Pengaturan

TS
dhikaaditama
[CAPTER] 3 Hari, 5 Kota, 3 Destinasi

Pertama-tama, ini adalah FR pertama gw yang bener-bener gw tulis di Kaskus. Salam hangat buat semua sesepuh di sini dan para traveler yang gak pernah lelah buat menjelajah satu tempat ke tempat yang lain. Nubie cuma orang yang seneng jalan-jalan aja, tiap ada kesempatan pasti gw bakalan pergi ke suatu tempat cuma buat sekedar menikmati keindahan yang udah di kasih Tuhan buat manusia. Mungkin ini thread pertama nubie dan selanjutnya bakalan ada thread lain dari gw, jadi selamat membacaemoticon-Maluemoticon-Malu

JAKARTA - SURABAYA

Perjalanan ini bermula dari Jakarta, yaitu kota tempat gw tinggal yang makin hari makin macet karena banyaknya pekerjaan jalan yang harus dislesekan oleh Ahok. Oiya, sebenernya perjalanan gw ke daerah Jawa Timur ini bisa dibilang dadakan karena persiapan gw cuma seminggu, dan karena udah mepet ya gw putuskan buat naik pesawat menuju ke Surabaya. Gw berangkat Jumat 17 April 2015 dari bandara Soekarno Hatta naik Sriwijaya Air penerbangan yang jam 21.00 WIB. Selama proses perjalanan dari kantor ke bandara gw gak menemukan hal yang aneh, semua berjalan seperti biasanya, yaitu dimana-mana macet. Trus pas udah di dalem pesawat memang niat gw pengen tidur karena memang setelah landing gw berencana untuk lanjut ke Probolinggo. Pesawat udah di atas tapi mata belum bisa di meremin, giliran udah mau merem eh malah pramugarinya bagi-bagi makanan ke penumpang, alhasil gw makan dulu itu bungkusan snack yang isinya cuma sepotong roti dan segelas aqua, lumayan lah buat ganjel perut.

Oke, setelah snack habis gw coba buat merem, tapi mata tetep gak bisa diajak buat tidur dan gw udah bosen di dalem pesawat. Gw coba buat main game di hape, tapi mata malah makin melek aja ini, begitu juga gw coba buat baca majalah yg ada di kursi gw, tetep aja gw gak bisa tidur. Dan inilah yang makin gw bisa tidur, yaitu pramugari Sriwjaya Air malah ngobrol di ruang belakang (oiya, gw dapet seat di paling belakang, jadi gw bisa denger apa yang mereka omongin). Ngobrolnya mending pelan-pelan, lah ini agak kenceng sampe penumpang di tengah sempet nengok ke belakang nyari arah suaranya. Seinget gw sih ada 3 pramugari yang ngobrol di belakang dan arah pembicaraan mereka dari yang vulgar sampe yang mistis. Kalo yang vulgar begini pembacaraan mereka:

Pramugari 1: Mba, nanti aku di hotel keluar dulu ya, jadi balik ke hotelnya malem.
Pramugari 2: Lah, emang kamu mau ke mana?
Pramugari 1: iya cowokku minta jatah nih, bisa ngamuk2 dia kalo gak dapet goyangan aku.
Semua pramugari cekikikan

Dalam hati gw emang begini ya pramugari itu? Setau gw di maskapai lain pramugarinya pada jaim-jaim, lah ini kok malah ngerumpi sendiri ya ckckckck. Terus obrolan mereka berlanjut mulai ke arah mistis karena yg gw tangkep dari obrolan mereka salah satu dari pramugari ini punya sixth sense, jadi dia cerita awal mula kenapa dia bisa ngeliat dan apa aja yang diliat. Dan yang bikin gw kesel malah dia cerita tentang suasana di pesawat yg gw naikin ini, katanya ada 1 hantu yang ikut di penerbangan ini, bukannya gw takut cuma kan obrolan kayak gini bikin panik penumpang wong suara mereka gw yakin kedengeran sampe baris tengah kok.

D\an akhirnya gw gak jadi tidur selama penerbangan itu sampe akhirnya pesawat pun landing dengan selamat di Bandara Juanda, Surabaya. Ngeliat jam udah jam 22.40 WIB, berarti pesawat nya telat 20 menit dong. Baru pertama ini ngalamin pesawat landing gak sesuai jadwal, kalo delay mah sering heheheemoticon-Blue Guy PeaceOke setelah sampe Surabaya akhirnya gw cari orang yang nyewain mobil ke gw. FYI, nyewa mobil di Surabaya ternyata lebih murah daripada di Jakarta, Bandung, atopun Jogja, disini per hari nya cuma kena 200 ribu aja, udah gitu bisa milih lagi dan akhirnya pilihan gw jatuh ke Honda Brio Hitam yang nantinya akan menemani gw sepanjang perjalanan di Jawa Timur ini. Setelah keluar pintu keluar akhirnya ketemu juga sama yang empunya mobil dan ngobrol sebentar sebelum akhirnya gw mulai perjalanan seru ini.emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace

SURABAYA - PROBOLINGGO

Karena tujuan pertama gw adalah Bromo, maka gw menuju kota Probolinggo. Oiya, abis keluar bandara gw sempet isi perut dulu di pinggiran jalan depan McDonalds, murah sih soto daging plus nasi cuma 7000, lumayan buat ganjel perut hehehe. Seperti perjalanan gw kalo lagi sendiri adalah gw selalu mengandalkan aplikasi WAZE buat nyari jalan karena males aja pake guide, ntar dikira homo lagi kalo guide nya cowo dan cuma berdua doang hehehe. Oke lanjut, perjalanan gw ngelewatin Sidoarjo dan akhirnya gw bisa ngeliat juga itu lokasi bocornya lumpur lapindo, ternyata luas juga ya. sebenernya pengen foto-foto cuma berhubung malem dan tempatnya sepi jadinya gw lanjut aja karena takut diculikemoticon-Malu (S)

Gak sampe sejam kota sidoarjo pun lewat dan gw mulai masuk ke pasuruan. Nah Pasuruan ini ternyata kotanya panjang bener, mana jalan propinsinya banyak truk gede sama bis malem lagi, makin mengingatkan gw kayak jalan pantura di Jawa Tengah. Gw sempet berhenti di pom bensin di Pasuruan buat ngisi bensin si Brio sama gw pake tidur setengah jam karena mata udah sepet banget pas di jalan dan puji Tuhan tidur setengah jam bikin gw seger. Akhirnya gw masuk ke kota Probolinggo dan arus lalu lintas cenderung sepi, soalnya gw liat di spedometer kecepatan gw bisa 80-90 km/jam.

WAZE pun nyuruh gw belok kanan buat ke arah Bromo dan kalo ngeliat jaraknya tinggal 30km lagi, berarti asumsi gw gak sampe sejam juga bakalan sampe. Ternyata jalanan setelah gw belok kanan itu jalanannya kecil, ya cuma cukup buat 2 mobil lah, mana jalannya naik turun, sepi pula, untungnya mulus jalannya. Waktu itu gw pake ngebut, bukannya gw takut liat penampakan setan karena banyak pohon bambu gede2 sepanjang jalan, cuma takut begal aja gw, apalagi daritadi gak ada mobil yang papasan apalagi ngeduluin gw. Memasuki km 20 gw dicegat sama sekelompok orang yang duduk2 di pinggir jalan, kirain mau narikin retribusi ternyata mereka bilang kalo ini adalah jalur terakhir mobil pribadi dan harus nyewa hard top buat naik ke bromo, tadinya gw ikutin tuh mereka, gw dituntun buat parkir dan emang udah parkir, terus gw liat waze jaraknya masih jauh ke Bromo, masak iya ini jalur terakhir mobil pribadi sih. Akhirnya gw beraniin boong aja kalo temen gw udah nungguin di atas dan udah ada hardtop di atas, dan ternyata mereka membiarkan gw jalan lagi tanpa ada paksaan apapun.

Gw pun melanjutkan perjalanan dan nahan pipis, dan akhirnya gw ketemu satu2nya pom bensin di jalur itu di kiri jalan dan ternyata pom bensinnya rame sama pemotor yang mau ke bromo. Di situ juga banyak masyarakat sekitar yang nawarin hardtop mereka, tapi gw abaikan karena gw kebelet pengen pipis dan setelah pipis mobil gw udah dikelilingi penjaja hard top. Gw pake lagi jurus yg tadi, yaitu bilang gw udah ditunggu temen gw diatas dan akhirnya gw bebas lagiemoticon-Blue Guy Peace Gak sampe 15 menit jalan lagi-lagi gw di stop sama beberapa orang dan kalo gw liat emang banyak mobil sama bus parkir. Mereka kembali bilang bahwa ini jalur terakhir ke Bromo buat mobil pribadi, karena mereka begitu meyakinkan dan banyak bis sama mobil yang parkir gw sempet berhenti bentar di situ. Ngeliat di WAZE masih 7 km lagi, gw coba beraniin buat pake jurus itu lagi dan apa yang terjadi? Ternyata berhasil, gw boleh melanjutkan perjalanan ke atas. Sepanjang perjalanan ke atas ada 2 tempat lagi yang sering nyetopin mobil pribadi, tapi gw masih bisa lolos sampe akhirnya gw di stop in yang bener2 perhentian terakhir buat mobil pribadi, gw lupa nama tempatnya apa, tapi emang kayak parkiran gede terus ada balai desanya.

Sampe situ ternyata gak ada barengan ke atas, jadi gw harus sewa hard top buat sendiri huhuhu Si supir nawarin ke gw 500 ribu buat nganter ke Pananjakan sama ke Kawah Bromo, gw tawar awalnya 350 ribu dan akhirnya deal di 400 ribu. Gw gak tau apa emang rate nya segitu tapi demi perjalanan pertama kali ke Bromo gw rela deh ngerogoh kocek sgituemoticon-Hammer (S) Dari tempat parkir gw ke Bromo emang udah deket dan ternyata masih ngelewatin 2 pos retribusi, yg pertama di tarikin 5 ribu katanya buat pemda terus di depan lagi di tarikin 27.500 buat tiket masuk ke Bromonya. Waktu gw liat masih jam 4 pagi dan dingin banget, di hard top cuma gw berdua sama si supir yang namanya pak Slamet. Sepanjang perjalanan Pak Slamet nyeritain sejarahnya Bromo dan orangnya asik banget. Gak terasa gw udah mulai masuk ke area Gunung Bromo dan bener-bener pasir dan ke tutup kabut tebel, jarak pandang palingan cuma 2 meter waktu itu, gw aja takut si Pak Slamet nabrak ato terperosok soalnya gak keliatan apa2, tapi dengan entengnya Pak Slamet bilang "Tenang mas, saya udah hafal jalanannya, sambil merem juga pasti selamat kok" Anjirrrr, paranormal nih kayaknya si bapak hahahaha di area itu gw liat banyak motor yang nyalip dan ada beberapa yang jalan kaki, emang hebat dah yang jalan kaki ini, soalnya kata Pak Slamet kalo jalan kaki masih jauh banget bisa 4 jam lagi sampe ke Pananjakan.

Setelah lepas area padang pasir yang luas banget akhirnya naik ke jalan yang tanjakan, kata Pak Slamet ini udah menuju ke Pananjakan. Di jalan banyak banget pengendara motor yang gak kuat naik, bahkan sampe di dorong segala, emang jalurnya ekstrim banget ini, makanya yang naik motor ke sini jangan lupa di servis dulu biar motornya gak ngos2an. 15 menit nanjak akhirnya sampe di pananjakan. Ngeliat jam udah setengah 5, di Bukit Pananjakan gw liat udah rame sama orang. Gw waktu itu beli teh anget manis dulu sebelum nanjak ke atas buat ngangetin badan. Teh anget abis gw pun naik ke atas, naiknya sih pendek, gak tinggi2 banget dan diatas udah rame sama orang, ada yang foto2 (padahal masih gelap), ada yang ngobrol, malah ada yang ngasih ceramah kayak di mesjid gitu di atas. Gw lebih memilih menikmati kegelapan dan udara dingin yang rasanya seger bener. Gw sempet merenung sebentar di atas sambil bersyukur akhirnya bisa sampe di tempat yg gak bisa diungkapin dengan kata-kata rasanya.

Lambat laun, di sebelah timur cahaya langit mulai keliatan kebiruan, gw liat jam masih jam 04.50, tapi udah keliatan sedikit bagaimana indahnya Gunung Bromo waktu pagi. Gw ngambil spot buat sekedar foto suasana di sana, dan emang bener itu pemandangan bagus banget, gw beruntung bisa sampe ke tempat ini.

Ngeliat jam udah jam 5.45 WIB dan udah cukup ngeliat sunrise di Pananjakan, lalu gw ke bawah nyari pak Slamet buat ngajak ke tujuan berikutnya, yaitu Kawah Bromo. Di parkiran Pananjakan makin banyak yg dateng dan udara udah gak sedingin tadi sih. Pas sampe di area padang pasir baru keliatan lekukan kawah Bromo yang aduhai bener dah ah, belum lagi pemandangan yang baru pertama ini gw liat. Gw cuma bisa bilang dalam hati "Makasih Tuhan, aku boleh melihat alam mu yang tiada bandingnya".

Puas foto-foto akhirnya dianter juga sama Pak Slamet ke Kawah Bromo, cuma ternyata mobil gak boleh sampe kawah, jadi menuju kawahnya bisa jalan kaki ato naik kuda. Kalo jalan kaki emang jauh bener sih, bisa 30 menitan, kalo mau naik kuda bayar 50 ribu. Gw pun memilih jalan kaki biat bener2 menikmati pemandangan yang bener-bener bagus dan gak lupa foto-foto sambil selfie dong hehehe

Ane behenti lumayan lama di sekitar pura yang sebelum naik ke kawah karena pemandangan di situ juga ajib banget. ngeliat jam udah jam 6.30 WIB gw jadi dilema, di satu sisi gw pengen ngeliat kayak apa kawah Bromo, tapi di satu sisi gw ditunggu temen gw di Malang karena janjian mau liat Arema Cronus latihan jam 08.00 WIB. Setelah gw mikir bentar akhirnya gw putusin balik ke malang dan gak naik ke Kawah Bromo, tapi gw janji dalam waktu dekat gw bakal ke sana sekaligus ke Bukit Teletubies dan Pasir Berbisik. Akhirnya gw pun di anter pak Slamet sampe ke parkiran mobil. Tadinya mau cuci muka tapi ternyata toilet di sana lagi rusak, alhasil gw langsung tancep gas menuju Malang demi ketemu sama pemain2 Arema. Ceritanya bersambung ke post berikutnya.emoticon-Blue Guy Peace