ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Mesin J08E Hino Baru, Standar Emisi Euro 4!
Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar mesin J08E Hino yang baru dengan standar emisi Euro 4.


Mesin Hino saat ini, umumnya semuanya masih memiliki standar emisi Euro 2. Semua, baik bus dan truk pun begitu, terlebih yang menggunakan mesin kode J08 seperti Hino 500 atau Hino RK/AK.

Dengan adanya regulasi terbaru yang mulai berlaku dalam waktu dekat, dimana regulasi tersebut mewajibkan seluruh kendaraan komersial baru untuk memiliki standar gas buang Euro 4 guna menurunkan emisi, mau tidak mau pabrikan harus meng-upgrade kendaraannya dengan standar emisi Euro 4 baru ini.


Hino bisa dibilang salah satunya, karena memang Hino dari dahulu masih mengandalkan standar emisi Euro 2 di kebanyakan lineup-nya, dan masih belum meng-upgrade hingga Euro 4.

Tentunya, bagian yang mesti diupgrade merupakan mesin, dan mesin yang di-upgrade oleh Hino adalah mesin seri J08, mesin andalan Hino untuk lineup-lineup bus dan truknya di Indonesia. Memang, mesin ini sudah ada sejak cukup lama dan masih digunakan hingga sekarang. Mesin terbaru Hino sempat dipajang di GIIAS November lalu.


Mesin J08E yang baru memiliki sistem commonrail dan juga sistem EGR atau Exhaust Gas Recirculation, yang berguna untuk menurunkan emisi mesin. Selain itu, ada juga improvement turbo yang sistemnya menjadi VNT (Variable Nozzle Turbocharger). Sistemnya mirip dengan turbo milik Fortuner 2KD yang juga menggunakan VNT.

Mesin baru ini akan segera diaplikasikan ke seluruh produk Hino yang menggunakan mesin J08E namun standarnya masih Euro 2 guna memenuhi regulasi pemerintah. Regulasi Euro 4 berlaku mulai 7 April 2022, sekitar dua bulan setelah thread ini dibuat.


Ane belum mendapat info tentang tenaga dan torsinya, bisa jadi dipangkas, bisa jadi bertambah. Namun kemungkinan besar tenaga dan torsinya bertambah, tentunya karena efek sistem elektrikal yang bertambah jadi bisa lebih dimaksimalkan.

Bicara soal konsumsi BBM, kemungkinan besar bisa saja lebih irit. Hal ini dikarenakan sistem elektrikal yang bertambah, seperti commonrail, yang menjadikan konsumsi BBM lebih rendah. 


Bagaimana soal durabilitas? Belum teruji, menurut ane kemungkinan besar sedikit lebih rendah. Asal dirawat sih mestinya bisa tetap tahan lama seperti versi Euro 2-nya yang masih mekanikal. 

Regulasi ini, menurut kalkulasi pemerintah akan menurunkan gas rumah kaca hingga 26%. Jadi, lingkungan akan lebih bersih dan kasus penyakit menurun. Lebih nyaman pula karena gas rumah kaca berkurang.


Nah, jadi itulah isi thread ane yang membahas seputar mesin Hino J08E yang baru dengan standar emisi Euro 4. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah! 

Sumber: [url=https://www.tribunnews.com/otomotif/2021/11/12/hino-siap-ngegas-dengan-mesin-dieselS E N S O Rmonrail-berspesfikasi-euro-4-tahun-depan]1[/url], 23
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
6666661234Avatar border
rendy_canabisAvatar border
nowbitoolAvatar border
nowbitool dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan