Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

loker.jabodetabAvatar border
TS
loker.jabodetab
Jenis-Jenis Fobia Paling Aneh dan Langka

Phobia atau Fobia adalah rasa takut pada suatu hal atau fenomena secara berlebihan. Ini berdampak pada emosi seseorang. Phobia biasanya disebabkan karena seseorang mengalami trauma yang membekas didalam kesadarannya. Rasa takut adalah hal yang wajar, selama itu tidak mempengaruhi diri secara berlebihan.

Bagi sebagian besar orang, ketakutan menjadi sesuatu yang bukan bagian dari diri. Rasa takut pada sesuatu pun didasari hal-hal yang logis, dan bisa hilang dengan sesuatu yang logis. Namun bagi sebagian yang lain ada bentuk ketakutan yang permanen dan mereka tidak bisa berbuat apa-apa untuk menghapusnya. Dari sekian jenis fobia, banyak yang sudah diketahui dan dimaklumi. Namun ada sebagian yang sering tidak dipercaya orang jika fobia itu ada, karena memang langka penderitanya.

Berikut adalah uraian sebagian diantaranya…

Phobophobia
Ini berupa rasa takut mengalami fobia. Orang yang memiliki fobia ini takut memiliki rasa ketakutan kalau dirinya terancam atau akan terhinggapi penyakit fobia. Keadaan ini terkait dengan gangguan kecemasan dan serangan panik karena perasaan yang berasal dari dalam diri mereka.

Ablutophobia
Kita semua harus tetap bersih dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mandi secara rutin. Tapi ini jadi kendala bagi penderita ablutophobia, karena mereka takut untuk mandi atau membersihkan diri dengan air.

Ergophobia
Kerja atau bekerja menjadi hal yang mengikat dalam kehidupan sosial demi untuk memperoleh penghasilan. Tapi lain bagi orang yang menderita Ergophobia, mereka memiliki rasa takut bekerja atau takut lingkungan kerja. Psikolog mengatakan bahwa phobia ini berasal dari ketakutan kegagalan atau tidak mampu memenuhi tugas. Kadang juga berkaitan dengan ketakutan untuk tampil atau berbicara dimuka umum atau diantara kelompok orang.

Venustraphobia
Jika sebagian besar kaum laki-laki menyukai wanita cantik, penderita fobia ini justru mewaspadai diri agar jangan sampai bertemu wanita cantik. Venustraphobia ini umumnya disebabkan oleh perasaan rendah diri.

Pedophobia
Orang yang menderita fobia ini takut anak-anak dan bayi. Jadi jika suatu kali ada yang menolak saat kita memintanya memegang bayi atau menjaga anak-anak, mungkin itu karena masalah Pedophobia.

Heliophobia
Salah satu cara untuk mendapatkan Vitamin D adalah duduk di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit, tetapi ini tidak mungkin bagi yang menderita Heliophobia. Mereka takut matahari dan sering membuat mereka lebih memilih beraktivitas di malam hari atau menjelang senja. Seperti vampir ya?.

Eisotrophobia
Eistrophobia adalah rasa takut pada refleksi atau bayangan dalam cermin, sehingga bagi mereka yang mengidapnya sangat menghindari melihat atau memandang ke dalam cermin.

Didaskaleinophobia
Ini adalah bentuk ketakutan pergi keluar rumah untuk tujuan aktivitas, misalnya takut pergi ke sekolah. Beberapa pengidapnya mengungkapkan bahwa mereka bukan sekedar ingin merasa nyaman berada di rumah, namun karena ketakutan nyata dari aktivitas meninggalkan rumah dan keluarga. Ada juga yang menyatakan perihal rasa khawatir berlebihan akan menghadapi pengganggu, ancaman, tekanan atau proses belajar.

Haphephobia
Tak banyak yang ingin dihindari oleh pengidap phobia ini. Mereka hanya takut disentuh dan tak ingin disentuh.

Phagophobia
Phagophobia adalah rasa takut menelan, fobia ini sering menyebabkan pengidapnya kekurangan gizi dan dehidrasi.

Ombrophobia
Bagi orang normal hujan merupakan sesuatu yang menyenangkan, lain bagi para penderita ombrophobia, hujan adalah sesuatu yang mengerikan. Mereka bahkan bisa menjerit ketakutan ketika terkena tetesan air hujan, atau cuma bisa meringkuk dan diam di rumah saat hujan turun.

Pogonophobia
Ini adalah phobia yang diderita perempuan, yaitu ketakutan berlebihan saat melihat pria berjenggot. Belakangan ini hasil penelitian terbaru menyebut kalau jumlah pengidap fobia ini meningkat.

Trypophobia
Pernah merinding saat melihat lubang-lubang seperti pada sarang tawon, bunga lotus atau kue donat? Itu adalah pertanda seorang mengidap trypophobia atau rasa takut terhadap sesuatu yang berlubang.

sumbernya dari sini
emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast
0
2.8K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan