Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ditaparkAvatar border
TS
ditapark
Hati-Hati Penipuan Test Seleksi Calon Karyawan Mengatasnamakan Bank BNI & Traveloka
Sebagai Job Seeker, sudah tidak terhitung berapa banyak lamaran kerja yang saya masukkan menggunakan jalur online, karena salah satu keuntungan menggunakan jalur online adalah kita tidak perlu repot dan kita bahkan bisa memasukkan lamaran kerja kita pada malam hari (lewat batas waktu kerja).

Jadi, hari ini, Rabu, 27 Juli 2016, pagi harinya saya mendapatkan sms dari nomor S E N S O R348261084 yang menyatakan bahwa saya mendapatkan surat panggilan tes seleksi sebagai karyawan Bank BNI. (Gambar 1.)

Gambar 1.

Lalu saya mengecek e-mail saya dan dapatlah saya email dari recruitment@bni.net (Gambar 2.)

Gambar 2.

Nah dari alamat email yang dikirimkan, saya sekilas langsung percaya, dan langsunglah saya melihat file yang di attached didalam email tersebut






Karena diberitahukan bahwa harus konfirmasi kehadiran, lalu saya sms konfirmasi (Gambar 1), lalu saya dikirimkan sms yang berisikan untuk menghubungi pihak Traveloka atas nama Bahtial Jalil dengan nomor kontak S E N S O R579888. Lalu saya telepon-lah nomor tersebut, disitu, Bapak Bahtial Jalil ini dengan telaten-nya menerangkan saya segala perihal tentang akomodasi dari kota asal saya ke tempat tujuan yaitu Denpasar, dan beliau tersebut dengan pintarnya tidak menyinggung masalah pembayaran hingga akhir-akhir pembicaraan, dimana akhirnya beliau meminta saya mengirimkan nama, nik, keberangkatan, kepulangan, dan alamat email saya. Yang saya herankan, saya kira saya harus membooking tiket saya secara langsung dari website Traveloka, namun beliau bilang bahwa yang akan memesankan tiket dan akomodasi lainnya adalah dari pihak beliau tersebut.

Lalu saya memberikan email saya menggunakan alamat email saya yang lain (berbeda dari email pertama ketika "pihak BNI" menghubungi saya re: gmail), dapatlah saya email dari "pihak Traveloka" (Gambar 3)

Gambar 3.

Karena pada saat itu saya sudah mulai curiga, lalulah saya tidak menghiraukan lagi email dari beliau ini, ternyata beliau berulang kali menelepon saya, dan sms saya kembali seperti pada Gambar 4 dengan menampilkan nomor rekening "pihak Traveloka" yang harus saya transferkan uangnya. Nah dari sinilah saya baru menyadari bahwa ini adalah penipuan karena anehnya rekening bank tersebut adalah atas nama pribadi bukan atas nama perusahaan Traveloka.

Gambar 4.

Berikut kejanggalan-kejanggalan yang saya terima :
1. Email yang digunakan adalah recruitment@bni.net. Karena setelah saya konfirmasi terhadap Bank BNI, mereka hanya memiliki email resmi dengan ujung @bni.co.id bukan @bni.net
2. Lihat kop surat dalam dokumen yang dilampirkan, dimana disitu hanya mencantumkan nomor hp bukan nomor kantor

3. Kita tidak perlu membooking tiket pesawat sendiri, namun telah "dibantu" untuk membookingkan oleh "pihak Traveloka"nya
4. Selama berbicara dengan "pihak Traveloka" beliau ini sangat tahu tentang apa-apa saja yang akan dilakukan saat test seleksi berlangsung
5. Nomor rekening dari "pihak Traveloka" bukan rekening perusahaan namun rekening pribadi

Nah dari hal ini, saya hanya ingin berbagi, karena dari 25 daftar nama yang dicantumkan dalam lampiran dokumen tersebut, bisa saja ada yang sudah menjadi korban, dan saya harapkan untuk kedepannya kita akan lebih cermat sebelum melakukan suatu keputusan karena penipu-penipu saat ini sungguhlah cerdik dan bagi pencari kerja, jangan segan-segan untuk menghubungi call center Bank yang bersangkutan terlebih dahulu. Terima kasih.
Diubah oleh ditapark 27-07-2016 12:56
mayrinasilvana2
mayrinasilvana2 memberi reputasi
1
11.8K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan