

TS
akiraiko
Tes Prestasi, Perlu Nggak Sih?

Quote:
Sebelum kita mengetahui lebih dalam mengenai tes prestasi, lebih baik kita telusuri terlebih dahulu pengertian dari “tes” dan “prestasi”. Apa sih arti dari tes? Apa sih arti dari prestasi? Sering sekali kita mendengar kedua kata tersebut, tetapi benarkah kita memahami makna dari dua kata tersebut?
Quote:

Quote:
Tes dapat didefinisikan sebagai suatu pertanyaan, tugas, atau seperangkat tugas yang direncanakan untuk memperoleh informasi tentang atribut pendidikan atau psikologi tertentu (Lussy D., 2011).
Quote:
Pengertian prestasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hasil yang telah dicapai. Pada umumnya digunakan untuk menunjukkan suatu pencapaian tingkat keberhasilan tentang suatu tujuan atau bukti keberhasilan.
Quote:
Dapat disimpulkan bahwa tes prestasi adalah suatu pertanyaan, tugas, atau seperangkat tugas yang direncanakan untuk memperoleh informasi mengenai hasil yang telah dicapai pada suatu atribut tertentu.
Tes prestasi digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari proses sebelumnya. Banyak orang mengira, tes prestasi hanya dilakukan pada bidang pendidikan dan pembelajaran. Padahal, tes prestasi dapat dilakukan dalam segala bidang, tidak saja dalam bidang pendidikan, bisa pada bidang pekerjaan sebagai bentuk dari evaluasi kerja dan kemampuan.
Tes prestasi digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari proses sebelumnya. Banyak orang mengira, tes prestasi hanya dilakukan pada bidang pendidikan dan pembelajaran. Padahal, tes prestasi dapat dilakukan dalam segala bidang, tidak saja dalam bidang pendidikan, bisa pada bidang pekerjaan sebagai bentuk dari evaluasi kerja dan kemampuan.
Quote:

Quote:
Menurut Zainul dan Mulyana (2003, dalam Lussy D., 2011) karakteristik dari tes, yaitu:
- Tes dapat berbentuk pertanyaan. Misalnya: “Siapakah Presiden Indonesia yang pertama?” Dalam kalimat tersebut terdapat kata pertanyaan yaitu siapakah.
- Tes dapat berbentuk tugas yang harus dikerjakan oleh peserta tes, misalnya: “Tulislah dalam bentuk uraian latar belakang terjadinya krisis moneter pada tahun 1998!” Dalam kalimat tersebut terdapat tugas yang harus diselesaikan oleh peserta tes.
- Tes digunakan untuk memperoleh informasi tentang atribut pendidikan atau psikologik. Contoh seperti pertanyaan di atas, siapakah Presiden Indonesia yang pertama, maka informasi yang ingin diperoleh dari pertanyaan tersebut adalah mengenai pengetahuan peserta tes (siswa) tentang Presiden Indonesia pertama.
- Tes menghendaki adanya jawaban atau cara mengerjakan yang benar. Jadi kalau ada pertanyaan atau tugas yang jawabannya tidak ada batasan benar atau salah, maka pertanyaan atau tugas tersebut tidak termasuk tes.
Quote:
Berdasarkan pernyataan diatas, dapat diketahui bahwa penyusunan tes prestasi harus sesuai dengan atribut yang akan diukur untuk mengetahui keberhasilan dan pencapaian tujuan dari kegiatan sebelumnya. Sehingga, setiap soal yang diberikan dapat mewakili poin-poin kompetensi yang harus peserta dapatkan dan mengukur secara tepat hasil dari proses sebelumnya. Jangan sampai tes prestasi yang diberikan tidak sesuai dengan poin-poin kompetensi yang diharapkan atau tidak dapat mengukur secara tepat keberhasilan dari kegiatan sebelumnya.
Quote:

Quote:
Menurut Djaali dan Muljono (2008, dalam Lussy D., 2011) ada beberapa fungsi tes, yaitu:
- Alat ukur untuk mengukur prestasi belajar peserta didik. Dimaksudkan untuk mengukur tingkat perkembangan atau kemajuan yang telah dicapai peserta didik setelah menempuh proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu.
- Motivator dalam pembelajaran. Hampir semua ahli teori pembelajaran menekankan pentingnya umpan balik yang berupa nilai untuk meningkatkan intensitas kegiatan belajar.
- Upaya perbaikan kualitas pembelajaran. Dalam rangka perbaikan kualitas pembelajaran ada tiga jenis tes yang perlu dibahas, yaitu: 1) tes penempatan, bertujuan agar setiap peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas atau pada jenjang pendidikan tertentu dapat mengikuti pembelajaran secara efektif; 2) tes diagnostik, dilaksanakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik, menentukan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar, dan menetapkan cara mengatasi kesulitan belajar tersebut; dan 3) tes formatif, bertujuan untuk mendapatkan umpan balik bagi usaha perbaikan kualitas pembelajaran dalam konteks kelas.
- Untuk menentukan berhasil atau tidaknya peserta didik sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Untuk keperluan ini dikenal dengan istilah tes sumatif. Tes ini dilaksanakan setelah sekumpulan materi pelajaran atau satuan program pengajaran selesai diberikan. Hasil tes sumatif berguna untuk: a) menentukan kedudukan tau rangking masing-masing peserta didik dikelompoknya, b) menentukan dapat atau tidaknya peserta didik melanjutkan program pembelajaran berikutnya, dan c) menginformasikan kemajuan peserta didik untuk disampaikan kepada pihak lain, seperti orang tua, sekolah/institusi, masyarakat, dan lapangan kerja.
Quote:
Dari uraian diatas dapat diketahui fungsi dari tes prestasi, salah satunya motivator dalam pembelajaran. Pada dasarnya, setiap manusia dalam melakukan suatu hal selalu ada tujuan dan hasil yang ingin dicapai sebagai penghargaan atas proses yang dilakukannya selama ini. Seperti halnya pada proses pembelajaran, seorang siswa belajar dengan giat yang salah satu tujuannya untuk mengejar cita-cita. Tentu setiap proses pendidikan dan pembelajaran diperlukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan dari siswa tersebut.
Lalu bagaimana pihak sekolah dapat mengukur hasil belajar siswa tersebut dengan akurat dan dapat dipertanggung jawabkan? Tentu dengan tes prestasi yang disusun sesuai dengan kompetensi-kompetensi yang dilakukan pada proses pendidikan dan pembelajaran yang disimbolkan dengan nilai atau huruf.
Lalu bagaimana pihak sekolah dapat mengukur hasil belajar siswa tersebut dengan akurat dan dapat dipertanggung jawabkan? Tentu dengan tes prestasi yang disusun sesuai dengan kompetensi-kompetensi yang dilakukan pada proses pendidikan dan pembelajaran yang disimbolkan dengan nilai atau huruf.
Quote:
Quote:
Banyak orang yang berpendapat bahwa nilai atau huruf tersebut tidak penting. Tetapi, dari mana guru, orang tua, dan orang lain tahu bahwa siswa tersebut dapat menyelesaikan kompetensi dari pembelajaran sebelumnya?
Dari hasil tes yang dituangkan dalam nilai atau huruf sebagai bukti dari hasil proses pembelajarannya. Simbol tersebut sebagai apresiasi terhadap hasil belajar siswa tersebut.
Dari hasil tes yang dituangkan dalam nilai atau huruf sebagai bukti dari hasil proses pembelajarannya. Simbol tersebut sebagai apresiasi terhadap hasil belajar siswa tersebut.
Quote:
Jika tes prestasi dapat dibuat dengan baik dan mewakili kompetensi yang harus didapatkan siswa pada proses pendidikan dan pembelajaran, tes prestasi tersebut dapat menghasilkan hasil yang maksimal dalam mengukur hasil dari proses pendidikan dan pembelajaran sebelumnya.
Quote:
Serius amat gan bacanya 

*becanda

Quote:
Terima kasih buat agan dan sista yang udah mau baca tulisan ane 
Jika suka dengan tulisan ane bisa timpukin ane
atau rate thread ini 

Jika suka dengan tulisan ane bisa timpukin ane


Spoiler for ~~~:
Quote:
Tulisan ini merupakan tugas dari Mata Kuliah Konstruksi Tes "Pentingkah Tes Prestasi?"
Rani K.
1125110543
Reguler 2011
Psikologi - Universitas Negeri Jakarta
Apa kata mereka tentang Tes Prestasi?
Rani K.
1125110543
Reguler 2011
Psikologi - Universitas Negeri Jakarta
Apa kata mereka tentang Tes Prestasi?
0
1.9K
Kutip
10
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan