Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vnpontohAvatar border
TS
vnpontoh
Hal-Hal yang Wajib Diketahui Buat Solo Traveler Baru
nah gan ketemu lagi ama gue ni gue mau bahas ni hal hal yang wajib elu tahu buat elu solo traveler yuk mulus

Panik. Takut. Semangat. Deg-degan. Ini memang beberapa hal yang akan elu rasakan kalau akan pergi jalan - jalan sendiri atau solo travel. Traveling sendiri pertama kali akan membuat elu merasakan semua rasa yang enggak enak dan kamu harap ini hilang seketika. Pikiran elu akan mulai kemana - kemana, kata "tetapi / jika" bakal mencoba menghalangi elu menjalankan misi elu. kagak akan ada orang yang memberi tahu mengenai perasaan ini. Hingga kamu harus berhadapan langsung dengan tiket pesawat dan tas backpack yang sudah siap untuk pergi. Jadi, setelah sibuk mencari informasi online/ offline, baca buku travel, sering bertanya sama temen yang pernah ke negara tersebut, dan akhirnya percaya kalau informasi yang kita dapat sudah cukup. Akhirnya..inilah yang perlu elu lakukan gan yukz



1. Cek semua akun sosial media dan blog yang ada.
Buat agan agan cari semua info gak hanya dari website formal, nah coba cek blog lokal dan akun sosial media mereka gan. Terkadang elu bakal menemukan hidden gem / hal unik yang gak bakal ditemukan di tempat lain. Selain, itu terkadang situs pemerintah tidak se-update blog – blog yang ada gan kurdet lah. Umumnya tiap blog ada kontak mereka — blogger – blogger ini juga mau kenalan dengan elu-elu loh.. gan Jadi, jangan malu ntar elu kesesat dijalan! coba email atau hubungi mereka dan tanya saran terbaik tentang daerah yang ingin elu kunjungi biar elu agak ngeh sama tempat yg mau elu samperin gan.


2. Jangan malu. Udah..langsung kenalan saja.
Halo..boleh kenalan?
Kalimat ini mudah banget gan tapi sangat sulit dilakukan kek ada yang mengganjal. Hal yang pasti terjadi sebelum elu mulai bilang "Halo " akan ada banyak skenario berputar di kepala elu. Ayo lupakan itu segera! ingat, semua orang disana -terutama solo traveler lainnya – juga mencoba mencari teman. Jangan takut gan untuk memulai duluan dan memperkenalkan diri. Elu bakal menyadari hal kecil ini akan memberikan banyak hal seru dan tak terduga di petualangan elu gan jadi jangan malu gan.


3. Bawa barang yang ringkas
Ini adalah beberapa hal yang tidak akan bisa elu tinggalkan gan saat bepergian. Pada awalnya elu bakal sangat senang semua barang ini masuk di tas elu. Tetapi, pada akhirnya elu bakal menyesal perlu membawa ini di pundakmu kemana – mana kamu pergi capek sendiri elu gan. Untuk menghindari membawa semua barang yang tidak penting ini, coba kemas isi tas-lu dengan ringkas gan biar lu gak ribet. Cek informasi dulu cara men-pack tas backpack yang benar biar ringkas bener gan. Informasi cuaca, harga, akses listrik – ini penting karena colokan listrik Indonesia tidak sama dengan negara lain gan cash kadang sejam 2000 gak mau rugi dah haha. Bila elu sudah mendapatkan semua informasi terpenting, mulai packing dengan ringkas. Hanya bawa barang yang penting gan jangan yang gak penting agar selamat dan aman di negara itu. Tinggalin barang yang berat dan gak jelas kegunaanya buat apa nantinya malah elu yang kesiksa gan.


4. Bawa Notebook dan Bolpen. Mulai tulis manual lagi semua hal seru dari perjalananlu
Siapa sih yang gak pernah pakai ini keknya jarang deh?


Memang disaat gadget memudahkan kita komunikasi dan chat bareng temen kita. Rasanya aneh banget kalau mulai pake notebook lagi. Malah mungkin karena sudah lamanya kita tidak tulis tangan rasanya hampir punah nulis manual gan, akan kaget dengan tulisan kita yang mendadak jadi jelek banget gimana gak kaget gan orang kagak tau nulis .
Kemudahan untuk langsung menyimpan informasi lewat hp / ipad memang tidak tergantikan tiada 2 nya dah. Tetapi, coba ingat bila tiba – tiba gadget kamu mati baterainya atau rusak bijimane tuh. Nah, bingung bukan. Namun, bila elu selalu membawa notebook kamu tidak akan kesulitan mencatat ide seru yang datang gan, gambar saat elu sedang bosan, atau buku itu cukup menjadi jurnal atau diary perjalanan elu biar perjalanan elu tersimpan didalam notebook elu.


5. Go with the flow!
Selalu mengikuti jadwal kemanapun pergi memang ok untuk beberapa orang si gan. Tetapi ini bisa menyusahkan kita juga loh gan.Kagak percaya coba elu pikir bahwa yang paling penting bukanlah banyaknya tempat yang elu kunjungi tetapi pengalaman dan momen yang kamu dapatkan saat mengunjungi satu tempat. Saat kite tidak fleksibel ini bisa berdampak negatif pada kite karena kite menutup semua kemungkinan hal seru yang terjadi (nah gan seperti ada festival seru di kota tersebut!) Coba elu masukin waktu luang di rencanamu dan dijamin banyak hal – hal unik,aneh, dan keren banget yang terjadi diperjalanan elu gan.


6. Ayok Berani! Coba semua hal baru.
Lets Jump!

Rasa takut memang selalu ada saat traveling sendiri gan. Ini saatnya elu hilangin pikiran aneh dan ketakutan ini dan jadilah berani gan. Pasti ada kan rasa penasaran gimana bungee jumping atau coba makanan paling eksotis nan extream di negara itu. Walaupun saat mencoba ada kemungkinan akan menyesal, tapi elu tidak akan menyesal bahwa elu bisa mengalahkan rasa takut yang ada di pertama kalinya dan elu sampe rumah bisa tuh gan ceritain hal baru tadi di temen lu.


7. Simpan Semua kontak mereka.
Orang – orang yang elu temui saat jalan – jalan akan menjadi temanlu selamanya gan. Biasanya interaksi antara kalian tidak akan lama. Lah, elu mak lost kontakau melanjutkan pergi ke kota lain atau balik ke negara-lu pasti langsung lost contact. Jadi, pastikan elu menyimpan semua kontak mereka. Simpan email atau paling tidak akun sosial media mereka. Elu pasti mau melakukan ini. Terutama elu tidak tahu kapan bisa bertemu mereka lagi. Alih – alih bisa mengunjungi negara mereka dan party bareng lagi kan asik tu gan kan.


8. Berperilaku baik. Tapi jangan kebaikan sampai kamu bisa dibohongi.
Elu bisa jadi orang baik gan. Tentu saja semua orang pasti baik. Buat teman baru yang seru untuk party bareng. Namun, elu harus ingat dimana kamu berada. Yaitu di negara baru dimana elu tidak mengerti norma dan kebiasaan di kota itu. Walaupun elu berusaha membuka diri tetapi jangan sampai elu terlena dan menurunkan barrierlu. Di semua negara, paling kerenpun seperti di benua Eropa tetap akan ada yang namanya pencuri, jambret, atau semacamnya. pastikan semua dokumen, uang, dan paspor aman elu simpan jadi gan elu jangan baik baik sama orang yang elu kenal gan nanti elu dikibulin dah.


9. Fotokopi semua dokumen yang dibawa.
Beberapa negara umumnya mau menerima hasil reservasi kamu via HP gan. Tetapi, tidak semuanya begitu. Umumnya mereka mau kita print dokumen tersebut. Hal lain yang musti elu ingat adalah memiliki semua fotocopy dokumen penting elu: pasport, kartu kredit, print reservasi hotel, jadi saat dokumen ini apes dicuri elu masih punya fotokopinya atntisipasi gan. Ingat saat keadaan darurat seperti ini akan sangat memudahkan hiduplu saat lapor polisi.


10. Kamu tidak sendiri. Teman baru memang seru banget!
Traveling itu sangat seru sekale gan, menegangkan, dan wow banget dah. Ada banyak komunitas atau solo traveler yang ingin bertemu dengan elu, untuk memberikan tips atau saran, dan membantu saat elu kesulitan. Traveling sendiri terkadang bisa terasa menakutkan tapi elu perlu tahu bahwa banyak yang kayaklu diluar sana. Pergi dan menjelajahi kota baru akan sangat menyeramkan tapi ini perasaan yang sangat normal. Ingat, saat elu balik dari jalan – jalan elu bakal punya banyak cerita, momen seru dan bahagia, dan cerita yang mau elu pamerkan ke teman dan keluargalu.


nah gan itu hal hal yang wajib elu lakuin gan saat solo traveler jadi sekian dari gue gan sealamat pagi
0
1.9K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan