Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ramashandyAvatar border
TS
ramashandy
Mengenal Lebih Jauh Istilah Psychedelic dan Sejarahnya


Hai gan,ane iseng iseng bikin thread yg sangat biasa ini,smoga bermanfaat dan maaf kalau repost ....tinggalin jejak dan bantu rate 5 ya emoticon-Leh Ugaemoticon-Traveller



Apakah agan akrab dengan judul postingan diatas? Sepertinya sebuah kata yang tidak lazim bagi kebanyakan orang. Rasa penasaranku terhadap literatur ini membawaku untuk mencari tahu lebih banyak tentang apa sebenarnya psychedelic itu.
Dari beberapa sumber ane menemukan bahwa, psychedelic adalah istilah psikologi tentang kondisi seseorang yang dipengaruhi obat-obatan, maka berimajinasilah mereka tentang yang aneh-aneh, bunyi/suara lagu bisa jadi warna, dll. Pemikiran awalku mungkin obat-obatan disini adalah obat-obatan yang dapat memberikan halusinasi kepada penggunanya. Kata psychedelic (psikedelik) sendiri dalam bahasa inggris yang juga mengambil dari bahasa yunani berarti “soul,” ψυχή (psyche), and “manifest,” δήλος (delos), yang berarti adalah manifestasi pikiran.


Spoiler for 1:



Kemudian sekitar tahun 1960-an disebut juga sebagai psychedelic era dimana pada era tersebut kultur sosial, seni, artis serta musik dipengaruhi oleh psychedelic. Era psychedelic dipopulerkan oleh sebuah gerakan subkultur yang lebih tenar disebut sebagai hippies atau haight asbury di amerika. Mereka adalah adalah gerakan kaum muda di amerika yang mementang peraturan yang baku tentang hidup yang sudah dicetuskan terlebih dahulu oleh kaum bohemian, menolak tatanan kelas serta warna kulit dengan membuat perkumpulan sendiri, mendengarkan musik psychedelic rock, menghisap ganja dan melepaskan hasrat akan seksualitas mereka yang akhirnya kultur mereka menyebar ke seluruh dunia. Gaya hidup, budaya serta cara berpakaian hippies mempunyai efek besar dalam perubahan dalam kebudayaan dunia, mempengaruhi film, seni, literatur dan tentu saja musik yang lebih dikenal dengan musik psychedelic.

Spoiler for 2:




Namun ternyata tidak hanya itu saja yang aku dapat, tepat seperti apa yang aku pikirkan. Di literatur psychedelic sendiri ternyata juga terdapat istilah psychedelic drug atau obat-obatan yang mengandung psikoaktif, yang fungsi utamanya adalah membuat atau mengubah proses atau cara berpikir dan persepsi dalam pikiran. Contohnya N,N-dimetyltryptamine (DMT).

Spoiler for 3:


DMT terkandung dalam Psychotria viridis. Selain itu DMT juga ditemukan pada manusia dalam jumlah kecil sebagai neurotransmiter. DMT memiliki efek halusinogen yang ampuh pada sistem saraf pusat terutama pada reseptor 5-HT2A dan 5-HT2C yang merupakan reseptor untuk serotonin, sedangkan harmine dan harmaline bekerja pada monoaminooksidase (MAO). Selanjutnya tertrahydroharmine bertindak untuk melemahkan re-uptake serotonin dan MAO inhibitor sehingga jumlah serotonin tetap banyak. Nah, serotonin inilah yang menimbulkan halusinasi. Dalam beberapa kultur, DMT merupakan senyawa psychedelic alami. Semakin besar dosis yang digunakan, semakin besar pula efek halusinasi yang dihasilkan sehingga dapat membuat terbenam dalam hayalan yang mendalam dan kehilangan koneksi terhadap realita.
Sungguh sangat menakjubkan. Dari sebuah obat kemudian bisa mempengaruhi gaya hidup, budaya, seni, dan literatur di dunia.

Spoiler for 4:



Mungkin psychedelic termasuk literatur yang kontroversial. Karena terjadi banyak penyimpangan disana seperti pemakaian obat-obatan dan seksualitas yang bebas. Namun dari apa yang aku baca, para penganut aliran psychedelic beranggapan lain, mereka percaya bahwa zat psychedelic ada untuk menghubungkan mereka dengan roh-roh di luar diri sendiri, dengan pencipta, dan dengan dorongan kreatif dari planet ini.

Spoiler for 5:


Semua orang bebas beranggapan, memberikan pro dan kontra sesuai sudut pandang mereka. Aku sendiri memandang literatur ini dari segi positifnya bahwa isu psychedelic merupakan hak-hak sipil dan privasi dari pemikiran seorang individu. Sebuah keinginan untuk membebaskan imajinasi mereka tentang kehidupan, tentang alam, tentang jagat raya ini, bagaimana mereka memandang jagat raya dengan sudut pandang imajinasi mereka lalu dituliskan menjadi sebuah kata-kata, lirik-lirik, dan gambar-gambar yang indah mengenai kecintaan mereka terhadap alam ini. Menurutku itu cara mereka untuk menyampaikan rasa syukur mereka terhadap pencipta. Imajinasi mereka membawa mereka kepada sebuah sudut pandang yang berbeda, dengan lebih menggunakan fungsi indera mereka untuk dapat melihat, mendengar, dan merasakan apa yang ada di alam semesta ini dan tentang penciptaan. Mereka, para penganut aliran psychedelic, juga percaya, jika psychedelics adalah exopheromones yang melarutkan ego yang dominan, dan dia juga enzim yang mensinergikan imajinasi manusia.

Spoiler for 6:


Pada akhirnya, semua yang berkaitan tentang psychedelic, gaya hidupnya, budayanya, semua hal yang terkait didalamnya apakah itu negatif atau positif tergantung dari sudut mana kita akan memandangnya. Mungkin orang yang tidak mengerti akan menganggap ini sebuah penyimpangan, aliran sesat, gila, menggunakan ganja dan obat-obatan sebagai "bahan eksperimen untuk menimbulkan sebuah karya". Namun menurutku, di masa sekarang ini psychedelic bukanlah lagi merupakan sebuah "penyakit", tapi telah menjadi sebuah literatur atau konsep menakjubkan. Dan aku sangat menghargai konsep ini.

Spoiler for 7:


Akhirnya aku menemukan definisi dari psychedelic menurut diriku sendiri, menurut apa yang aku percayai, psychedelic yaitu sebuah literatur yang didalamnya terdapat banyak isu penyimpangan tentang penggunaan ganja dan obat-obatan, namun juga mempunyai sebuah konsep mengesankan tentang penghargaan kepada alam semesta, yang juga dapat berkaitan dengan dunia kefarmasian. Konsep ini sekarang telah semakin membuatku menjadi lebih penasaran untuk terus mengulik dan mencari tahu banyak tentang aliran ini dan segala hal yang berkaitan dengan literatur ini. Jujur sampai saat ini aku masih belum terlalu paham dan mengerti tentang konsep ini, semoga masih banyak sumber yang bisa aku baca untuk menjelaskan konsep ini. Dan untuk kalian yang mempunyai pendapat lain tentang konsep ini, let me know, itu bakalan berharga banget buat dipelajari. emoticon-Smilie



"Di langit, tidak ada perbedaan dari timur dan barat. Orang menciptakan perbedaan dari pikiran mereka sendiri dan kemudian mereka percaya untuk menjadi kenyataan." - psychedelician


Spoiler for sumur:


Karena banyak yang suka sama gambar gambarnya,ane tambahin gan,silahkan dinikmati emoticon-Shakehand2


Spoiler for 1:


Spoiler for 2:


Spoiler for 3:


Spoiler for 4:


Spoiler for 5:


Spoiler for 6:


Spoiler for 7:


Spoiler for 8:


Spoiler for 9:


Spoiler for 10:


emoticon-Toastemoticon-Sundul Up
Diubah oleh ramashandy 23-07-2016 19:37
Gan.Dek13
anasabila
anasabila dan Gan.Dek13 memberi reputasi
2
28.5K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan