meyanie21Avatar border
TS
meyanie21
Terungkap! Ternyata Makanan Terasa Lebih Enak Kalo Hidup Lagi Susah
Lagi pusing mikirin tugas skripsi, paling enak makan mi rebus di warkop..
Baru putus cinta, yang paling ngertiin cuma puluhan batang cokelat..
Lagi galau pas ujan-ujan, paling enak nyuap martabak manis, dengan lelehan mentega dan keju di atasnya..


Ternyata, bukan cuma kita doang yang nyari pelampiasan ke makanan penuh kalori, orang-orang di seluruh dunia juga ngerasain hal yang sama!



Jadi menurut jasa delivery makanan Seamles di Amerika Serikat, jumlah pesanan mereka itu meningkat tajam waktu mahasiswa lagi UAS. Waktu debat kepresidenan belum lama ini, ternyata makanan-makanan kayak ayam goreng dan makaroni keju jadi makanan yang paling banyak dicari konsumen. Sama kayak di Indonesia, kalo lagi jamannya UAS/ UTS, selain perpus yang penuh, indomi warkop sm roti bakar bakalan laku keras malem-malem.

Ternyata menurut American Journal of Clinical Nutrition, orang-orang yang lagi stress itu bakalan lebih susah ngontrol pola makannyadibanding yang lagi normal-normal aja.



Meskipun belum bisa jelasin sepenuhnya kenapa orang lagi stress makannya banyak, ternyata ada 2 teori yang bertentangan menurut Clifford Sagil, ahli neurologi di Providence Saint John Health Center, California.

Teori pertama, hal ini berhubungan dengan otak manusia dan hormon yang mengaturnya. Kalo lagi ngemik, otak akan ngeluarin endorfin dalam jumlah besar jadi kita ngerasa nyaman. Jadi kalo lagi stress, efek endorfin ini bakalan berkurang drastis. Makanya sensasi makan enak bakalan semakin terasa deh.

Teori yang keduaberhubungan dengan kelenjar adrenal, biasa ditemuin di ginjal manusia. Jadi stress itu bisa memicu kelenjar ini buat ngeluarin hormon adrenalin yang bikin kita lapar.

Emang sih nggak semua orang itu makan kalo lagi stres, tapi kayak ada hubungan gitu antara makan dengan perasaan tenang. Jadi makanan itu semacam alat buat ngeredain perasaan yang nggak enak karena sensasi kenyang itu juga bersifat menenangkan.



Selain itu, penjelasan lanjutan menurut Cornell Food and Brand Lab, motivasi utama orang buat makan kalo lagi stres itudistraksi, bukan perasaan tenang. Jadi orang cenderung milih ngemil buat ngalihin pikiran dia dari rasa stres itu. Jadi yang menarik adalah aktivitas makannya, bukan makanannya.

Kalo emang lagi stres dan pengen banyak, para peneliti menyarankan buat makan makanan yang lebih sehat dan teksturnya renyah kayak apel, kacang, paprika atau timun. Jadi waktu ngunyah makanan yang bertekstur renyah akan ada bunyinya kan, nah itu dia yang bikin orang ngerasa lebih baik.



Meskipun makan itu hanya satu aktivitas distraksi waktu lagi stres, ternyata ada banyak hal yang bisa dilakuin. Contohnya nelpon temen dan cerita alias curhat atau bersihin kamar aja, berantakannya kan ilan, siapa tau stresnya juga ilang gan. emoticon-Wkwkwk

Sumber: Vice
0
36.6K
236
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan