EntrepreneureAvatar border
TS
Entrepreneure
11 Jembatan Paling Ikonik di Dunia & Indonesia
Dewasa ini, temuan manusia di bidang arsitektural memungkinkan pembangunan jembatan yang unik dan ikonik.

Jembatan, selain sebagai infrastruktur transportasi, juga memiliki banyak fungsi. Misalnya untuk landmark dan identitas kota, memperindah satu wilayah hingga sebagai tempat hangout.

Berikut ini 11 jembatan dari seantero dunia, termasuk juga dari Indonesia yang melekat dalam ingatan alias memorable.



Pertama, Golden Gate, San Fransisco/AS



Bisa dibilang, Golden Gate adalah jembatan pling tersohor di dunia. Jembatan ini dianggap sebagai salah satu prestasi rekayasa konstruksi abad ke-20. Golden Gate Bridge di San Francisco menerima sekitar 10 juta pengunjung setiap tahun sejak dibuka pada tahun 1937.


Kedua, Glass Bridge Zhangjiajie, China



Inilah jembatan dengan lantai kaca tertinggi dan terpanjang di dunia. Menghubungkan dua tebing gunung yang dikenal sebagai pegunungan Avatar tempat lokasi pengambilan gambar film Avatar di provinsi Zhangjiajie, Hunan. Jembatan ini memiliki panjang 430 meter dengan biaya konstruksi Rp 45 miliar. Glass Bridge berdiri 300 meter di atas tanah. Lantainya terdiri dari 99 panel kaca transparan tiga lapis.


Ketiga, Tower Bridge, London/Inggris



Jembatan ini membentang di atas Sungai Thames di London, Inggris Raya. Mengabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung. Karena letaknya yang berdekatan dengan London Tower, jembatan ini diberi nama Tower Bridge.


Keempat, Sydney Harbour Bridge, Sydney/ Australia


Jembatan Sydney Harbour adalah ikon bagi kota Sydney sekaligus Australia. Menurut Guinness World Records, jembatan ini adalah yang terlebar di dunia, sekaligus sebagai jembatan lengkung berkerangka besi tertinggi di dunia dengan puncaknya berdiri 134 meter di atas permukaan pelabuhan. Jembatan ini juga tercatat sebagai jembatan lengkung besi terpanjang nomor empat di dunia.


Kelima, Millau Viaduct Bridge, Midi-Pyrénées, Perancis



Jembatan ini merupakan prestasi dari teknik konstruksi modern. Millau Viaduct Bridge dibuka pada tahun 2004 sebagai jembatan tertinggi di dunia yang lebih tinggi dari Menara Eiffel, dengan puncak tiang setinggi 1.125 kaki dari atas dasar struktur. Jembatan kabel ini terdapat di Perancis Selatan.

Keenam, The Helix Bridge, Marina Bay/Singapura



Menurut CNN Travel, Helix Bridge merupakan salah satu diantara lusinan Amazing Bridge di dunia. Jembatan ini dibuka pada tahun 2010 dan membuktikan bahwa jembatan modern dapat seindah jembatan klasik.

Helix Bridge bukan untuk kendaraan, namun sebagai jembatan penyeberangan manusia. Bentuknya melengkung, terinspirasi oleh ide yin dan yang, dan kehadirannya dianggap membawa kemakmuran untuk daerah Teluk Marina.



Quote:


Demikian agan dan sista, semoga informasi ini menambah wawasan kita semua dan menginspirasi untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Ane do'akan, agan yangkomen, share dan rating thread ini semoga dilancarkan rezekinya untuk mengunjungi minimal 7 dari 11 jembatan ikonik tersebut. Sukses buat agan dan sista.


Quote:
Diubah oleh Entrepreneure 15-11-2016 07:41
0
9.6K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan