Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kuncoro.gantengAvatar border
TS
kuncoro.ganteng
[Pendukungnya ternyata Robot] Trending Topic Jokowi-JK Diyakini Pakai Robot
Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) kerap menjadi trending topic di Twitter, terutama selama dan usai debat berlangsung. Saat debat putaran keempat, Minggu (29/6) misalnya, pasangan nomor urut 2 itu menjadi perbincangan di dunia maya dengan beberapa hastag seperti #PintarPilih2 dan #no2BEKERJA_salamDUAjari. Sayangnya, trending topic itu diciptakan akun robot atau buzzer, bukan akun asli.
"Trending topic tidak bisa lagi dipakai untuk mengukur popularitas sebuah topik karena diciptakan robot," ujar Direktur Eksekutif Indeks Digital, Jimmi Kembaren, Jumat (4/7). Menurutnya, terdapat 20-ribuan akun robot setiap harinya. Sementara untuk menjadi trending topic Indonesia hanya membutuhkan 10 ribu tweet/mention, dan 40-50 ribu tweet/mention untuk trending topic dunia.
Meski tim kedua pasangan capres-cawapres memiliki akun robot, Jokowi-JK diakui Jimmi lebih banyak dan sistematis. Setiap ada akun yang nge-tweet tentang Jokowi-JK, akun-akun robotnya langsung me-retweet sehingga seakan-akan perbincangan melibatkan banyak orang. "Dua-duanya menggunakan robot, tetapi yang sistematis adalah Jokowi," katanya.
Jimmi mengungkapkan, akun robot akan terus bermunculan hingga pilpres, pekan depan. Sebab, mayoritas penggunaTwitter masih meyakini kalau mention menjadi alat ukur popularitas sebuah topik. "Akun robot lahir dari pemahaman terhadap mention yang menunjukan populernya sebuah topik. Pengguna Twitter yang tidak mengerti akan terjebak di dalamnya," tuturnya.
Namun, Jimmi memastikan kalau trending topic tidak menunjukan popularitas capres-cawapres di Twitter yang saat ini jumlah penggunanya mencapai 20 juta orang. Meski Jokowi-JK lebih sering menjadi trending topic, bukan berarti Prabowo Subianto-Hatta Rajasa kalah dukungan di dunia maya. "Trending topic tidak bisa menjadi alat ukur," tegasnya. sumber

nah looo emang robot bisa nyoblos?
tipuan murahan
emoticon-Matabelo
0
4K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan