Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mini.minionAvatar border
TS
mini.minion
[B]Bukan, Bukan Perindo, Partai Ini Paling Sering Muncul di TV[/B]
Rabu, 17/04/2019 16:32 WIB

WE Online, Jakarta

Hasil pantauan iklan televisi (TV) dari Adstensity pada 24 Maret-13 April lalu menunjukkan total belanja iklan di 13 stasiun TV nasional pada kampanye terbuka Pemilu 2019 mencapai Rp602,98 miliar dengan total 14.234 iklan televisi (tvc).

Data Adstensity ini menghitung iklan-iklan televisi dalam jeda iklan (commercial break) dan tidak menghitung apabila ada iklan televisi yang dibuat dalam bentuk atau bagian dari program acara khusus.

Dari pantauan ini, sepanjang masa kampanye terbuka, partai yang paling banyak muncul di televisi bukanlah partai dari Hary Tanoesoedibjo, yakni Perindo. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) lah yang menempati peringkat pertama dari sisi jumlah iklan di televisi sebanyak 1.277 iklan dengan total belanja Rp42,84 miliar.

Perindo justru berada pada posisi kedua dengan jumlah 1.220 iklan. Meski demikian, Perindo merupakan yang paling boros sebagai pebelanja iklan televisi pada kategori partai politik, menempati posisi pertama dengan nilai Rp82,73 miliar.

Sebagaima diketahui Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo merupakan pemilik grup Media Nusantara Citra (MNC) dan memiliki tiga stasiun TV nasional, yaitu RCTI, MNC TV, dan Global TV.

Selanjutnya posisi ketiga dihuni Partai Hanura dengan 1.053 iklan dan belanja iklan sebesar Rp40,16 miliar. Posisi keempat dan kelima diraih Partai NasDem dengan 800 iklan dengan belanja iklan Rp30,20 miliar dan Partai Golkardengan 659 iklan dengan belanja iklan sebesar Rp 35,46 miliar.

Partai Garuda menempati posisi keenam dengan 551 iklan. Selanjutnya di posisi ketujuh dan kedelapan ditempati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 532 iklan dan Partai Demokrat dengan 528 iklan. Posisi kesembilan dan kesepuluh ditempati PDI Perjuangan dengan 522 iklan dan PAN dengan 424 iklan.

Yang paling hemat dalam belanja iklan justru datang dari partai capres nomor urut 02, yakni Partai Gerindra. Gerindra hanya muncul dengan 200 iklan senilai Rp7,71 miliar dan berada di urutan ke-16.



Hmm . . . Kita tunggu hasil nya.
Diubah oleh mini.minion 17-04-2019 09:56
0
1.6K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan