brownis322Avatar border
TS
brownis322
Susahnya Nembusin Artikel Opini ke Koran Kompas
SELAMAT DATANG AGAN-AGAN SEKALIAN

Langsung aja yah, mungkin sebagian dari agan-agan yg pro kaskuser ini pernah mengirim sebuah artikel ke sebuah koran lokan maupun nasional, dengan tujuan untuk dimuat. Tujuan keduanya tentu saja u.a.n.g emoticon-Malu (S) karena emang lumayan bayarannya gan kalo tembus. apalagi koran nasional bisa sampe 1JT kan gan.

Sama seperti ane gan, tapi ni thread bukan curhat ya gan, cuma sharing. Berharap agan punya tips ampuh buat penulis pemula seperti ane.

let's go back, ya gan, ane sering nulis artikel untuk koran, dah belasan lebih gan, tapi ga ada satupun yang pernah dimuat, Ane bingung sebenarnya seperti apa artikel yg layak dimuat di koran tersebut, terutama Koran Kompas ( yg paling sering ane kirimin artikel). Ane baca berbagai artikel opini di koran tersebut, pikir ane tulisan anepun ga jauh beda dengan tulisan mereka, dari aspek materi maupun tehnik penulisan.

Dari berbagai Artikel opini yg ane kirim ke koran kompas, cuma DUa artikel yg mendapat balasan berisi penjelasan kenapa tulisan ane tidak layak dimuat. Yg lain sama sekali tidak mendapat balasan terutama koran Lokal.

Seperti ini gan balasan dari redaktur Kompas..
Spoiler for Kesulitan mendapat tempat:


Satu lagi
Spoiler for Momen sudah lewat:


Yang ini ane faham gan, moment sudah lewat, tetapi kan ane ngirim artikel nya 4 hari sebelum mendapat balasan dari redaktur ini gan.

Memang ane pernah baca tips dari berbagai dewa artikel Koran, buat pemula seperti ane lebih baik dimulai dengan mengirim artikel opini ke koran lokal. Sudah ane lakuin gan, dan ga pernah dimuat, yang paling bikin bingung ga pernah dapet balasan kenapa artikel ane ditolak.

Bahkan ada tips yg lebih gokil, Tambahain gelar Hantu a.k.a gelar sarjana yang kapabilitas dengan artikel opini yg ane buat. Contoh : Ane membuat Artikel yg bertema agama, maka pada nama ane ditambah menjadi " Muhammad Iqbal ASDJ, S.Ag.. Padahal itu bukan gelar ane yang sebenarnya. Walaupun begitu, trick itu udah ane lakuin juga gan. Tetapi tetep ga bisa tembus artikel ane. ( Mungkin gara2 curang kali ye he3x)

Terlepas dari itu semua gan, bagi agan2 yang punya nasib seperti ane ataupun calon seperti ane, emoticon-NgakakKita ga bisa nyalahin apalagi marah2 pada redakturnya gan. Mereka punya standar masing masing yg mungkin belum bisa ane tembus gan. Tetapi yang terpenting adalah kita tetap menulis, tidak peduli itu layak dimuat dikoran atau tidak, asalkan itu LAYAK untuk DIbaca gan.Titik.

Tapi berkah dari itu semua gan, ane akhirnya bergabung dengan KASKUS, bertemu dengan agan2 yang sangat menghormati sebuah tulisan. saling membaca tulisan dan saling memberikan komentar. itu menurut ane yg terpenting buat para kaskuser gan..emoticon-Matabelo

Sebenarnya ane punya ID tahun 2009 di kaskus. Tapi lupa Username ama Passwornya gan. Password email yahoo nya juga lupa emoticon-Sorryemoticon-Sorry

BTW..walaupun begitu ane ga berhenti untuk nulis artikel untuk koran gan, bagi agan2 sekali lagi mungkin ada yg punya tips jitu gan. mohon berbagi ya gan.

O iya, di setiap balasan pengembalian/Penolakan artikel selalu juga dijelasin catatan umum dibawah tulisan tersebut seperti ini gan :
Spoiler for Catatan:


Kaya gitu aja dari ane sharingnya gan, Diharapkan Komen dan berbaginya ya gan..
Wassalam

Jangan Lupa Tanda bintangnya ya gan emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-2 Jempol

BTW lagi ane lagi Haus ni gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-2 Jempol
Diubah oleh brownis322 19-12-2014 15:20
0
5.5K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan