Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

s4ba4rAvatar border
TS
s4ba4r
Kontroversi Amien Rais diruwat dan dituding jadi Sengkuni
Spoiler for reformasi damai:


MERDEKA.COM. Sejak reformasi 1998 sosok Amien Rais sepertinya lekat dengan kontroversi. Setelah memimpin aksi massa berdemonstrasi di Jakarta menggulingkan rezim Pemerintahan Presiden Soeharto, tokoh Muhammadiyah ini awalnya sangat disegani, bahkan dijuluki sebagai 'Bapak Reformasi'.

Pasca-reformasi 1998, karier politik guru besar Fisipol UGM ini pun terus moncer. Partai Amanat Nasional (PAN) yang didirikannya bersama sejumlah tokoh berhasil mendudukkan sejumlah kadernya di DPR lewat pemilu 1999. Dia kemudian menjadi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 1999-2004.

Karena peran besar Amien dalam menentukan jabatan presiden pada Sidang Umum MPR tahun 1999 dan Sidang Istimewa tahun 2001, sebuah majalah bahkan pernah menjulukinya sebagai 'King Maker'. Namun, setelah kalah dalam Pilpres 2004, karier politik Amien terus meredup seiring usianya semakin senja.

Akan tetapi, sepuluh tahun berlalu atau tepatnya dalam Pilpres 2014 yang baru saja lewat, Amien seakan keluar dari tempat pertapaannya. Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) itu gencar melontarkan kritik terhadap calon presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebaliknya, dia menjadi pendukung setia Prabowo Subianto, meskipun mantan Danjen Kopassus itu pernah mengancamnya dalam pergolakan 1998. Bahkan, ketika Prabowo kalah, Amien tetap loyal. Tak sedikit loyalitas Amien justru menimbulkan kontroversi.



Dalam pilpres lalu, Amien Rais berada di sisi kubu Prabowo-Hatta. Ketika isu pelanggaran HAM yang dilakukan Prabowo diungkap publik, 'bapak reformasi' itu tampil di depan membela. Dia meminta kasus HAM tak diungkit-ungkit lagi sebab Prabowo telah dinyatakan bersih sejak menjadi cawapres Megawati Soekarnoputri pada 2009 lalu.

"Lima tahun lalu Pak Prabowo cawapres resmi Bu Mega dan sudah tahu track record-nya. Enggak usah buka-buka," kata Amien kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (20/5).

Padahal, isu penculikan aktivis 1997-1998 dan pelanggaran HAM terus menjadi sorotan media jelang pencapresan Prabowo. Menurut Amien, jika mau, Prabowo bisa saja membuka aib orang lain yang terlibat. Namun, Amien tak menjelaskan siapa yang dimaksudkan. "Kalau buka-bukaan, Pak Prabowo juga bisa buka aib mereka," tegasnya.

Oleh karena itu, menurut Amien, saat ini yang jauh lebih penting adalah melihat ke depan untuk maju. Menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa dan mampu bersaing dengan negara luar sehingga Indonesia memiliki martabat yang jauh lebih tinggi.

Amien Rais kembali membuat pernyataan mengejutkan. Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu menilai 9 Juli sebagai Baratayuda politik. Baratayuda adalah istilah yang dipakai di Indonesia untuk menyebut perang besar di Padang Kurusetra antara keluarga Pandawa melawan Kurawa.

Pernyataan Amien yang menganalogikan pilpres dengan perang ini kemudian menjadi kontroversi.

"9 Juli itu semacam baratayuda politik. Serem. Di sini tapi mungkin kecil-kecilan. Tetapi saudara-saudaraku, kita harus khusnul yang bulat dan jangan ragu-ragu," kata Amien dalam tausiahnya di acara Isra Mikraj di mesjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, Selasa (27/5).

Sayangnya, Amien Rais tidak menyebutkan siapa pihak yang disebut Pandawa dan Kurawa. Namun pernyataan Amien yang menganalogikan pilpres lalu sebagai perang Baratayuda, bisa jadi benar. Kenyataannya, ketegangan antara koalisi Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta belum reda.



Setelah pilpres usai, menjelang pelantikan presiden terpilih Jokowi-JK, hajatan besar di gedung senayan terjadi, yakni Rapat Paripurna membahas RUU Pilkada. Koalisi Merah Putih (KMP) yang terdiri dari Gerindra, PAN, PKS, PPP, PBR, Golkar, sebagai penyokong Prabowo-Hatta dalam pilpres, menguasai 292 kursi dari 560 kursi di parlemen.

Sementara koalisi Jokowi-JK yakni PDIP, Hanura, PKB dan Nasdem hanya menguasai 207 kursi. Sisanya 61 kursi milik Demokrat. Setelah perdebatan panjang, akhirnya cara penentuan RUU Pilkada apakah langsung atau tak langsung dengan cara voting. Mayoritas anggota DPR dari Demokrat memilih walk out.

Amien Rais pun ikut memantau perkembangan dari Senayan itu. Dia awalnya mengaku berdebar-debar soal hasil paripurna RUU Pilkada. Dia mencoba menghubungi sejumlah elite PAN untuk bertanya. Namun, mereka menjawab belum ada keputusan.

"Lalu jam 02.00 WIB, Ismail ketuk-ketuk pak-pak Demokrat walk out. Langsung saya sujud syukur," kata Amien sambil memuji Demokrat bermain sangat cantik. Sebab, awal-awalnya partai besutan SBY itu mengaku memilih opsi pilkada langsung. "Hidup Demokrat," katanya.


Sebagai tokoh sepuh yang pernah dihormati, peran Amien Rais dalam ketegangan dua kubu ini memang kontroversial. Ketika dia mengibaratkan pilpres pada 9 Juli lalu sebagai perang Barayudha, maka setelah pilpres usai, Kamis (16/10) kemarin, Paguyuban Masyarakat Tradisi (Pametri) Yogyakarta justru menyebut Amien sebagai "Sengkuni".

Mereka menggelar ruwatan terhadap Bekas Ketua MPR RI Amien Rais di depan rumahnya di Sawit Sari Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, Kamis (16/10). Mereka melakukan ruwatan kepada Amien Rais karena dinilai telah menjadi "Sengkuni" dalam politik Indonesia.

Laiknya sebuah upacara adat, para anggota Pametri mengenakan pakaian adat Jawa dan membawa sesaji seperti pisang setangkep, bunga setaman, kurungan manuk (sangkar burung) sebagai sesajen untuk mendoakan Amien di depan rumahnya.

Mbah Sukir yang memimpin upacara memulai dengan merapal doa dalam bahasa jawa sembari menyalakan dupa. "Semoga Bapak Amien Rais lepas dari Sandikolo dan kembali bersih. Semoga bangsa ini terhindar dari bencana dan segala hal yang tidak baik. Semoga rakyat Indonesia bisa sejahtera," ucapnya.

Setelah mengucapkan doa, Mbah Sukir menggunting bulu ayam hitam lalu mengurung ayam hitam tersebut dimasukkan ke dalam kurungan. Menurut dia pemotongan bulu ayam hitam tersebut melepaskan Sandikolo dari Amien Rais.


Merdeka


ga salah dong klo di sebut Sengkuni emoticon-Angkat Beer
0
16.8K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan