Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Batang Besi Atau Bemper Tambahan Di Belakang Bus, Apa Fungsinya?
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar fungsi dari batang besi atau bemper tambahan di belakang bus nih Gansis.


Ketika melihat-lihat bagian belakang bus, mungkin Gansis akan menyadari bahwa ada sebuah batang besi atau bemper tambahan di bagian belakang bus yang biasanya berbentuk bulat.

Mungkin Gansis bingung, kenapa sih ada bemper belakang tambahan atau batang besi tambahan tersebut? Apa fungsinya? Kenapa dipasang disana? Nah, kali ini, ane bakal bahas seputar hal tersebut nih Gansis.


Batang besi atau bemper tambahan di belakang bus ini biasa disebut strutbar. Strutbar ini berfungsi untuk menjadi penguat bemper belakang, pencegah gasruk, dan lain-lain.

Bus tentu punya dimensi yang sangat besar. Banyak blindspot, terutama di belakang bus. Hal ini mengakibatkan ketika parkir, supir bus masih butuh kernet yang dapat membantu mengarahkan bus tanpa menggores atau menabrak. Itupun masih butuh skill yang cukup karena mengemudikan bus tingkat kesulitannya bisa dibilang sangat tinggi.


Banyak kemungkinan ketika mundur, bus akan menabrak tembok atau objek di belakangnya. Nah, strutbar berfungsi untuk menjadi "penengah" antara bemper bus dengan objek di belakangnya, sehingga yang kena duluan adalah strutbar, dan bemper bus tidak akan bersentuhan dengan bus. 

Biasanya, bus juga memiliki departure angle belakang yang sangat kecil. Departure angle adalah sudut yang dibentuk jika kita menarik garis antara ujung bemper hingga ke titik roda, yang menentukan seberapa curam medan yang dapat dilalui oleh kendaraan tanpa menggasruk.. Departure angle belakang yang kecil ini membuat bus rawan sekali gasruk, bahkan di tanjakan yang tidak terlalu curam sekalipun.


Ketika menggasruk, jika tidak ada strutbar, komponen body ataupun mesin bus terutama pada bus bermesin belakang akan sangat rawan rusak karena terbentur jalanan. Strutbar juga berfungsi untuk melindungi komponen-komponen mesin tersebut, sehingga tetap aman dan tidak akan rusak.

Strutbar dipasang langsung ke sasis dan terbuat dari besi baja yang kuat, sehingga aman saja menopang bagian belakang bus ketika terjadi penggasrukan, dan tidak akan patah.


Belum diketahui kapan bus-bus di Indonesia mulai memasang benda bernama strutbar ini. Setahu ane, strutbar mulai dipasang di bus-bus AKAP dengan trayek yang jauh, karena medan yang dilalui sangat beragam.

Nah, itulah isi thread ane yang membahas tentang strutbar di belakang bus. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi yang salah!

Sumber: 1
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
69banditosAvatar border
eyefirst2Avatar border
Split HorizonAvatar border
Split Horizon dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.4K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan