satryoerickAvatar border
TS
satryoerick
5 SOTO KHAS DARI INDONESIA YANG PAS DINIKMATI SAAT MUSIM HUJAN
5 SOTO KHAS DARI INDONESIA YANG PAS DINIKMATI SAAT MUSIM HUJAN




Musim hujan, satu-satunya musim di Indonesia dimana kita bisa merasa sejuk selama beberapa saat dari panasnya cuaca di Indonesia. Di cuaca yang menjadi lebih dingin, makanan-makanan yang hangat seringkali jadi pilhan yang tepat dikala kita stucksaat hujan. Banyak pilihan makanan hangat yang pas yang bisa dinikmati saat hujan, contohnya mie rebus, soto, bakso, atau bahkan sekedar teh atau kopi hangat.

Dari semua makanan tersebut, mungkin yang paling gurih menurut saya untuk dinikmati hangat-hangat saat hujan yaitu Soto. Berbicara mengenai soto, banyak soto yang gurih dan nikmat yang berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia. Antara satu daerah dengan daerah lainnya pasti memiliki cita rasa dan kelezatan tersendiri. Mulai dari bahan-bahan rempah yang digunakan sampai taburan daging yang digunakan dapat menimbulkan sensasi gurih tersendiri. Dan satu hal yang pasti, soto dapat menjadi teman penghangat kalian saat hujan turun dan tak kunjung reda. So,langsung aja kita cek 7 Soto Khas Dari Indonesia Yang Pas Dinikmati Saat Musim Hujan!

1. Soto Betawi

Soto Betawi adalah salah satu kuliner tradisional Betawi yang terkenal di ibukota Jakarta dan juga Indonesia. Soto yang satu ini sangat unik dan berbeda dengan soto di Indonesia yang kebanyakan hanya menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Soto Betawi ini selain menggunakan daging sapi juga menggunakan bagian lain seperti jeroan, torpedo, dan beberapa bagian lainya. Selain bahan utamanyan yang unik, Soto Betawi ini juga menggunakan susu dan santan pada kuahnya yang membuat kuah soto ini terasa gurih dan nikmat.

Pada proses pembuatannya, bahan utama yang di gunakan berupa daging, jeroan dan beberpa organ lain sesuai dengan selera kita. Daging dan jeroan tersebut di rebus secara terpisah, karena kaldu yang di gunakan untuk santan biasanya kaldu rebusan daging. Setelah bahan tersebut matang maka di potong kecil kecil. Untuk membuat kuahnya, bumbu yang di gunakan adalah cabai, bawang merah, bawang putih, merica, jahe, jintan, cengkeh, dan garam. Bumbu tersebut di haluskan dan di tumis bersama daun salam dan batang serai hingga matang dan wangi. Setelah itu bumbu tersebut di masukan kedalam air kaldu bersama dengan daging dan jeroan tadi, tidak lupa air susu dan santan yang di aduk sampai matang.

Dalam proses penyajiannya, Soto Betawi biasanya di sajikan ke dalam mangkuk dengan beberapa bahan tambahan seperti, bawang goreng, irisan tomat, irisan daun bawang dan daun seledri. Soto Betawi ini biasanya di hidangkan bersama nasi, sambal, acar, minyak samin, jeruk nipis dan emping. Bagi anda yang tidak suka dengan jeroan, anda bisa memesan Soto Betawi daging sapi saja. Untuk menikmatinya tentunya bisa di sesuaikan dengan selera kita masing – masing namun tidak mengurangi cita rasa asli dari Soto Betawi tersebut .

2. Soto Banjar

Soto Banjar adalah salah satu masakan tradisional dari Kalimantan selatan, kususnya Banjarmasin. Soto Banjar merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Indonesia. Berbeda dengan soto lainnya di Indonesia, soto ini memiliki keunikan dalam penyajian dan cita rasanya.

Soto Banjar ini menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Bumbu yang di haluskan berupa bawang merah, bawang putih, merica. Bumbu rempah yang di gunakan berupa kapulaga, cengkeh, kayu manis dan pala. Pada proses pembuatannya, ayam di rebus bersama garam, daun salam dan jahe hingga empuk. Setelah ayam empuk lalu di angkat, kemudian bumbu yang di haluskan dan bumbu rempah tadi di tumis hingga harum kemudian di masukan kedalam air kaldu. Campuran bumbu yang di tumis dan kaldu ayam tadi akan memberikan aroma dan cita rasa yang sedap pada kuah Soto Banjar.

Soto Banjar berbeda dengan soto di Indonesia pada umumnya. Berbagai bahan pelengkap yang di gunakan seperti mie soun, ketupat yang di potong kecil, irisan telur rebus, perkedel kentang, daun bawang dan batang seledri. Pada proses penyajiannya, ayam yang sudah di matang tadi disuwir – suwir. Kemudian mie soun, perkedel kentang dan ketupat tadi di siapkan kedalam mangkok bersama ayam yang di suwir tadi. Tidak lupa taburkan irisan batang seledri dan daun bawang. Kemudian bahan yang sudah di masukan kedalam mangkok tersebut di siram dengan kuah. Untuk menabah cita rasa, kita bisa menggunakan jeruk nipis, bawang goreng, sambal dan kecap manis.

Cita rasa dari Soto Banjar ini memang unik. Rasa gurih dari kaldu dan bumbu yang menyatu dalam kuah soto memberikan cita rasa yang kuat pada Soto Banjar ini. Selain itu perpaduan bahan pelengkap yang bermacam - macam tadi membuat sensasi yang berbeda saat menyantapnya. Menu satu ini sangat nikmat ketika di santap saat siang hari yang panas, di temani dengan kerupuk dan teh manis membuat makan siang anda lebih nikmat.

3. Soto Lamongan

Soto Lamongan adalah sajian makanan soto ayam yang khas dari Lamongan, Jawa Timur. Soto yang satu ini sangat khas dan berbeda dengan soto lainnya, baik dari segi penyajian maupun rasanya. Soto Lamongan merupakan salah satu makanan tradisional dari Lamongan yang sangat terkenal kelezatannya. Tidak hanya di daerahnya sendiri, namun juga merupakan masakan yang sangat terkenal di indonesia.

Soto Lamongan ini sedikit berbeda dengan soto lainnya. Salah satu ciri khas dari Soto Lamongan ini terletak pada serbuk krupuk udangnya yang sering disebut koya. Apabila serbuk koya tersebut di campurkan dengan kuahnya maka akan menghasilkan rasa gurih yang khas pada Soto Lamongan ini. selain rasanya nikmat, aroma Soto Lamongan ini juga sangat menggugah selera.

Proses pembuatan Soto Lamongan ini hampir sama dengan soto pada umumnya. Namun daging ayam yang digunakan adalah daging ayam kampung pilihan, sehingga menghasilkan rasa ayam yang gurih dan empuk. Untuk kuah dari Soto Lamongan ini dibuat dari bumbu khusus dengan aneka rempah yang membuat rasa kuahnya sangat kuat. Selain itu kuahnya juga menggunakan kaldu ayam asli sebagai penyedap rasa.

Dalam penyajiannya, Soto Lamongan ini disajikan dengan nasi dan bahan tambahan lainnya seperti suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun dan irisan telur ayam dalam satu mangkuk. Kemudian di siram dengan kuah soto dan ditamburkan Poya dan bawang goreng. Selain itu ada juga yang menambahkan seperti ceker ayam, kulit ayam, sayap ayam dan kentang goreng sebagai pelengkap. Untuk penambah rasa Soto Lamongan ini bisa di tambahkan seperti sambal, jeruk nipis dan kecap.

Soto Lamongan memiliki cita rasa yang gurih dan kuah yang bening dengan rasa ayam yang sangat terasa sehingga menjadi keistimewaan tersendiri pada Soto Lamongan ini. Tidak lupa juga campuran serbuk Poya yang menjadikan Soto Lamongan ini semakin terasa kelezatannya. Selain itu didukung dengan isi soto seperti suwiran daging ayam, daun bawang, telur dan bahan lainnya membuat Soto Lamongan ini sangat kaya akan rasa.

4. Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor merupakan campuran dari daging sapi, kikil, usus, urat, babat, risol, kentang atau lobak rebus, mi kuning, tomat, serta kol, yang dipadu dengan kuah, lalu ditaburi dengan daun bawang dan seledri. Semakin komplet dengan tambahan emping melinjo.

Berbeda dengan kuah soto pada umumnya, yang bening atau pakai santan, kuah Soto Mie Bogor terlihat berwarna kemerahan yang timbul dari campuran cabai merah dalam bumbunya. Rasanya semakin pedas menggigit karena disajikan dengan sambal yang merupakan campuran cabai rawit dan cuka, serta potongan jeruk limau untuk menambah kesegaran rasanya.

5. Soto Gerabah

Jika Anda sedang berada di Solo dan ingin menikmati bersantap sambil mengenang masa lalu dengan cita rasa kesederhanaannya, Anda dapat mencoba Soto Gerabah. Soto ini disebut sebagai soto gerabah karena disajikan di dalam sebuah mangkuk yang terbuat dari gerabah. Selain mangkuknya yang tradisional, soto gerabah juga memberikan sentuhan tradisional pada sendoknya. Sendok yang dipergunakan bukanlah sendok besi tetapi sendok yang terbuat dari sendok yang dibuat dari kreasi batok kelapa.

Cita rasa tradisional ini langsung dapat Anda temukan ketika Anda melihat rumah makan yang dindingnya terbuat dari bambu dan atapnya dari jerami. Alunan musik gamelan yang menyambut Anda ketika memasuki rumah makan ini, menambah suasana tradisional terasa semakin kental. Kesederhanaan semakin terasa dengan adanya pikulan yang dijadikan sebagai tempat meletakkan kuah soto dan meraciknya. Di belakang pikulan, terdapat deretan gerabah yang disusun rapi di atas rak kayu. Ternyata kehadiran semua barang tradisional ini memang suatu hal yang disengaja oleh sang pemilik. Alasannya, selain untuk melestarikan budaya Jawa, penggunaan barang-barang ini pun dapat membantu para pedagang gerabah yang sekarang semakin terpinggirkan oleh barang-barang modern yang tampil lebih cantik. Namun, sang pemilik juga mempunai alasan kuat untuk menggunakan gerabah, yaitu karena gerabah tidak menggunakan pewarna sehingga aman bagi kesehatan.

Ketika semangkuk soto gerabah datang, Anda akan langsung menikmati aroma yang membuat perut Anda tidak berdaya. Aromanya sangat segar, dengan kuah bening yang ditaburi dengan bawang putih. Ketika Anda mulai mencicipinya, Anda akan semakin merasa ketagihan untuk menikmati sendokan kedua, ketiga, dan seterusnya. Anda dapat menikmati soto dengan ditemani aneka lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, sate telur, keripik paru, dan masih banyak lagi. Jika Anda memesan teh, Anda juga akan menikmati cita rasa teh yang segar karena dalam segelas teh, yang juga tersaji dalam gelas gerabah, Anda akan menjumpai sebatang sereh yang digunakan untuk mengaduk teh. Tersedia juga aneka minuman tradisional lainnya, seperti beras kencur, kunir asam, dan lain-lain.

Mengapa saya memilih soto sebagai makanan yang pas dinimati saat hujan?
Karena soto itu gurih, dan sangat pas saat dinikmati dengan kuah panas
Terlebih lagi saat situasi hujan
Selain itu variannya juga banyak
Just my opinion
Jadi kamu pernah mncoba soto yang mana? atau ada soto yang lain yang lebih enak?
Jangan lupa share ya!
emoticon-Big Grin



Sumber:
http://www.negerikuindonesia.com/201...al-betawi.html
http://www.negerikuindonesia.com/201...adisional.html
http://www.negerikuindonesia.com/201...onal-dari.html
https://www.indonesiakaya.com/jelaja...soto-mie-bogor
http://kuliner.panduanwisata.id/indo...mbantu-sesama/
Diubah oleh Kaskus Support 03 24-05-2017 11:01
0
34.9K
315
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan