Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

laniesarkaszAvatar border
TS
laniesarkasz
Filosofi hidup dari permainan catur



Halo juragan,ini pertama kali ane post di kaskus,maklum newbie.Sebenernya ane udah gabung kaskus dari tahun 2012,cuman waktu itu ane lupa emailnya.Dan setelah 4 tahun kemudian ane baru bikin ID kaskus yang baru lagi,beuhh jadi newbie lagi.emoticon-Traveller

Alright tanpa panjang lebar lagi ane mau post sesuatu yang positiv,karena ane kurang suka sesuatu yang berbau negativ,hehe check this out..

Permainan catur,dan filosofi didalamnya

Ternyata di dalam permainan catur juga banyak makna-makna kehidupan,banyak ilmu yang bisa didapatkan dari permainan catur,selain untuk olahraga "otak",filosofi catur juga bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.emoticon-Add Friend (S)

1.Hal yang sangat sederhana adalah jangan pernah meremehkan orang,meski orang tersebut tidak berarti.
Bisa di ibaratkan ini adalah seperti bidak pion,banyak orang yang meremehkannya,keliatan biasa saja,tidak berarti,sering dipandang sebelah mata,dan sering diremehkan perannya dalam sebuah permainan.

Tetapi jika si bidak pion bisa bertahan dalam permainan,kuat menghadapi cobaan hingga akhir permainan,bukan tidak mungkin si pion ini bisa "promosi" menjadi sesuatu yang lebih besar dan berarti.
Bidak pion bisa "promosi" menjadi kuda,benteng,menteri,sama seperti kehidupan di lingkungan kita,walaupun banyak orang yang mengangap kita "kecil".Tetapi jika berusaha dan kuat bertahan sampai akhir permainan,si bidak pion bisa menjadi sesuatu yang lebih "besar".

2.Dalam permainan catur posisi skak adalah posisi dimana kita terjepit untuk melakukan gerakan/melangkah.Dalam kehidupan sehari-hari pun,banyak yang berada dalam posisi ini yang membuat kita terjepit,dan harus berhati-hati dalam melangkah karena kita sedang keadaan ter-'skak'.
Maka disinilah kejelian dan ketenangan berperan dalam mengalami masa-masa sulit/terjepit.Langkah selanjutnya pun merupakan sebuah keputusan yang telah kita pikir matang-matang,sebuah langkah yang tidak bisa kembali lagi/disesali.


3.Berkorban untuk sesuatu yang lebih baik/bermanfaat,strategi yang harus dilakukan adalah mengorbankan salah satu sisi "kekuatan".Harus sebanding dengan pengorbanan yang kita berikan,bahkan mungkin harus melebihi pengorbanan yang telah diberikan.
Sama seperti kombinasi dalam catur,berkorban untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar.Tentu saja dengan perhitungan yang matang,dan tidak asal berkorban.

4.Dalam permainan catur juga,hasil tujuan dari bidak catur adalah dengan mengalahkan raja 'lawan',untuk itu tidak bisa dengan hanya satu langkah atau dua langkah,karena butuh banyak sekali langkah untuk mencapai sebuah kemenangan.

Bisa saja dalam sebuah permainan/pergerakan yang dilakukan bidak catur,harus berani berkorban salah satu bidak/prajurit.Intinya setiap langkah yang dilakukan masa lalu akan sangat berkaitan dengan hasil di masa depan.Harus berpikir bagaimana langkah selanjutnya,kemana harus melangkah.Karena apa yang dilakukan hari ini akan sangat menentukan hasil yang kita dapat nantinya.

5.Permainan catur adalah sebuah permainan kesatuan untuk mempertahankan si "raja",dimana antar posisi harus saling memiliki kerja sama,ikatan yang kuat.Sehingga di dalam kehidupan sehari-hari,harus memiliki patner untuk bekerja sama,saling membantu satu sama lain.Dalam catur satu menteri tidak akan berarti dari 8 bidak pion yang saling bekerja sama.

Gitulah gan post perdana ane tentang Filosofi hidup dari permainan catur,btw kalo ane maen catur ane paling suka sama bidak kuda,selain gerakannya yang engga terduga,banyak kejutan,dia juga sering dijadiin bagian vital dari kesatua 18 bidak catur.Sumber dari blog ane

Okey sampai jumpa di post ane selanjutnya,ane selalu berusaha selalu membagikan hal POSITIV,kalau berkenan lempar ane cendol ya gan,hehe.Salam damai.emoticon-Toast

Polling
Poll ini sudah ditutup. - 1 suara
Jajak pendapat
Bebas
100%
Atur-atur aja bray
0%
Diubah oleh laniesarkasz 27-07-2016 16:46
delia.adel
delia.adel memberi reputasi
1
12.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan