awan060187Avatar border
awan060187
Si Cinta Punya Cerita
 السلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Cinta disini bukan nama tokoh film ada apa dengan cinta? yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo gan, tapi nama sebuah pulau.
Pulau Cinta merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo.
Alhamdulillaah setelah tertunda beberapa kali, pada hari minggu kemaren kami sekeluarga berkesempatan untuk mengunjungi pulau ini. Ada beberapa tempat penyeberangan yang dapat agan gunakan untuk menuju ke Pulau ini, yang pertama terdapat di Kecamatan Tilamuta dan yang kedua ada di Kecamatan Botumoito tepatnya di Desa Patoameme. Kami memutuskan untuk menyeberang dari tempat kedua karena berdasarkan penuturan tour guidekami, Dermaga Penyeberangan Patoameme ini tergolong baru (baru selesai pembangunannya di tanggal 24 November 2019 Lalu) dan dapat menyingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang ke Pulau Cinta. Sebagai perbandingan  apabila agan menyeberang dari Tilamuta membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Namun, apabila agan menyeberang dari Patoameme hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Info dari Mapnya Mbah Google, dermaga ini memiliki jarak 81,6 KM dari Bandara Djalaludin di Limboto dengan waktu tempuh selama 1 jam 52 menit.

Spoiler for Map:

Kami menyewa sebuah kapal speedmilik penduduk setempat dengan tarif sebesar Rp100.000,00 per satu orang dewasa, sementara untuk anak-anak di bawah tiga tahun tidak dikenakan biaya alias gratis. Setelah mengarungi lautan selama 15 menit sampailah kami di Pulau Cinta. Hal pertama yang kami lakukan adalah melapor kepada pihak pengelola Pulau Cinta dan membayar tiket masuk sebesar Rp100.000,00 dan sama dengan sewa kapal anak-anak di bawah tiga tahun belum dipungut biaya gan, karena kami tidak menyewa cottage kami hanya diperbolehkan bermain-main di sana selama dua jam-an. Informasi lainnya yang kami dapatkan dari pengelola adalah apabila agan hanya berkunjung untuk foto-foto dan tidak menyewa cottage maka agan tidak mendapatkan fasilitas-fasilitas yang disiapkan oleh pengelola misalnya tempat bilas dan makanan, karena pengelola hanya menyiapkan air bersih dan makanan sebanyak tamu yang menginap.
untuk mendapatkan fasilitas tersebut agan dapat membayar sesuai dengan paket-paket yang disediakan oleh pengelola, yaitu paket pertama Rp2.500.000,00/per hari untuk empat orang (pagi s.d. sore) dengan fasilitas satu cottage dan dua kali makan dan paket kedua seharga Rp3.500.000,00/ per malam untuk empat orang (waktu check in dan check out sama kayak di hotel gan), untuk paket kedua ini pengelola memberikan fasilitas berupa cottage dan tiga kali makan.
Pengelola menyediakan cottage sebanyak 14 buah dengan dilengkapi air bersih
Spoiler for cottage:

dan satu buah restoran yang menyediakan makanan bagi penyewa (sorry gan, ane gak nyicipi makanannya).

Spoiler for Resto:

Di Pulau ini, agan-agan juga dapat menikmati jernihnya air laut dengan berbagai biota laut yang ada. seperti dalam foto berikut ini.

Spoiler for Pulo Cinta:

Spoiler for pulo cinta:

Ane saranin agan-agan berangkat pagi agar tidak terlalu panas atau sekalian ngambil paket yang ditawarin oleh pengelola.
Spoiler for pidio:

Demikian info dari ane, kurang lebihnya ane mohon maaf.