Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

melody.antAvatar border
TS
melody.ant
Ini Dia Rekaan Wajah 10 Tokoh Sejarah Dunia
Kita kerap membaca tentang tokoh-tokoh sejarah dunia yang terkenal. Ada beberapa tokoh yang hanya diilustrasikan dengan gambar seadanya dan ini kerap memunculkan tanya, seperti apa wajah mereka sebenarnya?.

Karena jaman yang sudah lama berlalu, banyak tokoh yang sama sekali tidak memiliki peninggalan lukisan dan gambar yang jelas yang berkaitan dengan rupa dan perawakan mereka. Namun, untuk menjawab ini para sejarawan dan arkeolog memanfaatkan berbagai data untuk menciptakan penampilan mereka berdasarkan sisa-sisa artifak, lukisan, patung maupun penggambaran mereka dalam catatan-catatan kuno yang ditemukan.

Dari sekian banyak upaya itu, berikut sepuluh hasil rekonstruksi wajah dari orang-orang yang kerap disebut dalam topik-topik sejarah dunia. Hasilnya cukup menarik dan mengejutkan.

Tutankhamun

Tutankhamun adalah firaun terkenal yang memerintah Mesir pada 1332-1323 SM. Arkeolog percaya ia menderita berbagai cacat keturunan serta penyakit malaria, yang mungkin menjadi penyebab kematiannya pada usia 19 tahun.

Nefertiti

Pada tahun 2003, temuan sejumlah mumi mengidentifikasi mumi dengan kode KV35YL sebagai Nefertiti, istri dari salah satu pharoahs (Firaun) dari dinasti Akhenaten. Para ilmuwan mampu merekonstruksi wajah permaisuri ini sehingga muncul penampilan nyata ini. Nefertiti (kecantikan telah datang) adalah Permaisuri Agung (atau istri utama) dari Fir’aun/Pharaoh Amenhotep IV (kemudian bergelar Akhenaten), dan merupakan ibu mertua dan mungkin ibu tiri dari Pharaoh Tutankhamun. Ia juga kemungkinan memerintah kerajaan dalam waktu singkat dengan nama Neferneferuaten-Nefertiti setelah suaminya meninggal dan sebelum bertahtanya Tutankhamun.

Dante Alighieri

Wajah penyair besar Italia Dante Alighieri, yang hidup pada abad 13 dan 14 ini dibuat pada tahun 2007.

William Shakespeare

Ini adalah roman wajah yang diyakini menjadi wajah sebenarnya dari William Shakespeare, tokoh sastra paling penting dalam sejarah Inggris. Wajah ini adalah hasil rekonstruksi menggunakan topeng kematiannya.

Santo Paulus

Sosok Santo/Saint Paul Paulus dari Tarsus (awalnya bernama Saulus dari Tarsus) atau Rasul Paulus, (3 Masehi–67 Masehi) diakui sebagai salah satu murid Yesus dan tokoh penting dalam penyebaran dan perumusan ajaran kekristenan yang bersumberkan dari pengajaran Yesus Kristus. Ia tinggal di 5-67 Masehi. Pada tahun 2009, untuk pertama kalinya dalam sejarah sebuah studi ilmiah membedah isi sarkofagus, yang ditemukan di bawah alter dalam Basilika Santo Paulus di Luar Tembok, gereja Romawi kuno dan kemudian merekonstruksi wajah dari sosok Santo Paulus.

Santo Nicholas

Dalam banyak kisah, sosok Saint Nicholas dikatakan dikatakan sebagai orang yang penuh mukjizat, pelindung para pelaut, anak-anak dan pedagang.

Raja Henry IV dari Perancis

Hasil penggambaran ini diyakini sebagai wajah asli Henry IV – Raja Prancis dan pemimpin kaum Huguenot, dan tewas pada tahun 1610. Rekaan wajah yang berdasarkan analisa berbagai data ini muncul pada tahun 2010.

Raja Richard III

Ia adalah raja terkenal dari Inggris, wajah rekaan ini didasarkan pada penemuan jenazahnya di kota Leicester pada tahun 2012.

Johann Sebastian Bach

Wajah ini diyakini adalah wajah yang sangat akurat dengan wajah asli komposer Jerman terkenal di dunia abad ke-18 Johann Sebastian Bach semasa hidupnya. Pelukisan wajah Bach ini dibuat pada tahun 2008 oleh seorang antropolog Skotlandia.

Nicolaus Copernicus

Ia adalah filsuf, astronom dan ilmuwan matematika yang sangat berpengaruh bagi dunia modern. Ia adalah pemikir yang pertama kali mengembangkan interpretasi modern dari teori alam semesta heliosentris. Wajah ini dibuat berdasarkan analisa mandalam pada wajah dari jasadnya yang ditemukan di sebuah katedral di Frombork Polandia, pada tahun 2005.

sumbernya
0
3.3K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan