Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jdshgfAvatar border
TS
jdshgf
Penyebab Blackberry Lemot dan Cara Atasinya

1. Kebanyakan Aplikasi Aneh Aneh
Mungkin banyak yang gak tahu kalo OS Blackberry mampu mendeteksi aplikasi aneh semacam ini, dianggap tidak memenuhi syarat oleh RIM. Diam diam blackberry anda mengumpulkan aplikasi apa saja yang membuat gadget anda jadi lemot dan suka hang. Yang perlu anda lakukan hanyalah menghapus semua aplikasi yang diminta oleh blackberry utk dihapus. Jangan heran jika beberapa aplikasi tersebut ternyata merupakan aplikasi kesayangan anda. Tinggal pilih, aplikasi atau bb anda tetap hang dan lemot. Kalau saya sih dengan mudah akan memutuskan bantai semua aplikasi itu. Why? Blackberry dirancang untuk komunikasi, bukan utk aplikasi aneh2x semacam itu, yg kebanyakan tidak ada hubungannya dgn komunikasi. So jika anda ngotot pengen aplikasi kayak gitu di gadget anda, yah mendingan beli satu lagi, iPhone atau Android, sebagai pelengkap blackberry anda. Kbanyakan org yg saya kenal memiliki gadget lain selain blackberry, so sah sah saja kok.

Cara hapus aplikasi dimaksud adalah, restart dulu blackberry agan dengan pencet tombol ALT aA Del (pertama tombol Alt dulu dipencet, tahan, lalu jari lainnya pencet tombol aA, tahan keduanya, lalu jari terakhir baru pencet tombol Del, tahan ketiga tombol itu selama 1-2 detik, lepaskan semua jari anda, tunggu sampai lampu merah menyala disudut kanan atas blackberry anda, itu berarti restart sudah dimulai). Tunggu restart selesai, setelah itu pencet tombol logo blackberry, pilih Switch Application, cari icon net_rim_bb_appremoval_bb (Aplikasi Memory Manager), centang semua aplikasi yg tertera disitu, lalu pencet Delete Selected Item, lalu pas ditanya restart ulang, jawab saja YES



2. Kebanyakan Language Yang Gak Perlu
Banyak yang gak sadar di blackberry miliknya terinstall bahasa asing yg tidak pernah anda pakai selama ini. Hapus saja bahasa kayak gitu, sisakan bahasa Inggris dan/atau Indonesia saja.

Cara hapusnya sama kayak nomor satu diatas, hanya saja pilih Language, lalu centang bahasa2x yg akan dihapus (kecuali Inggris atau Indonesia, biarkan saja jangan dicentang), lalu pencet OK


3. Kebanyakan Contact BBM
Pernah dapat bbm berisikan Pin Train berisikan pin pin orang2x yg tidak anda kenal utk diajak temenan dengan berbagai alasan seperti contactnya masih dikit/kasian dll itu? Biasanya org yg baru punya bb akan tergoda utk invite semua pin pin yg ada didalam bbm itu dan ikuti instruksi didalam bbm itu. Tapi justru itu jadi bumerang buat anda, terutama jika blackberry anda punya spesifikasi rendah (memori kecil, prosesor kecil), bisa hang lemot blackberry anda nantinya jika sudah mendekati 2000 contact bbm tersimpan di bb anda.

Tidak ada pilihan, contact yg tidak anda kenal, sebaiknya dihapus saja. Bikin kategori contact bbm guna memudahkan anda membedakan siapa yg layak dihapus dan siapa yg ingin anda pertahankan. Sebaiknya simpan contact yg sudah anda kenal saja. Jika belum kenal, maka kenalan secepat mungkin, cari sesuatu yg bisa anda manfaatkan dari kenalan itu. Jika tidak ada kesamaan, atau yg bersangkutan sombong gak pernah balas, ngapain dipertahankan, delcon sajalah. Ingat, semakin banyak contact di blackberry anda, semakin lemot lambreta blackberry anda. Jadi pastikan contact2x anda itu yg penting2x saja semuanya.

Kalau udah terlanjur hang lemot tiap kali dinyalakan, gimana donk cara hapusnya? Sering saya dapat bbm berisikan permohonan maaf karena bb nya di format (swipe) atau di flash, hanya utk menyembuhkan lemot nya itu. Cara ini tidak saya sarankan, karena data2x penting agan akan ikut hilang bersamanya (terbukti dgn banyaknya bbm permintaan reinvite dsb).

Cara hapus contact gak penting dikala blackberry udah terlanjur lemot hang tiap kali power on, adalah sebagai berikut: pertama, matikan dulu mobile network anda utk memastikan bb tidak bunyi tang ting tung kala proses recovery ini berlangsung. caranya gampang, tinggal arahkan kursor ke bagian paling atas dimana label provider seluler anda ditampilkan, trus pencet tombol utama (tengah), buang centang dari mobile network, lalu pencet tombol hangup (gagang telp merah) utk kembali ke main screen.
Lalu secepat sebisa mungkin, pencet tombol Alt LGLG utk clear log memory bb anda. Setelah itu masuk ke aplikasi bbm dan mulailah end chat semua chating yg masih mengantung di bbm anda. Setelah itu delcon semua contact yg tidak penting. Semua harus dilakukan dengan gerakan tangan secepat mungkin, karena berpacu dgn waktu dimana selama proses cleaning itu berlangsung, bb akan kembali lemot dan anda dipaksa untuk restart ulang. Proses ini membutuhkan restart berkali kali di awal awalnya saja. Semakin sedikit contact bb anda, semakin jarang anda lakukan restart. Kapan kudu restart? Yaitu dikala bb hang selama 1 menit, nah itu pertanda percuma saja ditungguin, mending restart saja. Banyak toko hape dan tukang servis hape yg malas lakukan restart berkali kali dan delcon kayak gini, makanya kasi saran swipe atau flashing aja yg berakibat data penting anda hilang semua. Jadi yah mending kita sendiri yg sembuhin.

Setelah semua yg gak penting berhasil di delcon, maka nyalakan kembali mobile network seluler anda agar hasil delcon nya bisa di update ke server bb RIM di pusat sehingga bb anda tidak perlu menerima hit request tidak perlu dari contact yg sudah tidak pernah ada lagi itu.

Mustinya pada titik ini, bb anda sudah normal kembali dan tidak lemot lagi. Langkah terakhir, leave group group yang gak penting. Grup bb termasuk yg menyita memori bb anda, jadi mending di hapus saja grup yg tidak penting.

Ketiga cara diatas sudah ane coba dan berhasil. Butuh waktu seharian utk menyelesaikan semua tahapan diatas, apalagi jika bb udah terlanjur hang total gak bisa diapa-apain lagi. Selamat mencoba.

0
4.5K
41
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan