Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ashibnuAvatar border
TS
ashibnu
Tacoma Narrows, Jembatan Yang Bergoyang

Pada pagi hari tanggal 7 November 1940, pengendara di jembatan Tacoma Narrows di negara bagian Washington melihat sesuatu yang aneh, jalanan aspal di jembatan itu nampak bergoyang-goyang seperti gelombang. Tak lama kemudian hampir seluruh jembatan itu dari mulai tiang penyangga dan kawat penopang bergerak menyerupai bergelombang. Sekitar pukul 11 pagi jembatan yang bergoyang itu runtuh dan terjun ke dalam air.

Efek Photoshop di Foto Salvador Dali Tahun 1948

Konstruksi jembatan Tacoma Narrows selesai hanya beberapa bulan sebelum runtuh, pada bulan Juli 1940. Pada saat itu Tacoma Narrows adalah jembatan gantung terpanjang ketiga yang pernah ada dan hanya dikalahkan oleh jembatan Golden Gate di California dan jembatan George Washington di New Jersey. Dibandingkan dengan kedua jembatan tersebut, kontruksi jembatan Tacoma Narrows sangat sempit dan sederhana.

Desain yang diusulkan dibuat dengan pondasi yang sangat dalam di bawahnya, sebuah fitur yang memberikan kekuatan dan tekanan besar, tetapi itu juga akan membuat biaya membengkak. Akhirnya desain tersebut dikesampingkan demi menghemat biaya agar lebih murah. Pondasi jembatan akhirnya dibuat lebih dangkal untuk menghemat uang jutaan dolar. Meskipun lebih hemat dan murah, pilihan tersebut dengan cepat terbukti bermasalah. Bahkan selama konstruksi, jembatan menunjukkan banyak goncangan selama diterjang angin.


Meskipun mengkhawatirkan, hal itu tidak dianggap cukup berbahaya untuk menghentikan pembangunan jembatan yang kemudian diresmikan pada 1 Juli 1940. Sejumlah tindakan peredaman telah dicoba untuk mengurangi goyangan jembatan. Sebuah penyangga hidrolik dipasang di antara jalan dan menara, ditambah dengan tambatan kabel panjang ke pemberat di sisi jembatan. Kedua usaha tersebut nyatanya tidak menghasilkan apa-apa, bahkan penyangga hidrolik sempat rusak ketika jembatan dicat, membuatnya menjadi tidak efektif dan kabel yang mengarah ke pemberat sempat putus tidak lama setelah pemasangan.

Petugas Jembatan Washington mencari solusi lain untuk meredam pergerakan yang berlebihan. Usaha pertama yang mereka lakukan ke jembatan hanya selang lima hari sebelum runtuhnya jembatan. Pada hari terjadinya bencana, arus lalu lintas di atas jembatan cukup normal. Ketika jembatan mulai bergoyang dengan kencang, jembatan ditutup untuk para pengemudi. Selama penutupan tersebut ternyata ada salah satu mobil yang tertinggal di area jembatan. Namun, dengan cepat mereka yang ada dalam mobil berhasil menyelamatkan diri.


Sayangnya, peliharaan mereka seekor anjing yang bernama Tubby tertinggal di dalam mobil. Ketika goyangan jembatan mereda selama beberapa menit, ada dua pria yang berlari mencoba menyelamatkan anjing itu, hanya saja Tubby malah menggigit salah satu dari mereka dan menolak untuk meninggalkan mobil. Tubby masih berada di jembatan ketika akhirnya ambruk dan jatuh ke dalam air sungai di bawahnya. Tubuh Tubby tidak pernah ditemukan.

Investigasi dilakukan untuk menentukan sebab runtuhnya jembatan. Banyak teori yang muncul dan banyak faktor yang berkontribusi akhirnya ketahui. Pertama struktur jembatan ternyata terlalu fleksibel dan ringkih. Kualitas aspal jalan dan rangka jembatan juga menjadi sebab jembatan itu runtuh. Kabel penopang di tengah jembatan juga membuat badan jalan berliku-liku ketika diterpa angin kencang.


Pada hari terjadinya bencana, jembatan tersebut terkena terpaan angin yang sangat kuat. Ketika angin menghantam jembatan, jembatan semakin bergoyang hebat dengan kualitas bahan bangunan yang buruk memperlemah kontruksinya. Setelah kejadian itu beberapa upaya dilakukan untuk menyelamatkan puing-puing dari struktur jembatan.

Akibat goyangan yang kencang telah menyebabkan kerusakan yang sangat parah dan sebagian besar komponen logam tidak dapat diselamatkan. Pondasi beton yang masih utuh akhirnya digunakan kembali dalam pembuatan jembatan baru Tacoma Narrows. Puing-puing aspal yang jatuh ke dalam air tetap dibiarkan yang akhirnya menjadi ekosistem kehidupan air dan menjadi karang buatan. Jembatan lain di daerah itu diperkuat untuk mencegah kejadian serupa terjadi lagi, pemberlakuan pengujian terowongan angin di jembatan juga menjadi hal wajib.


Runtuhnya jembatan Tacoma Narrows menjadi bahan studi kasus yang menunjukkan pentingnya aerodinamika dalam desain jembatan bagi para insinyur di seluruh dunia. Pembangunan Jembatan baru, tertunda oleh perang dunia II yang akhirnya dibuka pada tahun 1950 dan beroperasi tanpa insiden besar selama beberapa dekade. Begitu populernya jembatan tersebut, sehingga jembatan kedua dibangun di sampingnya untuk menopang kapasitas lalu lintas. Jembatan baru didesain mirip dengan jembatan sebelahnya dan dibuka pada tahun 2007.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:
Diubah oleh ashibnu 18-03-2022 01:10
tokek.terbangAvatar border
OkutetAvatar border
farhnms11370Avatar border
farhnms11370 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan