- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
TENTANG SEAMLESS SHIFT GEARBOX di MOTOGP


TS
dsurya83
TENTANG SEAMLESS SHIFT GEARBOX di MOTOGP
Sebenernya apasih Seamless Shift Gearbox (SSG) ini?
mengapa mampu membuat motor lebih kencang?
kenapa bisa?
oke oke
ane berusaha menjelaskan dengan sebaik2nya melalui tread ane yang sederhana ini
Seamless Shift Gearbox (SSG)
Sistem tranmisi yang kita kenal selama ini adalah
1.Manual tranmisi
2.Automatis tranmisi
3.CVT (Continously Variable Transmission)
setelah kita mengenal jenis2 tranmisi,mari kita kembali menuju apasih SSG itu?
Sistim transmisi Seamless-Shift mempunyai keunggulan yang tidak ada pada ketiga sistim diatas. Perpindahan gigi ini bisa dilakukan dengan Tombol (seperti mobil F1) atau dengan perintah ECU (sesuai setting komputer)-tanpa campur tangan pengendara.
Seamless-Shift Gearboxes atau Zeroshift sudah diterapkan pada motor moge keluaran honda beberapa tahun yang lalu dan mulai tahun 2012 sudah diterapkan pada motoGP Honda RC212V tunggangan Casey Stoner.
Dengan menggunakan sistim Zeroshift (Zeroshift adalah perusahan penemu prototipe transmisi ini) pada motor Honda RC212V dapat memangkas waktu tempuh dalam satu putaran 0.3 – 0.5 detik ini merupakan fakta yang sangat mengejutkan. Dengan kata lain perpindahan gigi tidak terjadi hentakan, ban depan tidak terangkat bila menaikkan gigi, begitu pula sebaliknya, tidak akan terjadi Engine Brake yang berlebihan ketika gigi diturunkan. Karena hal tersebut sudah diatur ecu agar perpindahan gigi hanya pada rpm yang sudah ditentukan..itulah sebabnya pengunaan SSG pada Motor MotoGP mampu menghemat ban juga.
MotoGP Ducati pun sudah menerapkan sistim ini agar motor mereka lebih kompetitif dari kompetitornya.

gambar SSG

SSG milik HONDA
Menuju ke Cara Kerja SSG
Dalam kerja tranmisi biasa yang sederhana , as transmisi yang terbagi dua : as tranmisi primer (as yang langsung terhubung rumah kopling ) dan as tranmisi pembalik ( as yang berhubungan dengan final gear / gir rante roda.
Disetiap as tranmisi padsa umunya mempunyai 2 gigi : gigi geser dan gigi putar. Ada juga sih yang mempunyai gigi mati.

Gigi geser : gigi yang bisa bergeser tetapi gak bisa berputar bebas ( puterannya manut as tranmisi ) yang berguna untuk mematikan gigi putar, sesuai dengan gigi putar yang kita inginkan. sering disebut “dog gear” karena hanya bisa bergerak lurus, tetapi gak bisa berputar kiri kanan :-P
Gigi putar : gigi yang bisa berputar bebas, dan mempunyai pasangan dengan ke2 as tranmisi sebagai perbandingan gigi, agar torsi keluar sesuai dengan kita inginkan.
Antara gigi putar satu dengan lainya mempunyai jarak yang berjauhan, sehingga gigi geser mempunyai waktu yang lama dari merelease gigi sebelumnya dan mematikan gigi yang kita inginkan.
untuk SSG,pada intinya kita hanya membicarakan 2 gear yaitu gear pertama dan kedua, kedua gear ini berputar bebas pada poros As Output. Kedua gear tersebut dihubungkan dengan gear dari poros As Input yang merupakan sumber tenaga dari rumah kopling dan As Kruk.
Diantara dua gear tersebut ada “Dog-Clutch” yang bertumpu pada As output dan terpasang pula 2 ring yang terdapat 3 bantalan (Bullet) ditiap kedua Ring. Bantalan ini bergerak maju-mundur sebagai penghubung antara Gear 1dan 2 – Dog Clutch – Output Shaft.

1. Pada posisi netral bantalan merah dan biru diposisi tengah, untuk mengaktifkan gear ke satu maka bantalan biru bergerak menuju gear pertama sehingga “Dog-Clutch” akan ikut berputar begitu pula dengan As Output.

2. Disusul kemudian oleh Bantalan merah menuju gear pertama. Bantalan merah ini berfungsi sebagai pengunci gear pertama agar efek Engine Brake dapat terjadi namun efeknya tidak separah pada transmisi manual, Engine Brake bisa diatur dengan kontrol ecu – artinya ketika “downshift” ecu akan memerintahkan hanya pada rpm tertentu saja (hal ini tidak terjadi pada sistim transmisi automatis.

3. Untuk mengaktifkan Gear kedua maka bantalan merah bergerak menuju gear ke dua.

4. Ketika Bantalan merah sudah menempel pada gear ke dua, maka bantalan biru akan keluar dengan sendirinya dari gear pertama akibat dari perputaran gear kedua yang lebih cepat dari yang pertama.

5. Terakhir bantalan biru bergerak menuju gear ke dua sebagai pengunci agar kendaraan bisa mendapatkan “Engine Breake”.
Keunggulan dari SSG
Pastinya dengan sistim ini banyak keuntungan yang didapatkan dalam berkendara yaitu:
1. Penghematan Bahan Bakar.

fuel econo dari gambar diketahui bahwa sistim Zeroshift sangat hemat bahan bakar dibandingkan dengan sistim Transmisi Automatis, bahkan sama dengan Transmisi Manual.
2. Peningkatan Performa (akselerasi).

akselerasi Tabel diatas menunjukkan bahwa peningkatan akselerasi dari 0 sampai 100kpj sangat signifikan (beda 1 detik dengan Manual Transmisi).
3. Tidak terjadi penurunan tenaga atau torsi ketika perpindahan gigi.

manual shiftDari grafik diatas adalah kendaraan dengan transmisi manual. Dimana gap waktu perpindahan gigi = 1.3 detik dan terjadi penurunan grafik akselerasi (garis biru tua) dan Rpm (garis merah muda- drop 1000rpm)

Grafik diatas adalah kendaraan dengan sistim Zeroshift.
Gap perpindahan gigi = 0.1 detik
Rpm = Penurunan sangat sedikit (500rpm)
Akselerasi = hampir stabil – tidak terjadi penurunan yang tajam.
di sadur dari berbagai sumber
semoga bermanfaat
terima cendol gan

Bonus biar gk panik



mengapa mampu membuat motor lebih kencang?
kenapa bisa?
oke oke
ane berusaha menjelaskan dengan sebaik2nya melalui tread ane yang sederhana ini

Seamless Shift Gearbox (SSG)
Sistem tranmisi yang kita kenal selama ini adalah
1.Manual tranmisi
2.Automatis tranmisi
3.CVT (Continously Variable Transmission)
setelah kita mengenal jenis2 tranmisi,mari kita kembali menuju apasih SSG itu?
Sistim transmisi Seamless-Shift mempunyai keunggulan yang tidak ada pada ketiga sistim diatas. Perpindahan gigi ini bisa dilakukan dengan Tombol (seperti mobil F1) atau dengan perintah ECU (sesuai setting komputer)-tanpa campur tangan pengendara.
Seamless-Shift Gearboxes atau Zeroshift sudah diterapkan pada motor moge keluaran honda beberapa tahun yang lalu dan mulai tahun 2012 sudah diterapkan pada motoGP Honda RC212V tunggangan Casey Stoner.
Dengan menggunakan sistim Zeroshift (Zeroshift adalah perusahan penemu prototipe transmisi ini) pada motor Honda RC212V dapat memangkas waktu tempuh dalam satu putaran 0.3 – 0.5 detik ini merupakan fakta yang sangat mengejutkan. Dengan kata lain perpindahan gigi tidak terjadi hentakan, ban depan tidak terangkat bila menaikkan gigi, begitu pula sebaliknya, tidak akan terjadi Engine Brake yang berlebihan ketika gigi diturunkan. Karena hal tersebut sudah diatur ecu agar perpindahan gigi hanya pada rpm yang sudah ditentukan..itulah sebabnya pengunaan SSG pada Motor MotoGP mampu menghemat ban juga.
MotoGP Ducati pun sudah menerapkan sistim ini agar motor mereka lebih kompetitif dari kompetitornya.

gambar SSG

SSG milik HONDA
Menuju ke Cara Kerja SSG
Dalam kerja tranmisi biasa yang sederhana , as transmisi yang terbagi dua : as tranmisi primer (as yang langsung terhubung rumah kopling ) dan as tranmisi pembalik ( as yang berhubungan dengan final gear / gir rante roda.
Disetiap as tranmisi padsa umunya mempunyai 2 gigi : gigi geser dan gigi putar. Ada juga sih yang mempunyai gigi mati.

Gigi geser : gigi yang bisa bergeser tetapi gak bisa berputar bebas ( puterannya manut as tranmisi ) yang berguna untuk mematikan gigi putar, sesuai dengan gigi putar yang kita inginkan. sering disebut “dog gear” karena hanya bisa bergerak lurus, tetapi gak bisa berputar kiri kanan :-P
Gigi putar : gigi yang bisa berputar bebas, dan mempunyai pasangan dengan ke2 as tranmisi sebagai perbandingan gigi, agar torsi keluar sesuai dengan kita inginkan.
Antara gigi putar satu dengan lainya mempunyai jarak yang berjauhan, sehingga gigi geser mempunyai waktu yang lama dari merelease gigi sebelumnya dan mematikan gigi yang kita inginkan.
untuk SSG,pada intinya kita hanya membicarakan 2 gear yaitu gear pertama dan kedua, kedua gear ini berputar bebas pada poros As Output. Kedua gear tersebut dihubungkan dengan gear dari poros As Input yang merupakan sumber tenaga dari rumah kopling dan As Kruk.
Diantara dua gear tersebut ada “Dog-Clutch” yang bertumpu pada As output dan terpasang pula 2 ring yang terdapat 3 bantalan (Bullet) ditiap kedua Ring. Bantalan ini bergerak maju-mundur sebagai penghubung antara Gear 1dan 2 – Dog Clutch – Output Shaft.

1. Pada posisi netral bantalan merah dan biru diposisi tengah, untuk mengaktifkan gear ke satu maka bantalan biru bergerak menuju gear pertama sehingga “Dog-Clutch” akan ikut berputar begitu pula dengan As Output.

2. Disusul kemudian oleh Bantalan merah menuju gear pertama. Bantalan merah ini berfungsi sebagai pengunci gear pertama agar efek Engine Brake dapat terjadi namun efeknya tidak separah pada transmisi manual, Engine Brake bisa diatur dengan kontrol ecu – artinya ketika “downshift” ecu akan memerintahkan hanya pada rpm tertentu saja (hal ini tidak terjadi pada sistim transmisi automatis.

3. Untuk mengaktifkan Gear kedua maka bantalan merah bergerak menuju gear ke dua.

4. Ketika Bantalan merah sudah menempel pada gear ke dua, maka bantalan biru akan keluar dengan sendirinya dari gear pertama akibat dari perputaran gear kedua yang lebih cepat dari yang pertama.

5. Terakhir bantalan biru bergerak menuju gear ke dua sebagai pengunci agar kendaraan bisa mendapatkan “Engine Breake”.
Keunggulan dari SSG
Pastinya dengan sistim ini banyak keuntungan yang didapatkan dalam berkendara yaitu:
1. Penghematan Bahan Bakar.

fuel econo dari gambar diketahui bahwa sistim Zeroshift sangat hemat bahan bakar dibandingkan dengan sistim Transmisi Automatis, bahkan sama dengan Transmisi Manual.
2. Peningkatan Performa (akselerasi).

akselerasi Tabel diatas menunjukkan bahwa peningkatan akselerasi dari 0 sampai 100kpj sangat signifikan (beda 1 detik dengan Manual Transmisi).
3. Tidak terjadi penurunan tenaga atau torsi ketika perpindahan gigi.

manual shiftDari grafik diatas adalah kendaraan dengan transmisi manual. Dimana gap waktu perpindahan gigi = 1.3 detik dan terjadi penurunan grafik akselerasi (garis biru tua) dan Rpm (garis merah muda- drop 1000rpm)

Grafik diatas adalah kendaraan dengan sistim Zeroshift.
Gap perpindahan gigi = 0.1 detik
Rpm = Penurunan sangat sedikit (500rpm)
Akselerasi = hampir stabil – tidak terjadi penurunan yang tajam.
di sadur dari berbagai sumber
semoga bermanfaat
terima cendol gan


Bonus biar gk panik



Diubah oleh dsurya83 04-10-2013 15:04
0
15K
90


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan