aiaoiAvatar border
TS
aiaoi
Jadi Minder setelah Diomongin Di Belakang [Butuh Saran]
Malam gan, ini akun kloningan ane. ane sengaja pakai akun kloningan demi privasi dan kenyamanan. Tapi kisah ane ini benar adanya kok gan.

Warning: ceritanya agak panjang gan, mending siapin cemilan dulu. hehe...

Jadi gini, sudah setahun ini ane kuliah di salah satu PTN di Kota Pelajar. Ane dari dulu emang bukan tipe cewek supel, tapi kata orang ane anaknya ramah. karena itu di awal mulai perkuliahan ane punya teman dekat, sebut saja si D. dia cewek juga. Kami semakin dekat tiap hari, dan ya berteman dengan si D bisa bikin ane jadi diri sendiri. Tapi semua berubah saat semester dua, di mana waktu itu ane memilih untuk kerja sambilan untuk bantu ngeringanin beban ortu ane di kampung halaman. Lumayan, setelah kerja sambilan ane bisa bayar kost dan makan pakai uang sendiri. Nah, suatu hari waktu pulang kuliah, si D temen ane lagi ngobrol sama dua temen cewek ane yang lain, sebut saja si A dan si B. Pas ane tanya pada lagi ngobrol apaan, si D ngejawab "Mau main, soalnya kamu kerja, sih!" dengan nada nyinyir. Ya sontak ane kaget gan dijawab gitu, mana nada ngomongnya gak enak pula. Ane di situ langsung ngedown dan gak bisa ngomong apa-apa lagi gan. Ane sedih. kesannya si D itu nganggep ane udah gak asik karena gak bisa nemenin dia hang out lagi sejak ane kerja sambilan. Ya emang bener sih, ane kerja sambilan 6 hari dalam seminggu, dan di hari libur ane pake buat ngerjain tugas, jadi emang gak ada waktu buat jalan-jalan atau hang out bareng. tapi kan nggak perlu gitu juga ngomongnya...

Sejak itu, ane mulai jaga jarak sama si D. ane ngerasa nggak enak aja sama dia, dan sejak itu juga dia makin deket sama si A dan B.

Suatu hari dosen ngasih tugas dan untuk ngerjainnya ane dan beberapa temen sepakat ke Solo. Karena ane gak punya kendaraan, ane minta nebeng sama temen cowok ane, sebut saja si F, dan dia setuju. Pas hari H, si F belum jemput ane padahal udah lewat beberapa jam dari perjanjian. bbm dan ping-ping ane sama sekali gak dibalas. ane akhirnya inisiatif samperin ke kost dia yang gak begitu jauh. Beberapa meter sebelum kost dia, si F baru balas bbm ane, bilang kalo tadi dia masih tidur. ya udah ane bilang ane lagi menuju kost dia. begitu sampai, dia siap-siap bentar dan kita langsung cuss ke Solo, nyusul beberapa temen yang udah ke sana lebih dulu. sialnya, pas di jalan kita ketilang sama polantas karena gak sengaja ngelanggar rambu-rambu di daerah Klaten. Ya akhirnya kita cuma bisa bayar uang damai, soalnya motor yang dibawa si F motor punya temen dia dan nggak mungkin ditahan. waktu itu yang bayar uang damai sebesar 140rbu ke si polkis emang si F, soalnya uang ane cuma sisa 20rbu, itupun hasil minjem di temen kost. ane takut entar di jalan kenapa-kenapa dan kita udah gak megang uang. fyi, waktu kejadian ini ane baru kerja, jadi belum gajian. Ane akhirnya janji ke si F bakal ganti uang dia tapi setelah dikirim uang sama ortu ane, yaitu besok. si F bilang ane nyantai aja... dan benar aja, pas baru memasuki wilayah Solo, ban belakang motor bocor. ya untung ane masih punya 20rbu kan, jadi bisa bayar tambal ban.

Skip skip... beberapa minggu setelah kejadian di Solo, si D tiba-tiba ngajakin ane makan pas pulang kuliah. Ane agak heran juga, soalnya waktu itu hubungan ane sama dia udah renggang banget, dan cuma basa-basi aja kalo ketemu. ya ane pikir mungkin dia mau bahas masalah ini, ternyata bukan. dia malah ngomong hal yang bikin ane bener-bener syok.

kita akhirnya makan di warung mi ayam depan kampus. di situ dia bilang banyak temen-temen sekelas yang nganggap ane ini nyebeliiinnnn banget. kontan ane kaget gan, emang ane pernah bikin salah apa sama mereka? ya kata si D ane itu pelit, suka minta tolong tapi pas dimintain tolong balik ane gak mau. padahal menurut ane, ane gak gitu... ya kalau minta tolongnya soal titip absen sama kasih contekan pas ulangan ane emang gak mau, soalnya bagi ane itu hal yang salah. yang lebih nyakitin, dia bawa-bawa kejadian pas mau ke Solo itu. Gosip yang beredar ane itu sengaja bangunin si F, dan si F ngerasa terganggu dan menganggap tindakan ane kurang ajar karena ngebangunin orang yang lagi tidur. padahal yang benar kan si F udah bangun duluan pas ane masih otw ke kost dia, jadi dia bangun sendiri kan? terus katanya ane gak mau bantu patungan buat bayar denda tilang waktu di Klaten. ya emang pas ditilang itu yang bayar si F, ya karena ane gak punya uang cukup. toh akhirnya ane bayar di F sebesar 70rbu setelah ane dikirimin ortu uang.

Ya jelas ane sakit hati udah difitnah gitu gan. mana itu hal yang gak benar, disebarin ke teman yang lain, alhasil temen-temen yang lain jadi pada sentimen sama ane. terus kata si D ane kalo ngomong suka ceplas-ceplos, dan orang Jawa, terutama Jogja gak bisa dan biasa sama orang yang gaya ngomongnya kayak gitu. Dia bilang ane mesti nyontoh temen ane yang lain, yang berusaha gak nyakitin hati orang. Yah, kalau gitu mah ane juga bisa gan, ntar nyakitinnya pakai cara diomongin di belakang aja kan? D juga bilang ane gak peka, misalnya saat ane minta tolong sesuatu dan sebenarnya yang ane mintain tolong keberatan tapi terpaksa ngeiyain, ane harus bisa tau. lha gimana bisa tau kalo mereka sebenarnya gak mau/gak bisa nolong kita kalo merekanya akhirnya nolong? pliss ane bukan dukun ato paranormal yang bisa ngebaca pikiran dan hati orang. ya mbok kalo emang gak bisa nolong ditolak aja, gpp ane mah. daripada dtolongin tapi akhirnya diomongin di belakang, sumpah rasanya nyakitin banget.

ane waktu itu cuma bisa ngomong terbata-bata, soalnya syok dan kaget banget denger kayak gitu. apalagi soal fitnah kejadian di Solo itu. rasanya kayak pikiran ane ngeblank, soalnya baru kali ini ane difitnah gitu dan akhirnya tau gan. pokoknya ane sedih, kaget, ngedown, dan marah juga di saat yang bersamaan.

sejak kejadian ini, ane jadi suka jaga jarak sama temen-temen sekelas ane. ane bawaannya curiga dan was-was, bertindak pun jadi suka ragu, takut ane salah dan diomongin di belakang lagi. dan sejak ini ane merasa kesepian gan. gak bisa jadi diri ane sendiri. padahal sejak dulu ane selalu punya sahabat di dekat ane, tapi di saat kuliah gak lagi. ane bingung, padahal target ane saat kuliah ane mesti membangun realsi dan network, tapi ya gitu gan...

ane butuh saran dan masukan agan-agan semua. silakan caci maki, kritik, dan mengasihani ane. Ane bener-bener bingung sama diri ane sekarang, beda banget dengan diri ane yang percaya diri, periang, ramah, dan baik seperti saat ane masih SD, SMP, dan SMA dulu.
0
13.4K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan