GuruRumahAvatar border
TS
GuruRumah
Keren Abis, Bali Bangun Villa dengan Tenaga Surya!
Sumber : http://www.rumah.com/berita-properti

Konsep ramah lingkungan diaplikasikan pada proyek komersial terbaru PT Citra Mutiara Bestari (CMB). Penggunaan solar cell dipercaya dapat membantu mengurangi beban listrik dari Perusahaan Listrik Negara dan di saat yang sama dapat mengampanyekan konsep cinta lingkungan.

Harso Utomo Suwito, Direktur PT CMB mengatakan, proyek vila yang bertajuk Puri Dharawanngsa Villas Bali by Horison awalnya dirancang hanya sebagai unit hunian yang ramah lingkungan dengan luas lahan per unitnya sebesar 150 m2. Tetapi oleh pemerintah setempat, perizinannya kemudian dialihkan menjadi kompleks komersial atau vila yang memiliki luas lahan minimal 300 m2 per unit.

"Kalau hanya menawarkan vila berkonsep green dengan tema tropis, sudah biasa di Bali. Kami harus hadir dengan konsep baru yang mengusung heritage Bali dan memanfaatkan sumber daya lokal semaksimal mungkin. Makanya kami manfaatkan limpahan matahari dengan solar cell di proyek ini," tutur Harso di Jakarta, hari ini (14/1).

Dia menjelaskan, meski tidak diaplikasikan untuk masing-masing unit vila, solar cell digunakan untuk mengaktifkan penerangan jalan dan lampu halaman depan vila. Hal ini bertujuan membantu penghuni yang lupa menyalakan lampu depan saat malam datang.

"Tidak jarang para penghuninya kembali ke vila saat hari sudah gelap, ini juga bisa membantu mereka. Karena solar cell ini akan membuat lampu menyala secara otomatis saat cuaca di luar mulai gelap atau redup," terang Harso.

SELENGKAPNYA

gosipnya panel surya harganya bakal turun gan, prospek kedepannya bagus utk hemat penggunaan listrik.
0
1.8K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan