Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Teknologi ini yang Merevolusi Perkembangan Sepeda Motor!
Makin kesini teknlogi yang ada di sepeda motor makin canggih. Kecanggihan yang ditawarkan membuat penggunanya menjadi lebih nyaman dan aman ketika berkendara. Di masa depan teknologi ini akan terus berkembang dan membuat motor menjadi lebih canggih.

Tapi, sebelum adanya teknologi seperti sekarang, dulunya ada beberapa penemuan teknologi yang merevolusi sepeda motor di dunia. Paling tidak ada 5 penemuan menarik yang bikin sepeda motor menjadi lebih baik.

Starter



Dulunya untuk menyalakan motor, pengendara harus mengeluarkan tenaga ekstra. Mulai dengan cara mendorong, hingga menggunakan metode jump start atau tali. Nah, pada tahun 1980 – an, sepeda motor mulai menggunakan starter. Kehadiran teknologi ini membuat pengguna sepeda motor lebih mudah untuk menyalakan motornya. Tinggal memutar kunci dan tekan tombol starter, motor pun langsung nyala.

Ban Tubeless


Ban tubeless pertama kali dipatenkan pada tahun 1928. Namun setelah dipatenkan, ban tubeless tidak langsung digunakan secara massal. Hingga tahun 1970 – an, belum ada motor produksi pabrik menggunakan ban tubeless sebagai komponen dasarnya. Beberapa keunggulan ban tubeless adalah ban jenis ini tidak memiliki ban dalam, konstruksinya kuat, dan tidak mudah kempis meskipun tertusuk paku atau benda tajam lainnya.

Rem depan


Pertama kali sepeda motor diproduksi, penggunaan rem depan dinilai berbahaya. Rem depan baru diperkenalkan sampai ditemukannya ban yang lebih layak dan suspensi depan untuk sepeda motor. Rem pun mengalami perkembangan, dari rem tromol (drum brake) hingga rem cakram (disc brake) yang lazim digunakan di motor-motor saat ini.

Mesin 2 Tak


Walaupun sudah dianggap usang dan ketinggalan zaman, mesin dua langkah alias 2-tak memiliki peran penting dalam revolusi sepeda motor. Mesin 2-tak memiliki konstruksi yang jauh lebih sederhana, sehingga ukurannya kompak dan bobotnya ringan. Motor 2-tak digunakan sejak tahun 50-an hingga 90-an. Namun karena kadar polutan mesin ini cukup tinggi, maka penggunaan mesin 4-tak atau mesin 4 langkah yang emisinya lebih rendah, semakin populer dan digunakan di produk-produk motor terkini.

Sasis Twin Spar


Tahun 1984, Antonio Cobas dari Spanyol memperkenalkan sasis twin spar yang akan menjadi standar pada motor jalanan yang memiliki performa tinggi dan motor kompetisi. Dibanding sasis teralis atau jenis sasis lainnya, sasis twin spar diklaim bisa membuat motor lebih rigid, sehingga lebih nyaman digunakan untuk kecepatan tinggi maupun untuk bermanuver.

Diubah oleh salamsetirkiri 19-05-2021 09:41
japarinaAvatar border
adyovenAvatar border
n.h3Avatar border
n.h3 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan