Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Singgung unjuk rasa, Pepsi dan Kendall Jenner banjir kritik

Tangkapan layar iklan Pepsi yang dibintangi Kendall Jenner. Iklan ini menuai kontroversi karena dianggap telah memanfaatkan Black Lives Matter untuk kepentingan komersil.
Minuman kola berkarbonasi, Pepsi, berada di bawah sorotan publik menyusul iklan terbaru mereka yang dibintangi model, Kendall Jenner. Iklan tersebut dipublikasikan lewat YouTube, Selasa (4/4) waktu Amerika Serikat, dengan judul Live for Now Moments Anthem.

Video promosi itu menampilkan kerumunan anak muda yang menggelar unjuk rasa. Mereka melakukan reli sambil mengusung simbol-simbol perlawanan.

Adegan mulai menuju puncak ketika Kendall Jenner melihat kerumunan massa. Jenner, yang sedang melakukan sesi pemotretan, terpanggil untuk bergabung dengan massa.

Ia pun meninggalkan sesi pemotretan. Menanggalkan wig. Menghapus gincu. Melenggang di kerumunan massa. Dan mengambil sekaleng Pepsi dingin.

Klimaks terjadi saat Jenner menawarkan sekaleng Pepsi kepada seorang polisi. Si polisi meminum Pepsi dan tersenyum karenanya. Demi menyaksikan peristiwa itu, para demonstran bersorak bak meraih kemenangan.
Kendall Jenner for PEPSI Commercial
Adegan Jenner memberi Pepsi pada polisi, seperti ditulis The Guardian, mendekati citra foto ikonik, Ieshia Evans (18), seorang wanita kulit hitam yang berdiri tegak menghadapi polisi anti huru-hara dalam aksi Black Lives Matter (BLM) pada 2016.

Alhasil, Pepsi dituding telah memanfaatkan citra visual BLM demi profit.
The best example of white and economic privilege/ ignorance I've ever seen. Never forget Ieshia Evans. #Pepsi [URL="https://S E N S O RlXeTp7OBMj"]pic.twitter.com/lXeTp7OBMj[/URL]
— maya (@mayaelysee) April 4, 2017
Adapun BLM adalah gerakan advokasi internasional yang menentang kekerasan terhadap warga kulit hitam. Gerakan itu merupakan respons balik atas aksi-aksi kekerasan polisi terhadap warga kulit hitam di AS.

The New York Times mengutip pernyataan Elle Hearns, aktivis yang terlibat dalam BLM. Menurut Hearns, akting Jenner dalam iklan berbeda dengan aksi Evans nan ikonik.

"(Evans) berdiri di tengah jalan bukan sebagai pembawa damai dengan polisi. Dia sedang menantang. Dia sungguh-sungguh berlawan," kata Hearns.

Imbasnya, iklan tersebut membuat Pepsi jadi bulan-bulanan di media sosial. Wired mencatat, dalam waktu 48 jam, iklan itu sudah dilihat lebih dari 1,6 juta kali di YouTube. Menariknya, jumlah pemirsa yang memberikan "jempol ke bawah" lima kali lebih banyak dibanding "jempol ke atas".

Kritik juga menjalar ke media sosial lain, terutama disampaikan oleh para aktivis. Mereka mengatakan pengalaman saat berdemonstrasi sama sekali berbeda dengan iklan milik Pepsi.

Salah satu pelontar kritik adalah Bernice King, anak tokoh pejuang hak sipil di AS, Martin Luther King Jr. Bernice menyindir dengan membagikan foto lawas yang memuat peristiwa saling dorong antara demonstran--termasuk ayahnya--dengan polisi.
If only Daddy would have known about the power of #Pepsi. [URL="https://S E N S O RFA6JPrY72V"]pic.twitter.com/FA6JPrY72V[/URL]
— Be A King (@BerniceKing) April 5, 2017 We did this in Baltimore. Nothing changed @pepsi [URL="https://S E N S O RYveSvfmpYu"]pic.twitter.com/YveSvfmpYu[/URL]
— Will (@YeahItsWilly) April 5, 2017 a visual representation of Kendall Jenner's career after that Pepsi commercial tanked [URL="https://S E N S O RuIg7q9UuXw"]pic.twitter.com/uIg7q9UuXw[/URL]
— Beyoncé doce trece (@greatvaluetrash) April 6, 2017
Pun, beberapa video parodi iklan Pepsi turut bermunculan di Youtube. Satu video menarik datang dari kanal The Feed, sebuah siaran televisi di Australia.

The Feed melayangkan video satire dengan menunjukkan pelbagai masalah serius di muka bumi--mulai dari perubahan iklim sampai konflik Israel-Palestina--yang bisa diselesaikan dengan hanya minum Pepsi.

Premis video satire itu, kira-kira: "Apapun masalahnya, Pepsi solusinya".
Kendall Jenner Pepsi commercial parody - The Feed
Menyusul rentetan kritik, Pepsi akhirnya menarik iklan dan menyampaikan permohonan maaf.

"Pepsi berusaha untuk menyampaikan pesan global tentang persatuan, perdamaian, dan kesepahaman. Jelas kami sudah melewati batas, dan kami memohon maaf," demikian bunyi pernyataan Pepsi.

Pun, Pepsi mengaku tak ingin mentertawakan sebuah isu nan serius.

Mereka juga menyampaikan permohonan maaf kepada Jenner. "Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada Kendall Jenner karena menempatkannya pada posisi ini."

Adapun Jenner merupakan seorang model yang tengah moncer di jagat hiburan internasional. Ia dikenal pula sebagai putri dari bintang televisi Kris dan Caitlyn Jenner, serta adik tiri dari Kim, Khloe, dan Kourtney Kardarshian.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-banjir-kritik

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kesaksian Novanto dan Anas Urbaningrum di sidang e-KTP

- Ramai spanduk SARA, benarkah warga Jakarta jenuh?

- Indonesia tak curangi neraca perdagangan AS

anasabilaAvatar border
anasabila memberi reputasi
1
1.8K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan