Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordsarangeyoAvatar border
TS
Lordsarangeyo
Pengguna Internet Makin Besar, Properti Harus Adopsi Digital Marketing?
Pemasaran properti (property marketing) pada saat ini tidaklah lagi hanya mengandalkan media televisi, cetak, koran, dan majalah. Dengan meningkatnya pengguna internet di Asia Tenggara, digital marketing properti telah digunakan oleh pelaku bisnis properti seiring banyaknya pembeli-pembeli potensial menggandrungi teknologi digital.
Pengguna teknologi digital yang besar dan tumbuh dengan cepat mendorong pelaku bisnis untuk memanfaatkan kesempatan menjelajahi potensi pasar digital melalui digital marketing. Properti sebagai bisnis yang mengandalkan berbagai media untuk memasarkan produknya tentu tidak boleh abai dalam memanfaatkan strategi digital marketing untuk properti.
Digital marketing sebagai salah satu strategi yang digunakan untuk dapat mencapai pengguna teknologi digital memiliki potensi yang besar untuk membuat bisnis Anda ditemukan di berbagai media digital. Media konvensional seperti televisi, koran, dan majalah yang dahulu efektif kini perannya kian digantikan oleh berbagai media digital marketing seperti media soial, artikel di berbagai blog, koran online, hingga youtube.

Perubahan di Asia Tenggara
Pergeseran kecenderungan penggunaan media tersebut berasal dari meningkatnya pengguna Internet di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri berdasarkan data yang dirilis oleh Hootsuite pertumbuhan pengguna Internet terjadi sebesar 17 persen. Artinya, ada penambahan sebesar 25 juta orang yang mengakses Internet. Sehingga dari total populasi penduduk Indonesia sebesar 268 juta orang, 64 persen diantaranya atau sekitar 175.4 juta orang telah mengakses Internet. Dari jumlah tersebut, sebanyak 160 juta orang telah menggunakan media sosial sehari-hari. Digital marketing karenanya menjadi sangat penting dalam mendukung tumbuhnya bisnis Anda.
Facebook mencatat dalam laporannya bahwa sejak tahun 2015 hingga tahun 2018, pertumbuhan digital consumer atau mereka yang berbelanja melalui Internet mengalami kenaikan hingga 2,8 kali. Dari angka 90 juta orang saja di tahun 2015 meningkat menjadi 250 juta orang di tahun 2018. Peningkatan yang sangat cepat tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti meningkatnya taraf ekonomi, daya beli, kesejahteraan dan lain sebagainya. Hal tersebut mendorong pengguna untuk lebih terlibat dalam kegiatan digital marketing dibanding dengan kegiatan marketing konvensional.
Tren perubahan di Asia Tenggara ini seiring dengan tren perubahan yang terjadi di hampir seluruh belahan dunia. Sebagai contoh, portal digital marketing properti sepertiRightmove dan Zoopla asal Negara Inggris telah melampaui 1,7 milyar page view dalam satu bulan. Jumlah tersebut meningkat hampir 2,1 kali lebih tinggi dari bulan yang sama tahun lalu. Tren berikutnya adalah jumlah budget yang dialokasikan untuk iklan di media online. Seperti dilansir dari Vox.com secara global belanja digital marketing dipastikan akan melampaui belanja iklan Televisi pada tahun ini sebanyak 40 milyar USD.
Tren peralihan dari media konvensional ke media digital marketing ini akan terus meningkat. Di Asia Tenggara sendiri diprediksi pada tahun 2025 jumlah digital consumerakan naik sebanyak 1,2 kali atau menjadi 310 Juta orang pada tahun 2025. Oleh karena itu, pengembang properti harus segera mengambil langkah penyesuaian untuk menghadapi pasar digital yang terus tumbuh.

Bagaimana pengembang properti dapat meraih pengguna digital yang besar tersebut?
Pengguna internet dan digital consumer yang besar tersebut memiliki perilaku tertentu yang dinamakan oleh Facebook sebagai discovery generation. Salah satu ciri paling penting yang terlihat dari discovery generation adalah mereka belum mengetahui apa yang akan mereka beli ketika mereka berselancar di internet. Inilah mengapa keputusan pembelian mereka dipengaruhi oleh penemuan mereka saat berselancar di dunia digital, sehingga ketepatan strategi digital marketing untuk menempatkan bisnis di media digital menjadi sangat penting. Dari 12.965 responden yang dihimpun dari 6 negara Asia Tenggara, sebanyak 70% menyatakan bahwa mereka tidak mengetahui apa yang mereka inginkan atau di mana mereka akan menemukannya. Kemudian, sebanyak 76% atau 3 dari 4 responden menyatakan bahwa mereka menemukan produk yang mereka beli secara online. 56% di antaranya menyatakan bahwa mereka menemukan produk yang mereka beli melalui media sosial dan media digital marketing lainnya.

Milikilah digital presence yang kokoh
Discovery generation sangat bergantung pada pengalaman pengalaman penemuan mereka di Internet. Artinya, bagaimana menampilkan diri Anda di Internet akan menentukan keputusan calon customer terhadap Anda atau strategi digital marketing seperti apa yang akan Anda jalankan menentukan bagaimana Anda tampil di media digital. Oleh karena itu, memiliki kehadiran yang kuat di Internet adalah langkah awal untuk meraih kesempatan di digital market. Kehadiran digital Anda akan ditentukan oleh semudah apa Anda ditemukan di Internet, sebaik apa Anda memberikan informasi tentang produk Anda kepada calon konsumen, seberapa menariknya pengalaman yang Anda tawarkan. Untuk meraih pasar digital (digtial market) tidak cukup hanya dengan hadir dan eksis di Internet namun juga harus menerapkan beberapa prinsip digital marketing. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kehadiran Anda dapat memberikan pengalaman yang menarik bagi para pengguna Internet.
Bagaimana untuk mendapatkan digital presence yang kokoh di Internet melalui strategi digital marketing? Anda dapat melakukan tiga hal berikut.

Tingkatkan SEO Strategi Website Anda
Search Engine Optimization (SEO) adalah strategi digital marketing untuk meningkatkantraffic ke website Anda. Pengguna akan menemukan Anda ketika mereka mengetikan beberapa kata kunci. Semakin baik SEO strategi Anda maka akan semakin tinggi ranking Anda di laman hasil pencarian Google melalui kata kunci tersebut.
Bagaimana strategi digital marketing ini ini akan membantu penjualan bisnis Anda? Misalkan seorang pengguna sedang mencari rumah berdasarkan lokasi, katakanlah di Kota Tangerang. Maka pengguna tersebut ingin menemukan berapa rumah yang tersedia di Kota Tangerang dan bagaimana dia akan membelinya. Pengguna tersebut tentu akan mengetikan kata kunci “rumah dijual di Tangerang” maka ketika website Anda yang pertama muncul, pengguna tersebut akan mengklik website Anda dan menemukan produk yang Anda tawarkan.
Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan strategi SEO website Anda.

56 persen Discovery Generation menemukan produk di Media Sosial
Sosial media adalah alat yang sangat penting dalam digital marketing untuk mendatangkanlead. Industri properti adalah industri yang mengandalkan impresi visual seperti kecantikan sebuah rumah dan apartemen. Facebook dan Instagram adalah media sosial yang sangat cocok untuk memperlihatkan produk Anda kepada calon customer.
Buatlah konten-konten yang bervariasi setiap hari. Jangan mengharapkan bahwa Anda akan mendapatkan lead setelah memposting satu atau dua konten. Dalam kebanyakan kasus digital marketing, Anda baru mendapatkan lead setelah posting yang kesekian ratus kali. Oleh karena itu, konsistensi dalam posting dan kreatifitas membuat konten sangat penting untuk strategi digital marketing properti.

Properti seperti rumah, apartemen, dan tempat tinggal selalu berkaitan dengan emosi
Keputusan untuk membeli properti adalah keputusan finansial yang besar bagi siapa saja. Oleh karena itu, selain strategi digital marketing dengan kesan menggunakan gambar, video, dan caption Anda juga harus membangun kredibilitas diri dalam menjual sebuah properti. Tentu saja karena orang ingin bekerjasama dengan yang bisa dipercayainya. Facebook dan Instagram adalah media sosial untuk membangun kredibilitas perusahaan Anda, oleh karena itu dengan akun Facebook dan Instagram yang solid dan disertai interaksi yang positif, akan meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda, sehingga orang akan bersedia bekerjasama dengan Anda.

Kesimpulan
Dengan besarnya kecenderungan peralihan dari media konvensional ke media digital, maka diperlukan berbagai strategi digital marketing untuk dapat memasuki pasar digital dengan baik. Oleh karena itu Anda dapat bekerjasama dengan agency dan konsultan untuk membentuk kampanye digital marketing properti Anda. (ADR).

sumber: disini
tien212700Avatar border
tien212700 memberi reputasi
1
378
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan