Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abdullmanAvatar border
TS
abdullman
7 Tips Modifikasi Mobil Untuk Pemula
Welcome to my thread emoticon-Big Grin,
anda pemula dalam memodifikasi mobil ?
yuu simak tips2 dari ai,
check this out !!

Untuk para kaskuser yang hobi dengan otomotif khusunya mobil, mungkin rasanya masih kurang jika memiliki mobil dengan tampilan standar pabrik, rasanya kurang lengkap jika belum merubah tampilan atau menambahkan performa mesin, dari jaman dulu modifikasi mobil sudah ada, tepat nya di era 90 an, modifikasi mobil mulai lahir di berbagai negara-negara barat, waktu itu hanya Nissan Skyline, mobil pabrikan jepang ini menjadi mobil pertama modifikasi yang terpopular di benua eropa, dengan menampilkan kesan sporty dan sedikit performa mesin yang dibuat layak nya mobil balap, modifikasi mobil mulai digemari para kaum muda-mudi, rasa ingin memiliki kendaraan yang berbeda menjadi salah satu faktor modifikasi terlahir, mengubah image mobil menjadi cirikhas otomotif, meskipun hobi ini terbilang mahal, namun perkembangan modifikasi mobil masih banyak diminati, bagi yang berminat dan siap terjun didunia ini tidak salah nya untuk mengikuti tips sederhana, berikut BanterTips akan kasih sedikit tips modifikasi yang baik dan benar, guna tidak merugikan mobil anda.



1. Persiapkan konsep dan anggaran, rasa keinginan yang besar tanpa ada konsep dan anggran yang diperhitungkan, tidak menjamin kepuasan modifikasi, jika akhirnya hasil yang tidak sesuai dan sudah keluar budget lebih, anda bisa menyesal dan tidak puas dengan hasil modifikasi.
Sebelum memulai, alangkah baiknya menentukan dahulu konsep yang akan diterapkan untuk mobil, dimana tema modifikasi banyak pilihan, dari Sporty, racing, elegan, ada juga yang lagi popular yakni extreme style, konsep ini merubah bentuk mobil, seperti merubah mobil tipe SUV yang dibentuk menjadi mobil sedan.
Setelah tema sudah ditentukan, selanjutnya menetukan biaya yang akan disiapkan untuk tema yang sudah disiapkan, setelah itu cari bengkel yang menurut anda terpercaya, agar mendapat hasil yang baik dan sesuai keinginan, alangkah baiknya sering berkonsultasi dengan orang bengkel, dimana kita bisa menerapkan konsep atau tambahan lain tanpa mengeluarkan banyak budget.

2. Setelah konsep dan anggaran sudah ditentukan, Persiapkan daftar komponen yang bakal dibeli, jika ada komponen yang sulit didapat, kemungkinan anda harus cari diluar kota, atau bahkan diluar negeri, komponen modifikasi memang terkadang susah didapat dan tidak gampang dicari di semua kota-kota besar, hal ini yang menjadikan modifikasi sangat bernilai mahal.

3. Anggaran biaya, konsep, bengkel modifikasi, dan daftar komponen semuanya sudah siap, tinggal anda memulai memodifikasi, tahap awal anda bisa mulai dari mesin, bagian ini jangan sampai disepelein, anda harus lebih teliti dan jeli karena mesin sebagai inti dari sebuah mobil, pastikan setelah selesai dimodifikasi, mesin dapat bekerja normal dan memiliki tenaga dan torsi yang berbeda dari sebelum di modifikasi,
Untuk anda yang masih awam dan masih minim pengalaman, anda bisa merubah mesin secara sederhana, misalnya dengan merubah pengapian menjadi lebih baik, yakni dengan mengganti busi atu koil.
Atau anda juga bisa merubah penampilan mesin lebih sederhana, hanya dengan melapisi karbon atau meng-krom mesin, modifikasi mesin memamng langkah yang paing rumit dan paling lama, ini karena banyak nya trial dan error pada bagian komponen lain.

4. Jika urusan mesin sudah selesai, tinggal bagian roda, tentukan pelek yang akan anda pasang, dan jangan lupa sesuaikan dengan tema yang sudah ada, karena body mobil selalu menyesuaikan pelek modifiaksi, jadi jika sudah terpasang pastinya anda tahu bagian body yang tidak sesuai dan harus dirubah. pada umumnya pelek dan ban mobil akan berubah lebih besar atau lebih kecil, jika berubah ukuran lebih besar, masih ada sisi positifnya, yakni membuat handling mobil menjadi lebih baik, sehingga akan terasa lebih nyaman untuk bermanuver, indikasi ini diakibatkan karena kontak antara ban dan aspal yang menjadi lebih luas, dan menjadikan daya cakram yang lebih besar, yang pasti penampilan menjadi lebih keren, dan segi negatifnya adalah, pada saat melewati jalan yang tidak rata daya redam mobil akan berkurang, dan berakibat pada kabin yang menjadi berisik, kasus seperti ini sering terjadi pada mobil modifikasi yang tidak diperhitungkan pada bagian ini, tetapi hal ini masih bisa diantisipasi dengan memasang peredam yang lebih bagus sehingga kenyamanan kabin tetap terjaga kekedapannya.



5. Jika tadi kita sudah membahas pelek yang sudah tepasang, barulah pasang body kit yang sudah dibuat, dan rubahlah tampilan secara maksimal, dengan mengganti bumper depan dan belakang, atau ada penambahan body lain untuk menyesuaikan konsep bisa anda tambakan.

6. Sitem audio tidak mungkin ketinggalan untuk mobil modifikasi, dari beberapa konsep mobil modifiaksi, kebanyakan modifikator lebih fokus dengann sistem audio, kalo anda berminat untuk fokus ke sistem ini, atau hanya sekedar melengkapi mobil, carilah sistem audio dengan komponen yang bermerk dan berkualitas tinggi, demi mendapatkan hasil yang memuaskan, dan jangan lupa untuk menyatukan sistem audio dengan konsep yang sudah diterapkan sehingga akan terkesan menyatu dengan keseluruhan, berikut ada tiga kelas audio yang sering dipasang pada nmodifikator yakni SQ(Sound Quality), SQL(Sound Quality Loud), dan SPL(Sound Pressure Level), masing-masing memiliki kualitas yang berbeda.
jika anda menyukai suara yang jenih dan baik, anda bisa pakai audio kelas SQ, tetapi jika anda lebih menyukai suara yang keras atau dentuman bass, anda bisa pilih SPL, untuk anda pemula modifkator khusunya di audio anda bisa memilih SQL, yang satu ini lebih sederhana, SQL memiliki kualitas suara dengan dentumen yang keras tapi tetap nyaman ditelinga.



7. Bagian dalam atau interior, bisa disesuaikan juga dengan tampilan luar atau konsep yang diusung nya, misalnya dengan konsep elegan, maka pada bagian tempat duduk didesain dengan bahan kulit dan dasboard bisa di hiasi dengan panel kayu yang sudah disematkan pada modifikasi, Interior umumnya memiliki desain yang mengadopsi konsep simobil modifikasi, atau bisa juga dengan konsep tersendiri, namun masih satu tema.

Nah, Begitulah sedikit cara modifikasi mobil yang baik, agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan tidak merugikan anda, apalagi untuk anda yang masih pemula, rasanya bisa dipertimbangin lagi untuk memodifikasi mobil kesayangan. emoticon-Big Grin

Selamat Mencoba
0
5.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan