SURAT TERBUKA UNTUK PEMBUAT DAN PENGUPLOAD VIDEO DIBAWAH INI!!! Pantaskah...
*Buat yg ga kuat streaming, isi video tentang karyawan IDM yg ditanya masalah perbedaan harga..
Yth. Pembuat Video diatas & Peng-upload
Salam Hormat,
Perkenalkan bapak, saya hanya seorang lulusan SMA, yang sekarang bekerja sebagai petugas parkir di sebuah mall di Bekasi. Saya pernah bekerja di perusahaan retail, beberapa tahun lalu, tp bukan di perusahan yg sama di video di atas.
Mungkin bapak adalah seorang yg memiliki title pendidikan, dan punya jabatan di manapun bapak bekerja. Sebetulnya saya tidak tau persis bapak seorang pria atau wanita, dari suaranya saya yakin bapak seorang pria.
Sebelumnya, saya tidak bermaksud membela karyawan di video tersebut atau sebaliknya.. Saya hanya ingin berbagi ilmu selama berkerja di perusahaan retail..
Beberapa hari yang lalu saya ingat betul kata - kata teman saya yg sudah bekerja belasan tahun di pelayanan dan jasa parkir, kurang lebih seperti ini
"Namanya kerja di pelayanan dan jasa, kita bener aja di anggap salah, apalagi salah, makin salah"
Sepengetahuan saya, minimarket juga bisa di bilang pelayanan dan jasa, Saya bekerja di retail kurang lebih 1 tahun pak, waktu yg cukup buat tau seluk beluk bidang itu.
Pak.. ada puluhan brand yg ada di sebuah toko, ada ratusan jenis barang yg ada di sebuah toko, ada ribuan price tag (label harga) di sebuah toko pak..
Wajarkah bila terlewat beberapa price tag (label harga) yg ribuan itu, terlewat beberapa label harga saat pergantian harga pak?
Pak.. Sebuah barang, atau kita ambil 1 merk.. Aqu* botol 600ml.. Pak.. Aqu* seperti itu biasanya terdapat di 3 tempat berbeda.. 1. Di rak minuman biasa, 2. Di lemari pendingin 3. Di rak depan kalo merk tersebut ada promo..
Wajarkah kalo dari 3 tempat itu cuma 1 atau 2 tempat yg label harganya sempat terganti pak?
Pak.. barang yg sudah di struk, uangnya 100% akan masuk ke perusahaan pak, kasir ga bisa main ambil begitu saja. Beda kasus kalo bapak bayar tidak sesuai struk(contoh: distruk 100rbu, bapak bayar 105ribu) uang lebihnya baru bisa di ambil sang kasir.
Pak.. Tahukah bapak, gaji karyawan retail itu tetap, sebatas UMR. Tidak dipengaruhi keungtungan toko pak.. mau penjualan hari itu besar atau kecil, gajinya tetap segitu pak. Belum dipotong barang hilang pak.. Iya pak.. itu resiko pekerjaan, mereka semua pasti tau itu..
Yg paling penting pak,
Pak.. Tahukah bapak tiap perusahaan yg berhub dengan pelayanan dan jasa, ada yg namanya no. Telp untuk keluhan pelanggan..
Sudahkah bapak menghubungi?
Ada ribuan minimarket seperti itu pak, kalo bapak merasa di tipu di minimarket itu.. kenapa bapak kembali ke minimarket itu?
Pak.. mereka hanya karyawan, yg hanya berharap dari sebatas UMR, manusia biasa, yg bisa khilaf terlewat mengganti label harga..
PANTASKAH DIPERLAKUKAN SEPERTI ITU!!
Pak.. tahu nasib karyawan itu skrang?
Terimakasih
Bekasi, 08 Agustus 2016
Update:
Dear agan yg terhormat dan sista tercinta..
Mohon maaf sebelomnya,
Beberapa pengetahuan ane, kalo salah mohon di koreksi..
1. Hak konsumen dapet struk, cuman beda cerita kalo saat itu printer atau komputer disana bener2 lg trouble, prosedurnya kalo kejadian gitu mustinya si kasir ngomong ke konsumen, nah kalo konsumen ga mau.. ya tinggal ga jadi belanja.. kalo konsumen nerima ya terima tanpa struk.. nah di kasus ini, si kasir udh bilang atau belum? kalo belum berati memang "salah"
2. Harga berbeda antara label harga sama komputer kasir, mustinya si kasir langsung cabut harga label price yg salah itu, trus ngasih harga sesuai label price itu ke konsumen.. nah untuk kasus ini kayak gitu ga? kalo engga berati itu kasir emang "salah"
3. kalo si kasir nambahin item, tanpa sepengetahuan konsumen.. itu salah banget..
4. yang ane sayangkan, kenapa video itu harus di bikin.. kalo bener si kasir atau pegawai ngelakuin semua kesalahan di atas, menurut ane pribadi nih yah..
- si konsumen lapor ke yg paling berwenang di toko tersebut (kayaknya udah)..
- kalo masih ngeyel, bisa lapor ke layanan konsumen.. ane rasa setiap keluhan kayak gitu bakal di respons cepat.. asal jelas..
kalo niat video itu dibikin buat efek jera si karyawan.. di laporin ke atasannya (atau layanan konsumen) juga bakal cukup bikin jera..
kalo niat video itu buat mendidik, masyarakat indonesia.. mustinya ga ditampilin terang2an gitu.. di sensor atau gimana gitu..
Sekali lagi mohon maaf..
ane nulis ini cuma dasar kasian aja..
Setiap oknum nakal memang harus di bantai habis gan.. tp kan ada cara2nya..
Terimakasih
Mantan Kepala toko
Quote:
Original Posted By ragilmbelink►Ane dah lihat videonya jadi gatel pengen komeng.
Ane juga 6 th kerja di minimarket rivalnya IDM.
Dri th 2003-2009 ,trakir kepala toko.jadi sangat tau seluk beluk di minimarket.
Ane pengen mengomentari beberapa point.
1. Di video pertama ,customer tersebut mendesak kepala toko untuk mengakui bahwa dia melakukan penipuan.dan kepala toko pun mengakuinya.
Saya kurang setuju kalo dia menipu.menurut ane lebih tepatnya kelalaian.Terus kenapa kepala toko itu mengakui kalo dia nipu??jawabanny adalah efek psikologis.customer tersebut bilang bahwa dia anggota.Sudah pasti karyawan toko juga jadi down.apalagi didokumentasikan.
Terus kenapa ane bilang itu lebih ke kelalaian???
- minimarket biasanya ada perubahan harga secara besar2an biasanya 2x dalam sebulan.tgl 16 dan tanggal 1.
- setiap haripun jg ada penyesuaian/pergantian harga.namun hanya beberapa item saja.
- untuk pergantian harga yg banyak,tgl 16 dan tgl 1 ,harga yang berubah itu mencakup ratusan bahkan ribuan item.
- pergantian harga biasanya tercetak untuk 1 set harga.1 harga / 1 item.sementara item tersebut tidak hanya terletak di 1 tempat ( ada di rak regular/di gondola depan/blakang / di wing rak/ di cooler/di floor display dll ) .intinya barang yg sama bisa berada di beberapa tempat.sementara saat ada pergantian harga hanya tercetak 1 saja.jadi sangat mungkin kalo ada item yang lupa / terlewat untuk diganti harga.
Itulah mengapa dlm kasus ini ane gak setuju kalo dia menipu.tapi lebih tepatnya teledor.
2. Cust mendesak agar karyawan toko tersebut mengakui bahwa dia menipu.perkiraan ane, cust tersebut berfikir bahwa selisih harga akan diambil/dinikmati oleh karyawan toko.Ane mau sedikit jelaskan.
- karyawan toko tidak bisa mengganti/mengedit harga di komputer ( yang punya akses hanyalah EDP pusat dengan program dan pengoperasian rumit )
Kalopun ada karyawan/pihak toko yang melakukan penggantian harga,pasti malemnya ketahuan.karena setiap malam/setelah toko tutup pasti pihak toko akan mengirimkan data malam atau data harian tentang semua aktivitas ditoko.data ini akan dicek oleh tim IC.data ter enkripsi...dan pasti ketahuan kalo ada yg aneh.
- selisih harga gak bakal bisa diambil oleh karyawan toko.misal di di price tag 5000...dikomputer 4000.ya tetep cust bayar 4000.nah divideo itu sepertinya harga di price tag lebih mahal.dan kasir sepertinya gak ngasih struk.asumsi ane harga di price tag 5000,di komputer 4000.cust gak dikasih struk.jadinya cust menganggap uang 1000 diambil kasir.nah kalo ini bisa terjadi.dan sepenuhnya kesalahan kasir.
Tapi menurut ane kemungkinannya kecil ( cz divideo gak dijelasin selisih harganya gmn) ato ane yg kurang teliti nyimak video.
Kenapa ane blg kemungkinannya kecil???
Kasir gak bakal ngeh ada perbedaan harga antara price tag ma komputer kecuali ada cust komplen.kasir hanya patokan pada harga distruk.jadi kemungkinan nipu itu kecil.
3. Di video kedua cust bilang udah sering komplen.dan katanya kalo dikomplen malah pada nyolot bahkan nantangin.menurut ane ini jg berlebihan.pengalaman ane....ane gak bkal nglakuin itu ( nyolot/nantangin).karena kary toko pasti sadar posisi mereka.gak mungkin mreka bertindak bodoh nantangin cust.
4. Video kedua, cust bilang kalo sering ada penambahan item ke belanjaan.ini baru kesengajaan dan bisa disebut penipuan.dan patut diwaspadai semua cust.
5. SOP harga biasanya cust berhak mendapat harga yang termurah kalo ada selisih harga.
- harga price tag 5rb dikomp 4rb.cust berhak dapat harga 4rb dan gak ada yg dirugikan
- harga di price tag 4rb dikomp 5rb.cust berhak dapet harga 4rb sesuai price tag ( selisih 1rb kasir yg nombok).coz pusat gak mau tau hal ini.karena kelalaian karyw.
Itu gan sedikit dari ane.taro di pejwan ya gan biar pada baca.
Komen
Quote:
Original Posted By kampret.rider►Dear ts.
Melihat dan membaca keluhan ts membuat tangan ane jadi gatal
Selaku pedagang retail tentu sudah menjafi tugas kalian untuk melayani dalam beberapa hal yg masih menjadi kewajiban kalian
Dan perlu kalian ketahui bahwa adalah hak yg mutlak bagi customer untuk menanyakan seputar barang yg di jual baik itu tentang produk ataupun harga. Karna sudah hak dari kami untuk membayar rupiah yg tertera di price taq
Yang jadi masalah adalah saat price taq nya lebih murah dari harga mesin kasir
Lantas kami harus membayar yg mana
Menurut lembaga perlindungan konsumen
Kami harusnya bayar yg sesuai price taq
Salam kenal
Kampret.rider

Sumatera utara, 08 agustus 2016
Quote:
Original Posted By setengahdelapan►Lupa.. sdh sifat manusia, istilahny human error itu bisa saja terjadi pada siapapun..
Pengalaman ane dengan kejadian salah price tag..
Harga yg tertera di rak barang lebih mahal dari harga yg dikasir..
Pas bayar dikasir ane itung uang kembalian kok lebih banyak dr perkiraan ane sesuai harga di rak barang.
Ane tanyain ke kasir, takut kelebihan ngasih kembalian.
Dan ternyata emang ada promo barang yg ane beli, tp label harganya belum atau engga diganti, dan ane tetep bayar sesuai yg tertera dikomputer kasir, dengan harga yg lebih murah dr label harga..
Kenapa ane teliti ama uang kembalian? Krn pd saat itu ane cuma beli 1 barang itu doang, dan selisih harganya lumayan besar makanya ane tau ada selisih harga..
Kasusnya sama ama bapak yg buat vidio diatas, kl yg diatas harga yg harus dibayar lbh mahal dr label harga, kl ane lebhih murah.
Bapak diatas protes marah sampai ngancem..
Ane bilang terimakasih dpt kembalian lebih..
Dan sama2 bayar sesuai harga di kasir..

Quote:
Original Posted By Scheed►Kalau harga di komputer, kasir ga punya akses buat ngganti harga tersebut kecuali doi hacker. Harga yg berubah di mesin kasir itu berasal dari pusat bukan akal2an kasirnya. Kalaupun ada perbedaan antara harga di kasir dan price tag maka itu kelalaian kasirnya. Bisa jadi karena malas atau ndak sempat. Mengingat joblist mereka banyak. Seperti membersihkan ruangan, menjaga stok barabg pajangan, menerima kiriman barang baru, melayani konsumen, promo barang dsb. Belum lagi kondisi peralatan cetak apakah bagus atau tidak.
Kalau perbedaan harga karena tidak sempat maka saya memakluminya. Karena beberapa toko buka di daerah ramai pembeli.
Namun bila karena malas maka itu kesalahan dia. Namun kasir tidak punya peluang menipu di sini kecuali dia tidak memberikan struk.
Saya pernah mengalami penipuan oleh kasir. Ketika saya belanja kasir menyebut nominal 70000 rupiah. Setelah saya bayar dan saya minta struknya ternyata nominalnya hanya 56000. Saya komplain dan dapat kembaliannya. Kasus ini saya laporkan ke website retail tersebut dan sepertinya sudah ada tindak lanjut.
Quote:
Original Posted By KAmpredt►makanya di depan kasirnya kan ada price yg ngeliatin harganya gw seh sering teliti ama barang yg gw beli klo ada perbedaan harga cukup besar cukup gw cancel sgitu aj repot situ jg seh gk pernah aware
Quote:
Original Posted By inibukanbram►Kurang lebihnya harga di price tag jd tanggung jawab karyawan.. Kalo di indomart ada namanya kurang setor, kalo nominal duit di laci ga sama dengan rekapan duit di pos kasir ya harus nombok.
Kalo price tag lebih tinggi dari struk bayar sesuai struk, kalo price tag lebih rendah dr struk bayar sesuai price tag, kurangnya jd kurang setornya kasir.
Sering ane alamin ga cuma di indomart bahkan yg kelasnya hypermarket juga ada yg kyk gini. Asal kita ga dirugikan secara materi cukup sampaikan secara santun aja.
Btw, ane karyawan londry.
Quote:
Original Posted By art.rief►Dear TS yang terhormat,
mohon video lanjutan ini juga dilampirkan pada halaman 1,
semua sudah dijelaskan di video lanjutannya ini.
terima kasih.
Quote:
Original Posted By schanueschee►gw sebenernya pengen komen kalo ada orang yang share video ini.
gw liat kasus ini kayak sebuah keangkuhan pengupload, kenapa? gw gak bermaksud buat belain orang idm tsb, gw sama sekali gak kenal dg pegawai tsb bahkan gw ga ada hub sama sekali dg perusahaan idm, tapi gw liat disini adalah sisi kemanusiaan.
setau gw system pos kasir retail itu online, bisa berubah sesuai dengan keinginan dari centralnya (itu teknis intern idm), bener kata ts kesalahan ini adalah human error karena banyaknya harga yang harus diganti.
menurut gw kasir kalo mau curang, dia ga bakal masukin itu transaksi ke pos dan gak ngasih struk pembelian atau dengan memberikan kembalian yang kurang.
gw sering mendapati hal kayak gini, gw beli sesuatu harga tertera beda sama di struk, gw selalu tanya kok beda? kadang mereka cek kembali terus mereka menawarkan buat bayar seharga yang tertera di rak bukan di struk, tapi gw bayar selalu yang tertera di struk, kenapa? karna kalo gw bayar yang di rak, maka mereka bakal nombokin kurangnya, perusahaan gak mau tau kalo mereka minus.
alangkah baiknya sebelum menjudge seseorang dengan cara menggiring opini masyarakat dg video, coba liat sisi kemanusiaannya, system yang digunakan, dan banyak lainnya. gw pribadi gak peduli orang2 pada ngecap apa sama perusahaannya (idm) tapi coba pikirkan orang yang ada divideo itu, gimana nasibnya sekarang? gimana kedepannya? kita gak bisa mungkirin demi alasan nama baik perusaahan, dia bakal jadi korban.
sorry kepanjangan, sekali lagi gw ga bermaksud belain subjek yang lagi viral ini, tapi coba liat sisi kemanusiannya.
Quote:
Original Posted By dochen81►pada ribut dimari

menurut ane balik lagi sama kebijakan management tokolah, apabila terjadi perbedaan harga antara kasir dengan price tag..
pasti ada kebijakannya, karena management sadar bener bisa terjadi kesalahan dengan kondisi yg dibilang ts..
kayak tuh toko2 gede macem c4, hpm, giant mereka berlakukan harga yg paling murah..
ane sering koq belanja selisih harga di price tag lebih murah dari kasir, jadinya ane tunjukin ajah tuh price tagnya biar bayar yg lebih murah..
dan biasanya kalo selisih gitu jadi resikonya anak pajang yg lupa ganti price tag, potong gaji deh
btw yg videoin emang kebangetan, gak usah sampe marah2 segitunya lah.. kayak bukan orang terdidik ajeh, harusnya cari tau dulu dong ada gak kebijakan toko.. atau kalo ngerasa diem2 dicurangin harusnya bales dong diem2 ngutil.. absurd banget yeh..

Quote:
Original Posted By ucilliano►kmaren baru aja ane ngalamain kejadian kayak bgini di mini market berlabel tujuh sebelas.. ada tulisan paket big bite + gulp senilai Rp. 23.000,- karn ane laper dan males makan nasi ane belilah paket tersebut.. pas sampai di kasir dan masuk ke dalam proses pembayaran.. si kasir tidak menemukan harga paket senilai 23.000 tapi tertulis 25.000 kasir sampai manggil temenya dan menanyakan mengapa harga tidak berubah... tapi temenya tidak bisa memberikan solusi dan sementara sang manager outlet belum datang.. taukah apa yg di lakukan sang kasir ?? tanpa banyak basa basi.. kasir minta maaf dan hanya meminta saya membayarkan paket tersebut sesuai dengan harga price tag sebesar 23.000.
point di sini yg ane maksudkan adalah.. segala sesuatu yg di lakukan manusia pasti ada kesalahan.. mungkin org pusat belum merubah harga, mungkin karyawan belum merubah harga price tag.. jadi harusnya kita tetap tenang dan santai jika menemui hal tersebut..
Quote:
Original Posted By hygenz26►hmm... gimana ya?
kalau kesalahan pada struk kayak jumlah barang dilebihin atau tambahin barang lain itu jelas kecurangan si kasir yang sedang berjaga.
kalau masalah price tag bisa aja ulah karyawan lain yang nunggu jatah jaga kasir, bisa aja suruhan komandannya, bisa aja juga kelupaan ganti kayak yang disebut TS
karena ane bukan hakim. ane gak berani nge-judge siapa yang salah
Quote:
Original Posted By genjotah►Ane mo share yak
Sebenernya klo ad perbedaan price tag kayak gini, salahnya di atasanya. Klo di toko ya kepala toko ny, klo di swalayan besar biasanya asm/manager ny yg berwenang tentang perubahan harga.
- Ad SOP utk print price tag begitu ad update harga, entah itu dari pusat atau saat barang masuk dari distributor. Klo harganya gak baku, toko bisa update dalam margin tertentu. Klo bagus sistemny, update harga di kasir gak boleh sebelum price tag siap print. Klo update ny di tengah hari, harusnya gak boleh dipakai dulu hingga price tag siap. Klo perlu besoknya.
- Pemberitahuan perubahan harga sebetulnya juga ad SOP ny, biasanya sih dikasih tahu klo nanti kira kira tanggal sekian ad harga baru. Jadi gak ad alasan "yg berwenang" lupa. Lupa krn banyak barang? gak juga, update harga biasanya datang gak per item, tapi rombongan bisa per kategori atau per batch atau acak tapi banyak, jadi print ya bisa banyakan.
- Ada waktu tertentu print price tag ini gak boleh mengganggu pelayanan konsumen. Biasanya pas mau buka atau setelah tutup.
-
celah, "kelupaan" seperti ini bisa aj disengaja terkait hubungannya sama target sales. Emg gak ad hub ny sama duit yg diambil, tapi ngaruh sama target penjualan. Klo mencapai bahkan lebih, bonus nya lumayan. Tapi gak semua jenis barang, ad barang tertentu yg bisa di"utak atik".
- Klo semua prosedur udah baik dan masih ad kelalaian, kemungkinan si karyawannya yg gak sigap mengganti price tag. Apalagi klo udah input harga, udah gak bisa balik (kata karyawan).
- Harusny ad prosedur pembatalan barang atau pengembalian uang. Krn beda hargany cuma ratusan/ribuan, masyarakat cenderung ogah.
- Saran, klo kayak gini. Klo belanja besar mending ke swalayan besar krn sistemnya lebih lumayan. Klo sekedar belanja, tanya dulu harganya sebelum diinput ke mesin. Minta cek barcode. Jadi kita tahu harga sebenarnya. Klo beda, terserah mau ambil apa gak.
-Saran, klo liat price tag, jangan cuma liat harganya aj, tapi tanggal print price tag nya sendiri tanggal berapa. Klo udah lama, patut kita tanya harga terbaruny berapa di kasir dan minta utk di update price tag ny.
- Saran, klo emg udh terlanjur bayar dan ternyata perbedaan total harga ny besar. Foto struknya dan minta ijin foto price tag klo perlu seluruh item yg ad di struk. Di hari yg sama ajukan komplen ke manager/kepala toko/ bahkan pusat lewat CS dan email bukti foto agar langsung ter database di hari yg sama jadi emg gak mengada ngada...
Quote:
Original Posted By simo86►Makin bobrok ja dh ah kelakuan manusia sekarang....
Yg karyawan kurang teliti sama kerjaan nya..
Nah yg Jadi konsumen mw numpang tenar di medsos...
Itu konsumen kalo emang berpendidikan..kan dh tertera jelas telpon pengaduan ke pusatnya idm...
Yg satu kurang peka sama description job nya..
Nah yg atu lagi dh hilang empati nya...
Cakep bener dah ah...
Hebat......
Quote:
Original Posted By creztian►ane kan nggak bilang diem aja, ane kan bilang konsumen punya hak menegur, pembiaran juga nggak baik
yang ane permasalahkan caranya yang berlebihan banget, direkam, isi rekamannya pake ngancem2 dan intimidasi plus disebar ke youtube macam pelaku kriminal besar
tapi cara dan norma individu beda2 sih memang gan, kalau menurut agan ini normal ya sudah, ane nggak menyalahkan/memaksakan

Komen Lanjutan post #323