OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Motor Honda Ini Punya Mesin Aneh, Dua Piston Digabung Jadi Satu, Piston Kok Oval?
Dalam melakukan inovasi dan riset memang Honda tiada henti-hentinya kehabisan akal untuk membuat kendaraan roda dua berteknologi canggih seperti di NR750. Sedikit sejarah mengenai NR series ini, pada tahun 1978 Honda ingin mengurangi produk 2 tak miliknya karena dinilai memiliki emisi yang buruk, keadaan tersebut membuat Honda memutar akal dan menciptakan mesin 4 tak yang dapat menyamai mesin maupun performa Mid-End layaknya motor 2 tak. Untuk menghasilkan motor balapnya NR500 yang pernah berjaya pada tahun 80an, sebelumnya Honda melakukan riset untuk menghasilkan mesin 4 tak sebagai pesaing 2 tak di motor balap NR500 ini. Pada awal riset, Honda menghasilkan sebuah mesin berkonfigurasi V8 500cc yang diklaim dapat menyamai performa mesin layaknya 2 tak, namun regulasi pada World Grand Prix mengharuskan penggunaan maksimal 4 silinder pada pembakaran mesin.



Mulailah disitu inovasi -inovasi dalam memecahkan masalah teratasi, mereka menggabungkan 2 piston menjadi 1 piston berbentuk oval yang semula memiliki 8 piston sehingga menghasilkan 4 piston dari 2 gabungan piston masing-masing, lalu di kaitkan dengan 2 setang piston ke setiap piston yang telah digabungkan tadi ditambah 8 valve dan 2 injector setiap piston sebagai penyempurna pembakaran pada mesin. Alhasil terciptalah meisn V4 silinder rasa V8 silinder. 

Nah pada NR750 yang kita bahas kali ini merupakan kembangan dari motor balap NR500 tadi, yang mengadopsi teknologi mesin yang sama yaitu penggabungan piston berbentuk oval hanya saja berbekal kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 750cc. Beralih dari desain bodi, sebagai motor keluaran 1992, desain yang diberikan sangatlah sporty dan terkesan abadi dari tahun ke tahun, dengan ukuran yang gambot memberikan aura sexy dan cantik pada seekor NR750 ini. 



Sebagai replika dari mesin balap, tak terlewat dari segi bodi yang dihadirkan pun nampak seperti motor balap dengan penggunaan single seat yang hanya dapat menopang 1 pengendara saja. Dibekali teknologi mesin yang mumpuni tak terlewatkan penggunaan suspensi yang unggul sebagai menopang dalam berakselerasi dan kenyamanan, Honda menyematkan suspensiShowa Inverted USD 45mm adjustable Preload, Compression dan Rebound Damping untuk bagian depan, sedangkan suspensi belakang dengan berbekal Vertically-Asymmetric Pro-Arm Swingarm with Pro-Link adjustable Damper Nitrogen Gas Filled Damper with Reserve Tank, kedua suspensi tersebut dapat disetting sesuai kebutuhan berkendara dan keadaan track yang dilewati. 



Kapasitas mesin 750cc dan tenaga yang liar tak tertinggal penunjang keselamatan pada pengereman dengan dual disc 310mm 4 piston kaliper untuk depan dan single disc 220mm 2 piston kaliper pada belakang. Masing-masing pengereman melekat pada velg berukuran ring 16 untuk depan dan ring 17 untuk belakang. Material-material yang terpasang pada NR750 sangat purehigh tech seperti bodywork menggunakan carbon fiber dipadukan pernik titanium, untuk lebih dalam mengenal spesifikasi NR750 mari kita simak berikut seperti dilansir visordown.com(12/5/2009).



Kapasitas Mesin : 747cc DOHC 32 Valve
Pendingin : Cairan
Konfigurasi : V-4 Engine
Tenaga : 117bhp @13500rpm
Torsi : 47lb-ft atau 63Nm @10000rpm
Transmisi : 6 Percepatan
Top Speed : 159,9mph atau 257,3kmh
Kapasitas Tangki : 17 Liter
Berat : 223 Kilogram
blueguy.co.idAvatar border
blueguy.co.id memberi reputasi
1
2.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan