterampilan katering pada beberapa orang diantara 1.200 narapidana yang cocok. Agar dapat meningkatkan peluang mereka mencari kerja setelah masa hukuman usai.
Spoiler for :

"Kami memilih narapidana yang menjalani hukuman panjang untuk semua jenis kejahatan. Termasuk perampokan dan pembunuhan. Satu-satunya yang tidak bisa bekerja di sini adalah afiliasi mafia," ujar Silvia Polleri, kepala LSM yang membantu menyiapkan restoran, kepada NBC News.

Menurut Silvia, katering adalah pekerjaan sempurna untuk merehabilitasi mantan pelaku kriminal.

"Ini mengajarkan mereka bagaimana memperhatikan aturan, karena ada begitu banyak (aturan) saat bekerja di restoran. Mulai dari mendengarkan perintah chef sampai menyapa para tamu. Ini benar-benar sebuah cara indah untuk belajar bagaimana masuk ke dalam masyarakat," jelas Silvia.

Sembilan narapidana terpilih ditempatkan sebagai pramusaji, pencuci piring dan juru masak di restoran. Sementara maître d’ dan kepala chef, Ivan Manzo, adalah profesional terlatih, sebut Fine Dining Lovers. Para narapidana meminta hanya nama depan yang digunakan di restoran dan menolak menyebut kasus kriminalnya.

Narapidana mengaku pekerjaan di InGalera memberi harapan baru. Seperti yang dirasakan Said, narapidana kelahiran Moroko yang sudah berada 5 tahun di penjara itu.
Spoiler for :

"Ini sangat penting bagi saya punya pekerjaan sebagai pelayan profesional dan belajar dari orang-orang yang berpengalaman di bidang ini. Saya menyukai pekerjaan ini, dan ingin melanjutkannya setelah saya keluar. Mungkin saya akan membuka sebuah restoran setingkat ini di Marrakesh, siapa tahu!," ungkap Said.

Restoran pun terbukti sangat sukses menarik pelanggan sampai jadi tempat makan paling banyak dibicarakan di kota itu. Kabarnya konsumen kini sampai melakukan reservasi dua bulan lebih awal dari kedatangan.

InGalera menawarkan pilihan hidangan terbaik. Termasuk sajian ragu ayam dan kelinci, tagliolini tinta cumi, dan pipi sapi muda yang dipuji kritikus makanan terkemuka Italia. Untuk minuman, tersedia deretan wine terbaik.
Spoiler for :

Di InGalera ada pengaturan meja yang rapi, taplak meja putih, pemakaian alat makan perak dan wine chalice. Ciri khas dari pengalaman santap kelas atas.

Meski begitu, harga makanan lebih masuk akal dibanding restoran dengan tingkat layanan dan hidangan serupa di Milan. Seorang kritikus makanan Italia, Valerio Massimo Visintin, sampai berkomentar: "Anda harus pergi ke penjara untuk menemukan harga yang jujur."
Spoiler for :

Selain makanan enak, InGalera juga mengubah citra restoran di penjara. Berkat keterlibatan arsitek Augusta Comi dan merek desain utama Italia, interior InGalera tak kalah dengan restoran glamor lainnya di kota mode Italia. Restoran berpenampilan modern ini juga diberi sentuhan ironis dengan dekorasi poster dari film bertema penjara terkenal.

Disamping InGalera, restoran penjara berkonsep mewah sudah lebih dulu buka di Inggris. The Clink Charitymelahirkan banyak restoran dengan staf narapidana yang populer dua tahun lalu. Termasuk Clink Cymru di depan penjara Her Majesty's Prison (HMP) Service Cardiff di Wales.


Baca juga:



Diubah oleh andrianusho 30-01-2017 12:22
0
22.8K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan