Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LasaintAvatar border
TS
Lasaint
13 Cara Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anda
Kekurangan terbesar dari orang-orang Indonesia adalah rasa percaya diri, hal ini terjadi karena kita tidak pernah dilatih untuk meningkatkannya. Contoh paling sederhana saja, sewaktu jam pelajaran di kelas, untuk angkat tangan pun banyak dari kita terlalu sering merasa malu. Untungnya walaupun beberapa orang dilahirkan dengan rasa percaya diri yang tinggi, tetapi rasa percaya diri bisa dipelajari dan ditingkatkan apabila kita mengerti caranya.

Percaya diri atau confidence merupakan salah satu faktor utama untuk mendapatkan kebahagian dan kesuksesan karena rasa percaya diri akan mempengaruhi jalan pikiran anda, cara bicara, cara bertindak, dan cara mengambil keputusan. Semua hal itu tentunya sangat berpengaruh dalam aspek karir, keuangan, hubungan, dan kesehatan. Sebuah studi bahkan menunjukkan orang dengan rasa percaya diri lebih banyak bertindak dan biasanya lebih sukses daripada yang tidak. Terlebih lagi orang yang rasa percaya dirinya tinggi juga lebih menikmati hidup sehingga mereka relatif lebih bahagia.

Untungnya rasa percaya diri bisa dibangun dan dikembangkan asalkan anda rela meluangkan sedikit waktu dan usaha.



13 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri


1. Lebih sering mengalami kegagalan. Semakin sering anda mencoba meraih sesuatu maka semakin sering pula anda akan gagal. Ambil positifnya dari kegagalan tersebut, dari situ anda akan terbiasa terjatuh dan bangkit dan rasa percaya diri anda akan semakin bertambah.

2. Catat pencapaian anda. Setiap kali anda mencapai suatu tujuan, catatlah. Besar atau kecilnya pencapaian tersebut tidak menjadi masalah. Suatu saat ketika anda melihat catatan tersebut, anda akan merasa lebih positif dan percaya diri dalam menghadapi berbagai hal.

3. Jangan membanding-bandingkan. Jangan pernah membandingkan diri anda sendiri dengan orang lain. Anda boleh belajar hal positif dari orang lain namun jangan sekali-kali membandingkan diri anda sendiri dengan orang tersebut. Apalagi terkadang apa yang kita lihat tidak sesuai dengan kenyataan di belakangnya.

4. Berpakaian yang baik. Cara anda berpakaian akan mempengaruhi cara anda melihat diri sendiri dan bagaimana orang lain memandang anda. Tidak harus pakaian baru yang mahal, cukup kenakan pakaian yang pas dan layak. Untuk lebih meningkatkan percaya diri, anda lebih baik menggunakan pakaian berwarna cerah.

5. Perbaiki postur. Orang-orang yang kekurangan percaya diri selalu memiliki postur yang salah seperti cara berjalan dan duduk yang membungkuk atau terlalu sering melihat ke bawah. Kalau anda seperti itu, segera perbaiki postur anda. Postur yang baik akan meningkatkan rasa percaya diri secara instan.

6. Fitness/Olahraga. Kondisi fisik yang baik dan berenergi akan membuat anda lebih percaya diri. Hormon endorfin yang dikeluarkan oleh tubuh saat berolahraga juga akan meningkatkan energi anda.

7. Berbicara dengan orang lain. Saat anda berada di tengah-tengah orang banyak, cobalah untuk menyapa dan berbicara dengan orang yang belum anda kenal daripada hanya berkumpul bersama orang-orang yang sudah akrab sebelumnya.

8. Miliki tujuan. Untuk setiap hal yang akan anda kerjakan buatlah tujuan sebagai target anda. Untuk di awal, buatlah tujuan yang sederhana, tujuan yang mudah dan cepat diselesaikan. Semakin banyak target yang anda penuhi, semakin tinggi pula rasa percaya diri anda untuk menghadapi tujuan-tujuan yang lebih besar.

9. Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri. Dalam pergaulan, tingkah laku dapat dikatakan sebagai penyakit yang menular. Apabila anda berada di sekeliling orang-orang yang memiliki rasa percaya diri, lama-kelamaan anda juga menjadi salah satu dari mereka.

10. Bersahabat dengan diri sendiri. Anda yang saat ini sedang kekurangan rasa percaya diri pasti menyadari ketika anda akan melakukan sesuatu, anda akan langsung berpikir negatif dan membayangkan bagaimana orang lain akan menghina dan mengejek anda. Saat perasaan itu muncul, ingatkan kepada diri dan berpikir lebih logis, teman-teman anda tidak mungkin memiliki pikiran seperti itu.

11. Percaya pada insting. Ketika dihadapi dalam suatu pengambilan keputusan atau hal lainnya, seringkali anda akan memiliki insting tersendiri. Percayai insting anda, dengarkan bagaimana diri anda sendiri menginginkan suatu hal. Dengan itu anda akan selalu memilih pilihan yang tepat bagi diri anda sendiri, dan anda makin percaya diri.

12. Belajar. Teman-teman anda yang memiliki peringkat sepuluh besar di kelas, pasti memiliki tingkat percaya diri yang tinggi. Hal itu dikarenakan mereka memiliki pengetahuan yang tinggi. Maka dari itu belajarlah, karena Knowledge is Power.

13. Teruslah berlatih. Kembali ke poin nomor 1, semakin banyak anda mencoba, semakin banyak anda gagal, maka semakin tinggi rasa percaya diri anda. Semakin banyak anda berlatih maka anda akan menjadi semakin mahir dalam bidang tersebut, termasuk dalam bidang melatih kepercayaan diri.
Diubah oleh Lasaint 30-10-2012 02:03
0
1.7K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan