Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cahayaterputihAvatar border
TS
cahayaterputih 
[Opini] Kekuatan COD di FJB KASKUS menghadapi Akuisisi OLX + Model E-commerce lainnya
Sebagai seorang kaskuser, tentunya kalo mau cari barang, ane nyari dulu di FJB Kaskus. Kalo ane mau nyari duit tentu ane jualannya di FJB Kaskus. Kenapa? Alasannya simpel aja gan, karena ane seorang kaskuser yang udah jatuh hati sama kaskus. Mau FJB kaskus kesannya kaya "ga rapi" tampilannya atau banyak cerita sana sini soal penipuan dan lain-lain tetep nyarinya di Kaskus dulu.

Bagi seorang yang udah jatuh hati sama kaskus, tentu setidaknya ane bakal berkontribusi sama Kaskus, bagaimanapun caranya termasuk dalam mebuat thread ini. emoticon-Malu (S)

Selain membuat thread ini karena kita lagi ngomongin FJB Kaskus sesuai judul, dengan mengunjungi FJB Kaskus sebagai prioritas utama, kita juga bantu kontribusi Kaskus dalam meningkat jumlah viewer.
Walopun ane ga terlalu paham, ane coba kasih gambaran yang terbaik:

Kaskuser sering buka FJB Kaskus => Jumlah viewer Kaskus meningkat => Peluang bagi pembuat iklan => Iklan di kaskus tambah banyak => Penghasilan di kaskus tambah besar => Pengembangan/perbaikan FJB Kaskus semakin meningkat

Jadi kalo kita sering buka FJB Kaskus, termasuk di dalamnya bikin lapak di sana dan posting di sana, itu secara logika di atas akan berimplikasi terhadap pengembangan/perbaikan FJB Kaskus semakin meningkat. Jadi kalo kita sering buka FJB Kaskus untuk bertransaksi secara tidak langsung kita berkontribusi juga.

Makanya ketika logikanya seperti ini:
Kaskuser buka OLX dan lainnya => jumlah viewer Kaskus menurun => Pembuat iklan mikir2 lagi buat masang iklan di kaskus => Iklan di kaskus menurun => FJB Kaskus berkembang lambat
Ya FJB Kaskus tetep sampe kapanpun kaya gini gitu..

Sebagai kaskuser, kita juga yang akhirnya kena dampaknya, sebagai penjual, yang beli makin sedikit karena pada buka OLX dan lainnya dan lain-lain, sebagai pembeli, yang jual juga makin sedikit karena pada jual di OLX dan lainnya.


==================================================================
==================================================================


Nah sekarang pertanyannya apa sih penyebabnya sehingga kaskuser banyak yang jual dan beli barang di OLX dan lainnya?
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak dulu model-model e-commerce di Indonesia seperti yang ditulis oleh techinasia.comsetiadakny ada 5 model:

  1. Classifieds/listing/iklan baris
    Nah Kaskus masuk dalam kategori ini gan. Termasuk OLX yang sudah mengakuisisi Tokobagus dan Berniaga. Jualo juga masuk ke kategori ini kayanya. Jadi sekarang 3 pemain besar di kategori ini tinggal OLX Versus FJB Kaskus Versus Jualo. Pertanyaanya akankah OLX mengakuisisi FJB Kaskus? Sepertinya tidak. karena FJB Kaskus merupkan iklan baris yang formatnya berbentuk forum tidak seperti tokobagus dan berniaga. (Tapi mungkin aja nanti giliran Jualo yang diakuisisi) Akankah FJB Kaskus mengakuisisi OLX? Sepertinya tidak. Modalnya bos.... hahaha.. jadi dua pemain ini harus bisa senantiasa melakukan pengembaikan dan perbaikan guna menggaet jumlah viewer yang tadi ane sebutkan di atas gan.

    Lalu apa kelebihan kategori ini? Sesuai judul thread ini yaitu COD, alias Cash On Delivery alias bayar di tempat (bisa di depan pintu rumah / lokasi tertentu sesuai perjanjian). Nah pertanyannya kalo dua dua nya sama2 bisa COD, terus apa yang membedakan? Yah jawabannya tampilan situsnya. Ane tadi menyebutkan kalo FJB Kaskus "ga rapi" karena memang kalo agan lihat OLX mereka bikin situsnya "agak rapi". Itu tadi karena FJB Kaskus ya modelnya sama kaya The Lounge kaya gitu gitu juga. Di sini lah menurut ane FJB Kaskus harus bisa merubah penampilan setidaknya mirip OLX, tokopedia bukalapak, yang menonjolkan gambar lebih besar dibanding kata-kata/judul thread, juga cara listing harus menyerupai marketplace lain. Jadi menurut ane, bagaimana caranya agar formatnya tetap forum namun tampilannya seperti situs jual beli lain yang populer di Indonesia. Itulah tugasnya sang developer FJB kaskus.. Hihihi.... emoticon-Peace

    Faktor kedua adalah fitur, salah satu yang menonjol dari OLX adalah pencaraian berdasarkan kota tertentu, nah di FJB kaskus baru berdasarkan provinsi bukan? Ane rasa ini juga penting untuk dipertimbangkan gan. Kalo lokasinya di Jawa Barat, kan biasa aja di Bandung Kota, Bandung Kabupaten, Cirebon, Cianjur, Bogor, Depok, dan lain lain, ga mungkin lah seller di Bandung COD sama buyer di Cirebon. Itu namanya kejauhaaaaannnnn.... Alangkah enaknya kalo bisa nyari barang dengan lokasi per kota di FJB Kaskus semacam di OLX bukan? emoticon-Big Grin Berapa kota yang harus di masukkan? Ya ane rasa dari Sabang sampai Merauke kali.. karena ane percaya kaskuser tersebar dari Sabang sampai Merauke... (CIe kaskus Cie.....) emoticon-Kiss (S)

  2. Marketplace C2C (Customer To Customer)
    Situs-situs yang main di sini kaya Tokopedia, Bukalapak, Blanja, Elevenia. Khusus Blanja dan Elevenia, penualnya diverifikasi dulu. Jadi model kaya gini itu lebih ke Rekening Bersama dalam transaksinya alias escrow. Cuma rekbernya resmi pake rekening yang dibuat dari sang empunya Situs, kalo rekber di FJB Kaskus kan yang ngadainnya dari kaskuser juga, makanya rekber di FJB Kaskus ada lebih dari satu kan?? Hehe...

    Nah sekarang pertanyannya bagaimana FJB Kaskus menghadapi model kaya gini? Sebenrnya kalo Kaskus niat, bisa aja dia buat rekber resminya sendiri (penghasilan kaskus semakin bertambah kalo jasa ini dibuka), dengan membentuk divisi Rekber di kantor Kaskus (Hahaha...), cuma masalahnya satu jika hal ini dilakukan maka akan membunuh puluhan kaskuser yang menjual jasa di rekber ini yang sudah kita kenal selama ini. emoticon-Berduka (S) Mungkin itulah dia alasannya mengapa sampai sekarang tidak ada rekber Resmi dari kaskus, terus solusinya gimana?

    Ya kemungkinan kecil, tapi ada 2 cara:
    - Kaskus mengakuisisi?! para kaskuser yang membuka jasa rekber yang sudah terkenal (Kaya OLX dah,,)
    - Kaskus bekerja sama dengan mereka?! Caranya? Ga tahu silahkan dipikirkan sama pihak Kaskus, apa mau "dipekerjakan di kantornya kaskus" atau gimana.

    Cuma menurut ane hal ini bukanlah masalah karena sekali lagi kekuatan FJB Kaskus ada di COD.

  3. Shopping Mall
    Yang main di model ini contohnya Blibli, Indonetwork, Indotrading. Di sini sama aja kaya model marketplace C2C cuma yang ngebedain ada di sellernya, kalo di C2C yang jual bisa siapa saja, kalo di Blibli harus penjual/brand ternama. Jadi jangan harap agan bisa jual batu bacan doko di Blibli. emoticon-Ngakak (S)

    Terus bagaimana posisi FJB kaskus menghadapi model kaya bigini?
    Ane rasa model kaya begini justru tidak akan berpengaruh terhadap FJB Kaskus karena beda pasar. Ngerti kan?
    Bagaimana pun juga kalo agan mu nyari Bacan Doko pasti nyarinya di FJB Kaskus / OLX / Tokopedia dan lain-lain, ga mungkin di Blibli emoticon-Ngakak (S), dah ngerti kan??!

  4. Toko online B2C (Business to Consumer)
    Situs yang main di model ini seperti Bhinneka, Lazada, Jakartanotebook, Zalora, Rakuten, Bilna, qoo10, mungkin Dinomarket juga masuk sini. Ini mah ya orang jualan terus bikin situsnya sendiri. Jadi dia emang punya gudang/stok buat dijual. Jadi kalo C2C orang yang bikin situs sama yang jualan beda, tapi B2C orang yang bikin situs sama yang jualan sama. emoticon-Big Grin

    Terus bagaimana posisi FJB Kaskus di sini, apakah terpengaruh? Menurut ane sih jelas terpengaruh karena situs2 B2C dijamin terpercaya, ya iyalah yang bikin situs dia yang jualan dia yang ngirim barang dia. Gimana cara FJB kaskus bertahan terhadap model kaya gini? Mau gak mau FJB Kaskus harus menjamin kepercayaan dan kenyamanan para kaskuser, misalnya dengan cara memasang Biodata seller termasuk mewajibkan Foto seller dan diverifikasi oleh Tim Verifikasi Kaskus. Gampang, cocokin aja foto yang diupload di jadiin Profile Picture sama Scan hasil KTP/Kartu Pelajar seller. Setidaknya ini membantu untuk menambah keyakinan Kaskuser dalam berbelanja. Kenapa? Seller yang mau nipu ketakutan dengan adanya proses mengupload foto dan identitas pribadinya, Seller yang jujur ga akan takut malah mendukung karena emang mereka niatnya jualan kan?? emoticon-Cool dan ini juga menambah faktor keamanan untuk COD sebagai kekuatan FJB Kaskus, karena identitas seller JELAS.

  5. Toko online di media sosial
    Ane ga terlalu paham maksudnya apa, mungkin aja gini, kalo agan buka Facebook terus di bagian pinggir ada iklan yang jualan parfum/aksesoris, nah mungkin maksudnya model yang kaya gitu. emoticon-Big Grin ATau bisa juga yang jual2 Hape lewat twitter/posting di FB/ Broadcast di BBM.

    Posisi FJB Kaskus gimana nih? Ane rasa FJB Kaskus tidak akan terpengaruh oleh model yang seperti ini. emoticon-Smilie


==================================================================
==================================================================


Jadi apa kesimpulannya?
Saingan Terbesar Kaskus adalah OLX dan Jualo (Kalo OLX Akuisisi Jualo, maka tinggal FJB Kaskus Versus OLX, karena berada dalam model e-commerce yang sama. Bagaimana cara bersaing dengan OLX?
1. Rombak tampilan, namun tetap mempertahankan sistem forum/komen/rating/sundul thread dan lain2
2. Tambah fitur pencarian berdasarkan kota bukan provinsi, untuk memperkuat kekuatan COD FJB Kaskus

Bagaimana menyedot viewer ke FJB Kaskus? Jawabannya cuma satu, Promosi dan kalau berani, iklan di TV. Kenapa?
OLX ada iklan di tv? ada
Tokopedia ada iklan di tv? ada

Pertama, Setidaknya dengan iklan di TV ane yakin para penonton TV yang dulunya belom pernah dengar FJB Kaskus, jadi penasaran, terus nambah viewer, Tentu saja iklan di TV lebih efektif kalo Divisi FJB Kaskus sudah merombak itu tadi tampilan dan fitur FJB Kaskus. Insya Allah ini bakalan meningkatkan viewer sekian persen

dan yang kedua dengan adanya iklan di TV ini meyakinkan kaskuser yang sudah lama kenal kaskus kalo FJB Kaskus makin ke sini makin aman dan nyaman.

Bukankah semua yang bertransaksi dalam penjualan dan pembelian pada dasaranya menginginkan KEAMANAN dan KENYAMANAN?


==================================================================
==================================================================


So, Rombak, +Fitur, Promosi,niscaya masyarakat akan jatuh hati sama FJB Kaskus dan FJB Kaskus meraih tahta tertinggi di dunia persaingan e-commerce Indonesia.

Jadi kontribusi dari ane hanya berupa thread ini saja untuk FJB Kaskus, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua yang membaca. emoticon-Smilie

Bagaimana menurutmu? Keep posting di bawah gan...
emoticon-Rate 5 Star
Polling
0 suara
Kalo semua ini terjadi, apa sikap agan?
Diubah oleh cahayaterputih 20-07-2015 04:04
0
4.1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan