Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Volvo B12M, Bus Unik Yang Mesinnya Di Tengah!
Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar Volvo B12M, bus unik yang bermesin tengah.


Peletakan mesin bus, umumnya di depan dan belakang. Namun pernah gak sih Gansis dengar ada bus yang peletakan mesinnya di tengah? Nah, ini dia Volvo B12M, bus yang memiliki mesin di tengah bus.

Volvo B12M adalah sasis bus keluaran Volvo yang sangat langka di Indonesia. Mesinnya sendiri menggunakan Volvo DH12 diesel 12.000cc atau 12 liter, 6 silinder segaris turbo intercooler. 


Bicara soal tenaga dan torsi, tidak usah diragukan lagi karena tenaga maksimalnya mencapai 422PS pada putaran mesin 1.800rpm. Torsi? 2.000nm pada putaran mesin yang hanya 1.200rpm saja! Jadi bisa dibilang setara dengan mesin bus-bus tronton sekarang.

Dimensinya tidak terlalu besar. Panjangnya hanya 10.007mm, lebarnya 2.471mm, dengan wheelbase 6.200mm. GVW-nya sendiri mencapai 19 ton, tergolong besar untuk ukuran bus double axle.


Suspensi dari Volvo B12M adalah suspensi udara yang bisa diatur naik-turun layaknya Scania K360IB dan Mercedes O 500 R 2542. Inilah yang menyebabkan GVW-nya bisa dibilang besar.

ATPM Volvo pernah menjual sasis ini di Indonesia pada tahun 2005 lalu dan hanya laku satu unit di Tanah Air. Hanya PO Nusantara yang memilikinya, digunakan sebagai armada pariwisata dengan body Setra Smile.


PO Nusantara pun butuh 3 tahun untuk membuat body diatas sasis ini, di karoseri Adiputro. Hal ini dikarenakan PO Nusantara ingin membuat body yang sangat mewah, dan tipe sasis ini hanya ada satu se-Indonesia jadi butuh banyak konsultasi dengan produsen.

Meski hampir sama sekali tidak laku di Indonesia, sasis ini bisa dibilang lumayan laku di Eropa, terbukti dari populasinya yang cukup banyak. Banyak PO di Eropa yang memiliki sasis ini.  


Bus ini sangat unik karena peletakan mesinnya yang ada di tengah. Kelebihan dari peletakan mesin di tengah adalah center of gravity yang sangat bagus. Hal ini mempengaruhi handling dan safety menjadi lebih bagus, karena bobot ter-distribusikan dengan stabil di tengah. Selain itu juga, kalau bus menabrak sesuatu, entah dari belakang atau dari depan, kemungkinan mesin terkena kerusakan lebih kecil, meski memang jika ditabrak dari samping, mesin sangat berpotensi mengalami kerusakan.

Namun model sasis seperti ini tidak populer di Indonesia karena maintenance yang tergolong sulit dan juga kapasitas bagasi yang sangat terbatas. PO Nusantara pun tidak menggunakan B12M sebagai armada AKAP, hanya sebagai armada pariwisata yang interiornya sangat mewah dengan julukan "Omah Mlaku"


Nah, jadi itulah isi thread ane yang membahas seputar Volvo B12M. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane juga akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

 Sumber: 123
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
rotten7070Avatar border
EriksaRizkiMAvatar border
browning3Avatar border
browning3 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan