djenggo_amatirAvatar border
TS
djenggo_amatir
[FR Mudik Lebaran 2016] Jakarta - Malang, 43 jam 44 menit dengan OBL
Selamat Ketemu lagi Oom Tante, Agan dan Aganwati

Setelah lama gak nulis FR dengan bis malem (thread sebelumnya ini: http://www.kaskus.co.id/thread/50e13...6jam-30menit/1 sekarang saya mo nulis lagi pengalaman naik bis malem waktu mudik lebaran 2016 kemarin. Jaraknya kali ini gak sejauh FR sebelumnya, cukup yang deket-deket aja, ke Malang. Total perjalanannya juga gak selama FR sebelumnya yang sampai 56 jam, kali ini cukup 43 Jam dan 44 Menit aja, garis besarnya selama perjalanan bener-bener full macet, full seru, plus bonus ngebaretin pintu Avanza rental pulak.

Tujuan saya nulis FR ini cuma satu, supaya yang gak pernah ikutan mudik naik lebaran dengan bis bisa ikut ngerasain seperti apa sih rasanya hehehehe


Detail perjalanan saya adalah sbb:

- Hari: Minggu
- Tanggal: 03 Juli 2016

Transportasi
- Jenis alat angkut: Bis
- Nama PO: Safari Dharma Raya d/h OBL
- No. Pol: B7168IV alias B7788TK
- Call Sign: CBR (yang artinya Cah BangsRi)
- Mesin: MB OH 1518
- Model Body: Sprinter
- Karoseri Body: Laksana, Ungaran
- Jumlah TD: 32 TD
- Servis Penumpang: 1x welcome snack, 1x makan besar
- Fasilitas Bus: AC, Rec. Seat, Toilet, Selimut (no musik, no. tv, no bantal)
- Harga Tiket: Rp. 550,000 (termasuk Toeslag)

Kru
Driver 1: Pak Sardjono
Driver 2: Pak Budi Pare
Helper: Pak Pes

Libur telah tiba…. Marhaban ya liburan…. Saatnya balik kampung bertemu keluarga di Malang.
Begini Ceritanya.....

================
Minggu, 03 Juli 2016
================

11.45 Tiba di Kantor Kebayoran Lama, celingak-celinguk... Sepi!, ternyata semua bis yang berangkat kemarin dari arah timur belum semuanya masuk, entah nyangkut dimana. Daripada bingung gak jelas begini mendingan masuk ke dalem untuk cari informasi dan sekaligus lapor diri.



gak lama waktu yang dihabiskan untuk lapor diri, dan ini dia tiket saya…



Sewaktu lapor tadi, saya sempetin nyari informasi ke mbak-mbak bagian lapor diri; Apa kabar dengan bis saya? Dan si mbak tadi menjawab santai kalau bis tujuan Malang posisinya masih berada di Tegal menuju Jakarta, sekaligus menjelaskan kalo bis saya nanti ber-nopol B 7168 ST. Saya diminta harap bersabar aja katanya. Hmmmm…. untung biasa mudik dengan bis, jadi dah tau resikonya kalau mudik pake bis ya begini ini….

Ternyata gak hanya tujuan Malang aja yang masih nyangkut armadanya, tujuan Bima pun setali tiga uang, armada belum masuk. Anehnya tujuan Denpasar malah sudah siap di garasi dan sedang dalam proses pembersihan. Ah sudahlah dijalanin aja proses ritual mudik ini.

Jika si mbak-mbak tadi bilang posisi bis saya masih di Kota Tegal nya, nah posisi bis tujuan Bima hari ini ternyata lebih tidak beruntung dari bis saya; Baru mau masuk Kota Tegal katanya (selamet deh, bis ke Malang udah masuk di Kota Tegalnya), dan bis yang di dapuk tugas ke Bima nanti adalah B 7168 LZ.

Nunggu emang pekerjaan yang membosankan..... krik…. Krik…. Krik…. Kantor masi aja sepi…

12.57 Masuk Eksekutif Jogja AA 1515 CN dengan penumpang yang kosong melompong dan body agak kotor, oh ternyata ini bis ini baru masuk dari timur. Parkir sebentar, kru tampak mondar-mandir keluar masuk ke dalam kantor, gak lama trus aja bisnya balik kucing ke garasi yang terletak gak jauh dari kantor…. Hmmm bis yang biasa masuk subuh aja baru masuk abis dzuhur gini, ya wajar aja kalo bis saya masih nyangkut di Tegal (normalnya bis dari Malang masuk Jakarta antara jam 7 jam 8 pagi)



Suasana sepi, udara panas, campur puasa, bener-bener bikin keadaan makin membosankan. Mending ke pool pariwisata aja deh, liat apa yang ada aja disana. Oya, lokasi pool pariwisata sekitar 700 meter dari Kantor Kebayoran Lama, tetanggaan lah sama garasi untuk AKAP.

Dan inilah suasana pool pariwisata… ternyata ada banyak bis yang akan bersiap membelah kemacetan pantura.




14.28 Puas lihat-lihat armada pariwisata, balik lagi ke Kantor Kebayoran Lama…. Ternyata sudah ada Eksekutif Solo B 7168 PA dan Super Eksekutif Jogja AA 1515 CY. Situsasi kantor juga sudah semakin ramai penumpang, baik yang nganter atau yang dianter, tumplek blek jadi satu. Semua pada sibuk dengan urusan masing-masing.




14.49 Masuk lagi Eksekutif Jogja AA 1551 BN dan Tambahan Pariwisata Jogja B 7799 SGA, sepertinya armada Jawa Tengah sudah siap semua…



Nyerah deh, bosen banget sruntulan gajebo gini, lapor lagi ke dalam apa boleh ditinggal kemana gitu yang agak lamaan… dan mbak-mbaknya bilang, Boleh! Tinggalin nomor telp aja mas, nanti di kabarin kalau armadanya dah masuk, Yess! Mending mlipir Senayan City deh, ngademin badan…..

(Informasi aja, bis yang sudah masuk ke Kantor Kebayoran Lama dari timur bukan berarti siap jalan lagi, tapi SOP nya harus dimandiin dulu sekaligus dicek ini dan itunya yang dilakukan di garasi)

16.51 Balik lagi ke Kantor Kebayoran Lama, ternyata bis yang standby sudah ganti lagi. Kali ini yang “nongkrong” adalah 3 armada Tambahan Pariwisata Jogja AA 1717 BY, Bus Tambahan Pariwisata Jogja B 7799 IX (Medium Bus), Tambahan Pariwisata Jogja B 7799 IZ (Matic 1526) dan terakhir Eksekutif Jogja AA 1515 CN (Bis yang tadi masuk paling buncit). Ini adalah batch Jogja terakhir untuk pemberangkatan hari ini.



Satu persatu rombongan Jogja mulai pergi dari Kantor Kebayoran Lama, tinggalah penumpang Malang dan Bima yang masih setia nungguin bis nya. Update terakhir via telpon (nelpon langsung ke supirnya), bis ke Malang posisi dalam Kota Tegal, Bima dibelakang (entah belakang bagian mana)…

Dari jam 12 siang sampai jam 5 sore masih aja di Tegal… kayaknya parah macetnya. Hmm… yaah mau gimana lagi, Lebaran kurang 3 hari lagi. Pindah ke KA? Gak mungkin ada juga seat. Pindah pesawat? Pasti harganya gak bersahabat! Yah dinikmati saja.

17.27 Masuk 1 bis Eksekutif B 7168 IV dengan tulisan CBR berwarna merah tepat di atas kaca depan berbalut body yang menganut faham “Retro, Old Skul, Anti Mainstream, Jadul atau apalah…. ”



Bis itu parkir di sudut sendirian dengan mesin yang dibiarkan hidup dan bersuara mirip mesin bis Damri Bandara. Wuih mesin kecil nih kayaknya (artinya mesin dengan output tenaga kecil). Hadirnya bis itu tadi menjadi secercah harapan sekaligus pertanyaan bagi penumpang Malang dan Bima. Bis untuk siapakah itu?

Dan, munculah mbak-mbak dari kantor sambil berteriak, “Malang!! Malang!! Pakai Ive (karena nopolnya B 7168 IV), lapor dulu, sekaligus ambil nasi kotak buat buka!”

17.53 Yang… Hujan turun lagi….. (lagunya Nia Daniati)…. Bis nya dibiarin ujan-ujanan, penumpang mulai sibuk lapor sekaligus ambil makanan untuk berbuka



ikutan ambil makan ah sekalian ikut instruksi untuk lapor (2 kali lapor jadinya). Ketemu mbak-mbak tadi siang, nyerahin tiket, cek dimanifest trus dia nulis B 7168 IV di sampul amplop berikut satu bungkus makanan. Yep! confirm bis yang ujan-ujanan itu adalah bis untuk tujuan Malang





Lumayan juga bentuk perhatiannya, dapet nasi putih + ayam goreng KFC-KFC an



19.14 Hujan sudah reda, bis masih belum juga berangkat, walaupun penumpang sudah naik. Ternyata ada 4 orang lagi yang belum datang lagi ke Kantor Kebayoran Lama karena pulang akibat nunggu bis yang katanya masih di Tegal tadi.



Lha tadi katanya bis tujuan Malang masih di Tegal dengan nopol B 7168 ST, lalu kenapa sekarang berubah jadi B 7168 IV?

Begini penjelasannya…

Bis CBR B 7168 IV ini sebenernya baru saja “hidup” kembali setelah lama kehilangan nyawa akibat masalah pada dapur pacunya. Nah, setelah diperbaiki ini dan itu, maka pada Sabtu 02 Juli 2016 kemarin, Kota Malang menjadi tujuan tugas perdananya. Sayangnya baru aja berjalan sampai Tol Pondok Gede, itu bis malah semaput lagi.

Kebetulan hari Sabtu itu di garasi terdapat armada B 7168 BK yang baru saja sampai setelah menempuh perjalanan dari Kota Bima. Kemudian, si B 7168 BK inilah yang mejadi penyelamat si semaput B 7168 IV dan diteruskan tugas hingga ke Malang, manakala B 7168 IV ditarik balik ke garasi dan dicari tau masalah apalagi yang bikin si enjin jadi semaput tadi.

Cek sana, cek sini, aha!!! Ternyata masalahnya adalah adanya endapan lumpur di tong solarnya (maklum abis cuti panjang bis nya). Besoknya (Minggu, 03 Juli 2016), dari pagi hingga sore para mekanik di garasi disibukkan dengan pekerjaan nguras tong solar dan menapis solar yang terlanjur terisi di tong itu.

Karena sudah siuman dari semaputnya, daripada nunggu B 7168 ST yang masih gak jelas entah dimana posisinya, maka B 7168 IV ini ditugasi lagi untuk jalan-jalan ke Malang untuk yang kedua kalinya.

Ok, jelas ya semua masalah perubahan dari B 7168 ST menjadi B 7168 IV ini.

19.35 Penumpang kumplit, bagasi sudah rapet dan berangkatlah kita dari Kantor Kebayoran Lama menyisakan penumpang Bima. Pak Sardjono on seat.

Karena ini termasuk bis old skul dan baru reinkarnasi pulak, jadi kalau ada sedikit bocoran air hujan atau wiper hanya menyala sebelah kanan saja, ya mohon pengertiannya lah.



19.53 Tiba di SPBU Permata Hijau, isi sedikit aja, karena masih ada sisa solar hasil saringan kuras tong tadi pagi.



20.04 Brkt. SPBU Permata Hijau
20.12 GT Dalam Kota
20.59 GT Cikarang Utama



22.36 Tiba di RM Taman Lestari km 102 Cipali

Review saya atas RM ini, mau yang di Pantura atau di Tol kok sama aja ya, gak ada inovasi baik dari jenis makanan, rasa, maupun keramah tamahan pekerjanya. Per kepala dihargai IDR 14,000, bayarnya tagih kantor (OBL memang tidak ada kerjasama dengan RM ini, terpaksa berhenti disini, karena RM rekanan yaitu RM Kedung Roso, Brebes, selama musim mudik dan arus balik ini tidak bisa melayani service makan regular dulu. Disamping juga terlalu jauh mengingat biang kerok macetnya di Cirebon dan Brebes juga)

Menu malem ini adalah nasi, sayur nangka muda, su’un goreng, krupuk bawang dan air teh manis yang sifatnya prasmanan (all u can eat), sedangkan ayam goreng-nya di jatah. Oiya ada bonusnya lagi, yaitu pelayan yang gak bisa senyum sama sekali alias sakit gigi semua.





Habis hujan, ditambah banyak yang buang sampah seenaknya, jadinya ya begitu deh… lebih mirip pasar tradisional



23.15 Berangkat RM Taman Lestari km 102 Cipali, Pak Budi Pare on seat rapi dengan jaket kulit dan topi



================
Senin, 04 Juli 2016
================

00.29 GT Palimanan



03.30 Playangan, Cirebon
06.16 Playangan, Cirebon

Sudah 3 jam kita berada di tempat yang sama




Supir kembali ke Pak Sardjono



Ketemu bis malam sapu jagat PO. Setia Bhakti, Jakarta – Surabaya, bis ini seperti kecoak, tetap survive apapun kondisinya…



Kadang kontra flow, kadang ambil kiri



Majunya gak sampai 3 menit, berhenti lagi 30 menit, begitu aja terus-terusan



09.03 Gapura perbatasan Jabar Jateng
10.35 Losari Brebes

Macet lagi…






Kondisi penumpang setelah lebih dari 12 jam perjalanan sejak dari Kantor Kebayoran Lama kemarin malam



Gimana ya rasanya kalo Mayasari Bhakti beneran buka rute Brebes – Blok M PP. atau Tegal – Ps. Baru PP. ya hehehehe



13.55 Tanjung
14.03 Tiba di RM kedungroso

Bertemu bis satu almamater, Patas Tangerang - Klaten



Banyak bis masuk di RM Kedung Roso, apapun PO nya, apapun label Pariwisatanya, semua boleh masuk. Kalau lihat kondisinya kayak begini, ya wajar aja kalo RM ini tidak membuka dulu servis untuk makan reguler



14.43 Brkt. RM Kedungroso, Pak Budi Pare on seat
15.22 Kluwut Brebes
15.43 Bertemu armada setujuan milik lapak sebelah



17.03 Mudik boleh dengan moda transportasi apa saja, termasuk abang gojek ini emoticon-Smilie bayarnya brapa ya?!



17.05 Wanasari Brebes
17.15 Pertigaan Tol Brebes Cipali



17.34 Pak Budi Pare, dari semalam berpakaian rapi berjaket kulit, sekarang jadi berpakaian casual emoticon-Smilie



18.05 Kampus Umus Brebes
18.10 St. KA Brebes
18.23 Pusat Kota Brebes
18.50 Senggolan dengan Avanza Rental, terpaksa minggir dulu, sedikit ngotot-ngotoan, sampai-sampai Polisi Brimob yang saat itu sedang mengawal arus lalu lintas ikut turun tangan. Bagai telur dan ayam siapa yang lebih dulu keluar? Semua sama-sama benar, semua sama-sama salah. Posisi si Avanza berada di area blind spot kaca spion CBR, ketia body Avansa sudah menyentuh baut roda depan kiri dan CBR sudah ikat rem, Avanzanya masih maju, sehingga dapet kenang-kenangan dibagian bawah kanan pintu belakang.






Pak Sardjono yang saat kejadian sedang ngaso dikandang macan pun ikutan turun (padahal dia bilang, aku dhewe yo gak ngerti kejadiane koyok opo mau, hehehe)



Masalah selesai dengan mengganti uang untuk klaim asuransi 300K IDR. Eits, masalah belum selesai, uang 300K IDR diambil dari uang jalan kru. Akhirnya penumpang sepakat untuk urunan masing-masing 10,000 IDR untuk mengganti uang klaim tadi.

19.58 Term. Kota Tegal
20.21 SPBU Muri Tegal

================
Selasa, 05 Juli 2016
================


00.47 Suradadi Tegal
02.10 Demangharjo Pemalang
02.17 Gerbang Kota Pemalang Ikhlas
02.21 Pemalang Kota
02.59 Wiradesa
03.08 St. KA Pekalongan
03.17 Psr Batik Sentono
03.28 Tiba di RM Kartika Sari Batang

Saur bersama Putra Remaja AB 7489 AS





04.11 Brkt. RM Kartika Sari Batang
04.29 Sengon
04.35 Subah
04.57 SPBU AKR Alas Roban
05.15 Weleri
05.23 Cepiring
05.27 Kendal
05.47 Terminal Mangkang





Genangan dimana-mana, khas daerah Semarang Pelabuhan




06.26 Genuk Semarang
06.55 Jebor Demak
06.59 Trenguli Demak
07.08 Masuk SPBU Wonoketingal, Demak

Ada DR 7168 AC “Kue Lapis” yang baru saja di obatin tapi masih aja belum sehat betul



Nooom….. Nooom…. nyeruput solar banyak-banyak



Gak lama berselang, masuk B 7999 WV MB OH 1521E3. Ada sedikit cerita menarik tentang perjalanan B 7999 WV ini. Bis ini berangkat dari Kantor Kebayoran Lama tujuan Mengwi pada Sabtu, 02 Juli 2016 (sehari sebelum perjalan saya dengan CBR).

Nah, pada Senin Magrib, 04 Juli 2016, perjalananya terhenti di Pelabuhan Ferry Ketapang disebabkan penumpang pemberangkatan dari Ubung tujuan Jakarta sudah tidak sabar menunggu hingga akhirnya disediakan feeder hingga Pelabuhan Ketapang. Di Pelabuhan itu, sudah tersedia B 7999 WV yang seharusnya berjalan hingga Mengwi tadi. Bis ini harus kembali lagi ke Jakarta (istilah dunia perbisannya adalah stut atau puter kepala)

Tidak ada informasi yang pasti, pukul berapa bis ini berjalan dari Pelabuhan Ketapang, tapi kenyataannya pukul 07.00 pagi, sudah sampai di SPBU Wonoketingal Demak, bertemu CBR.



07.30 Brkt. SPBU Wonoketingal
07.42 kudus
07.58 Jekulo
08.28 Juwana
08.43 Kaliori
08.50 Rembang
09.06 Lasem
09.21 Sluke
09.33 Kragan
09.43 Melintasi RM Mitra Kragan
09.48 Bajingjowo, Sarang
09.51 Perbatasan Jawa Timur
09.55 Bulu
10.09 Tambakboyo
Bertemu armada lapak sebelah yang sama-sama habis berjibaku dengan kemacetan di Jawa Tengah. Yang hijau jurusannya ke Malang, yang dibelakang si hijau jurusannya ke Madura





Polling
0 suara
Apakah mudik kalian kemarin lebih lama dari saya??
Diubah oleh djenggo_amatir 29-07-2016 09:05
0
10.1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan